Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga dan Tidak Mudah Layu, Mudah Dipraktikkan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 7 September 2020 08:50
Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga dan Tidak Mudah Layu, Mudah Dipraktikkan
Inilah cara merawat bunga mawar di pot agar tumbuh dengan baik dan tetap segar.

Seperti yang diketahui, bunga mawar merupakan salah satu jenis tanaman semak dari famili Rosaceae  yang memiliki beragam warna yang membuat mata semua orang tertuju dengan keindahannya.

Sehingga, dengan keindahannya bunga mawar tidak hanya dijadikan sebagai lambang cinta, namun juga menjadi tanaman favorit banyak orang. Sayangya, tidak sedikit diantara kalian yang paham bagaimana cara merawat bunga mawar agar tidak mudah layu.

Padahal kenyataanya cara merawat bunga mawar agar tidak layu dan cepat berbunga sangat mudah diterapkan, hanya saja perlu sedikit ketelatenan.

Nah, buat kamu yang belum tahu cara merawat bunga dengan baik dan benar, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Cara Merawat Bunga Mawar © Diadona

Merawat bunga mawar yang benar tidak hanya bikin bunga tumbuh lebih sehat dan lebat, namun juga bisa memberikan kepuasan tersendiri saat merawatnya. Untuk itu, yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Teknik Penyiraman yang Baik

Cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga yang paling utama ialah proses penyiraman. Sehingga, sebaiknya dalam rutinitas penyiraman dilakukan sebanyak dua kai sehari, pyakni pagi antara jam 7-9 dan sore hari antara jam 4-6.

Akan tetapi, saat musim hujan, kegiatan penyiraman sebaiknya disesuaikan dengan keadaan ya, guys.

2. Rajin Memangkan Batang dan Daun

Selain rutin dalam proses penyiraman, cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga selanjutnya adalah rajin memangkas daun dan batang.

Sebab, kalau tanaman bunga mawar yang terlalu banyak ranting, dahan, dan daun biasanya pertumbuhan bunganya jadi lebih terlambat atau hanya berbunga sedikit saja. Dengan begitu, kamu harus selalu rajin melakukan pemangkasan minimal 2 minggu sekali.

2 dari 4 halaman

3. Intensitas Sinar Matahari yang Cukup

Cara Merawat Bunga Mawar © Diadona

Sama dengan tanaman lainnya tanaman mawar juga membutuhkan sinar matahari untuk menghasilkan zat makanan bagi tanaman. Sehingga, waktu yan paling disarankan untuk menjemur tanaman ini adalah pada jam 6-10 pagi. Ohya, cara merawat bunga mawar yang satu ini penting dan wajib dilakukan, lho!

4. Memberikan Pupuk

Cara merawat bunga agar cepat berbunga yang terakhir ialah dengan memberikan pupuk. Tujuam dari pemberian pupuk ini adalah agar tanaman semakin subur, dan pupuk yang disarankan untuk merawat bunga yang satu ini adalah pupuk kendang yang berasal dari kotoran hewan.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Bunga Mawar Agar Tidak Layu

Cara Merawat Bunga Mawar © Diadona

Kalau kamu baru saja mendapatkan bunga mawar dari doi, tentu kamu akan menjaganya agar tetap segar dan indah bukan? Tapi sayangnya, bagi sebagian orang cara merawat bunga mawar agar tidak layu merupakan hal yang cukup sulit.

Padahal, cara merawat bunga mawar agar tidak latu bisa kamu praktikkan sebelum memetiknya. Bahkan, ada pula bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menjaga kesegaran bunga mawarmu. Apa saja itu? Berikut rangkaiannya.

1. Persiapkan Vas/Pot Bunga

Langkah pertama cara merawat bunga mawar agar tidak layu adalah mempersiapkan vas/pot bunga terlebih dahulu. Pastikan vas bunga yang akan kamu gunakan sudah dalam keadaan bersih dan teriisi dengan air yang suhunya 45 derajat celcius.

2. Penempatan

Setelah bunga mawar dimasukkan dalam vas/pot bunga, cara merawat bunga mawar agar tidak layu ialah harus ditempatkan pada lokasi yang tepat. Sebab, bunga mawar yang sudah dipetik tidak menyukai sinar matahari, sehingga lebih baik hindari paparan sinar matahari dan sumber panas yang lain, ya.

4 dari 4 halaman

3. Rajin Mengganti Air dalam Vas/Pot

Cara Merawat Bunga Mawar © Diadona

Cara merawat bunga mawar agar tidak layu berikutnya adalah rajin mengganti air dalam vas bunga sebanyak 2 hari sekali. Tujuannya supaya air yang kotor tidak diserap oleh tangkai bunga, karena air yang kotor akan membuat bunga mawar menjadi lebih cepat layu.

Ohya, jangan lupa terapkan cara merawat bunga mawar agar tidak layu dengan memotong tangkai secara berkala. Sebab, tangkai bunga yang terlalu lama di dalam air sudah pasti akan mengalami kebusukan.

4. Rendam dengan Campuran Soda

Langkah yang satu ini tentu saja tidak pernah diketahui oleh beberapa orang, oleh karena itu cara merawat bunga mawar yang satu ini jangan sampai terlewat ya, yakni memotong bagian tangkai yang busuk dan merendam tangkai baru dengan campuran soda dan air.

Dengan cara ini, bunga mawarmu akan mekar dan lebih tahan lama berkat kandungan gula yang terdapat di dalam soda.

Itulah cara merawat bunga agar cepat berbunga dan tidak mudah layu yang bisa kamu pratktikkan di rumah sekarang juga. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar