7 Manfaat Bunga Mawar untuk Wajah, Sumber Antioksidan hingga Mengurangi Kerutan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 5 Januari 2021 14:41
7 Manfaat Bunga Mawar untuk Wajah, Sumber Antioksidan hingga Mengurangi Kerutan
Manfaat bunga mawar untuk kecantikan udah dikenal secara tradisional sejak ribuan tahun yang lalu lho

Manfaat bunga mawar udah populer banget dalam produk perawatan kulit. Bahan alam ini diakui karena sifat antioksidan, vitamin dan juga mineral serta kandungan minyaknya.

Lebih khsuus lagi sih manfaat bungamawr ditemukn bila sudah diproses menjadi air mawar. Air mawar adalah kombinasi dari air yang udah disuling dengan minyak mawar yang di kelopak bunga. Minyak ini ditambahkan dalam beberapa produk seperti cleanser, toner, moisturizer atau serum, dan bersama-sama saling memberikan manfaat untuk kulit.

1 dari 2 halaman

Manfaat Bunga Mawar untuk Wajah

Manfaat Bunga Mawar © Diadona

Bagian bunga mawar yang paling banyak dikenal dalam produk kecantikan adalah air mawar. Air ini dibuat dengan menyuling kelopak mawar dengan uap. Aromanya tentu saja menggoda dan terkadang digunakan sebagai wewangian alami danpengganti parfum yang mengandung bahan kimia.

Manfaat bunga mawar untuk diambil minyak atau airnya ini udah digunakan selama ribuan tahun Diperkirakan, air mawar berasal dari Iran dan udah digunakan secara tardisional untuk produk kecantikan hingga makanan dan minuman. Mengutip Healthline, ini dia beberapa manfaat bunga mawar:

Membantu Meredakan Iritasi Kulit

Salah satu manfaat terbesar air mawar adalah sifat anti-inflamasi yang kuat. Properti ini dapat membantu mengobati berbagai penyakit, baik internal maupun eksternal. Bahkan mungkin membantu menenangkan iritasi dari eksim atau rosacea.

Mengurangi Kemerahan di Kulit

Sifat antibakterinya bisa mengurangi kemerahan di kulit, meredakan jerawat serta meredakan bengkak. Manfaat bunga mawar ini didapat dari sifat melembabkannya, juga kombinasi antioksiodan serta keberadaan asam lemaknya.

Menyembuhkan Bekas Luka

Punya bekas luka yang mengganggu? Nggak ada salahnya nih untuk mencari manfaat bunga mawar dari kandungan antibakterinya. Sifat tersebut bisa membantu menyembuhkan luka lebih cepat lho!

2 dari 2 halaman

Manfaat Bunga Mawar © Diadona

Mengontrol Produksi Minyak Berlebih

Manfaat bunga mwar adalah untuk menyeimbangkan kelembabab, yang itu berarti juga dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih. Fungsi melembabkan ini bisa meningkatkan kadari air di kulit ditambah juhga khasiat astringent yang memabntu mengangkat kotoran dan minyak dari kulit serta membantu menjaga keseimbangan pH alaminya.

Sumber Antioksidan

Ini adalah manfaat bunga mawar, yakni keberadaan sifat antioksidannya. Antioksidan khusus dalam mawar membantu memperkua sel kulir yang selanjutnya bisa meregenerasi jaringan kulit. Nggak cuman itu doang nih, selain itu, antioksidan dalam mawar bekerja untuk menetralkan radikal bebas yang juga dapat memberikan manfaat anti penuaan pada kulit.

Manfaat Bunga Mawar © Diadona

Mengurangi Kerutan

Manfaat bunga mawar dimasukkan dalam produk kecantikan sebagai pengurang kerutan lho. Air mawar atau minyak mawar biasnaya dikemas dengan tambahan vitamin A dan vitamin C yang bisa membantu mengurangi tampilan bintik-bintik penuaan pada kulit dan produksi kolagen. Semantara itu minyak biji mawar berasal dari buah-buahan kecil yang muncul di tanaman mawar merupakan sumber retinol alami.

Apa itu retinol? Yakni turunan sintetik dari vitamin A yang biasa ditambahkan dalam produkkecantikan karean emmiliki fungsi mempercepat pembaruan kulit dan meningaktkan produksi kolagen.

Penggunaan Bunga Mawar

Hingga saat ini manfat bunga mawar untuk kecantikan yang populer adalah dalam bentuk air atau minyak mawar. Kedua bahan ini mudah ditemui di berbagai toko kecantikan dengan harga yang beragam tergantung kualitasnya. Penggunaannya jhuga cukup sederhana kok, tinggal oleskan ke kulit atau mencampurkannya dengan pelembab atau minyak alami lainnya seperti minyak kelapa.

Apakah air mawar ini aman? Mengutip Helathline, air mawar ini relatif aman. Belum diketahui adanya laporan risiko kesehatan selama penggunaannya. SAtu-satunya pengecualian nih adalah ketika kamu memiliki alergi dengan zat tersebut.

Manfaat bunga mawar untuk kecantikan memang banyak sekali, tapi perhatikan juga penggunaannya ya. Apakah minya dan air mawar yng kamu beli memang asli?

Beri Komentar