3 Tips dan Cara Membuat Portofolio yang Menarik Auto Dilirik HRD!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 18 November 2022 13:08
3 Tips dan Cara Membuat Portofolio yang Menarik Auto Dilirik HRD!
Cara membuat portofolio yang baik dan benar dengan menggunakan beberapa website untuk melamar kerja yang dapat kamu manfaatkan!

Saat ini, portofolio seringkali menjadi salah satu persyaratan yang wajib ada untuk seseorang yang ingin melamar pekerjaan. Portofolio sendiri adalah laporan lengkap dari sebuah dokumen serta hasil karya secara keseluruhan dari aktivitas seseorang yang telah dilakukan. Sebenarnya fungsi dari portofolio sendiri adalah sebagai dokumen yang mendokumentasikan sebuah perkembangan dalam aktivitas seseorang. Saat ini, portofolio sudah dapat dibuat dan dikreasikan secara online dengan memanfaatkan situs pribadi dan dapat diakses oleh siapa saja. Jika kamu tertarik untuk membuat portofolio, maka kamu dapat menyimak beberapa cara membuat portofolio di bawah ini:

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat portofolio, ada beberapa langkah pembuatan yang harus kamu lakukan dan beberapa struktur yang harus kamu terapkan di dalam portofolio untuk memberikan hasil yang baik, yakni :

Daftar isi

Daftar isi akan memudahkan pembaca untuk melihat dokumentasi.

Lampiran data diri

Masukkan data diri sebagai biodata yang dapat kamu cantumkan di halaman awal. Data diri dapat berupa informasi kontak, seperti email, nomor telepon, sejarah akademik, sampai dengan pengalaman kerja atau institusi secara singkat.

Sampaikan tujuan

Kamu harus menjelaskan tujuan serta pencapaian yang ingin kamu berikan untuk perusahaan pada portofolio. Boleh disertai dengan visi dan misi dalam jangka waktu pendek dan jangka waktu panjang. Hal ini akan berguna untuk pembaca dapat menilai kepribadianmu seperti apa.

Sampaikan keterampilan dan pengalaman yang kamu miliki

Jelaskan secara detail mengenai keterampilan dan pengalaman kamu dan jelaskan mengenai karya - karya yang kamu cantumkan, mulai dari latar belakang, kapan, di mana, sampai dengan tujuannya.

Cantumkan contoh hasil karya

Hasil karya ini sebagai bukti nyata yang mendukung prestasi dan pengalaman yang telah kamu tuliskan di atas. Portofolio yang kamu buat akan sangat meyakinkan jika disertai dengan contoh hasil karya yang kamu cantumkan tersebut. Selain hasil karya, di sini kamu dapat menampilkan sertifikat, piagam, berupa tulisan, sampai vidio.

Lampirkan testimoni dari klien

Dengan melampirkan testimoni dari klien atau atasan kamu di perusahaan sebelumnya, ini akan menjadi nilai tambah. Syaratnya, kamu dapat menyertakan nama lengkap klien atau pemberi testimoni, serta jabatan dan institusinya.

Jika kamu telah memahami beberapa struktur dari portofolio yang wajib dicantumkan di atas, maka kamu sudah dapat membuat portofolio dengan baik dan benar. Namun, untuk membuat portofolio secara online, kamu memerlukan beberapa aplikasi atau website untuk mengkreasikan portofolio yang baik. Berikut ini adalah rekomendasi dan cara membuat portofolio di beberapa website secara mudah dan praktis yang dapat kamu coba.

 

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Portofolio di Behance.net

Cara Membuat Portofolio di Behance.netCara Membuat Portofolio di Behance.net © Behance.net

Behance.net cocok digunakan jika kamu ingin membuat portofolio untuk hasil karya fotografi, desain, ilustrasi, dan segala hal yang berbau desain dan art. Cara menggunakan website ini juga cukup mudah, kamu dapat menyimak beberapa langkah di bawah ini untuk mencobanya.

  1. Masuk ke dalam website Behance.net ( https://www.behance.net/ )
  2. Login / Sign in ke dalam Behance.net
  3. Siapkan gambar,logo,hasil foto, atau apapun yang ingin kamu branding.
  4. Atur warna set sesuai gambar, logo, atau foto yang sudah disiapkan.
  5. Susunlah rangkaian foto-foto atau gambar-gambar sesuai dengan urutannya. Kamu dapat mengurutkannya dari yang paling awal dibuat sampai hasil akhir dan penerapannya.
  6. Mulai dengan klik “ add yours”
  7. Tambahkan foto yang telah kamu susun kemudian berikan penjelasan di bawahnya mengenai foto - foto tersebut.
  8. Berikan penjelasan yang menerangkan mengenai isi dari konten yang akan kamu upload, kamu juga bisa dapat menambahkan caption di logo atau foto tersebut.
  9. Preview sebelum upload dengan klik menu preview, upload / share jika kamu sudah yakin.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Portofolio di Canva

Cara Membuat Portofolio di CanvaCara Membuat Portofolio di Canva © canva.com

Cara membuat portofolio secara mudah dapat kamu coba dengan menggunakan aplikasi atau website canva. Dengan canva kamu dapat mudah memilih desain dan template yang ingin kamu jadikan dasar dari portofolio kamu. 

  1. Akses canva.com atau klik link berikut ini https://www.canva.com/ 
  2. Sign in / Log in ke dalam canva.
  3. Ketikkan desain dan template apa yang sedang kamu cari di kolom pencarian.
  4. Pilih template yang ingin kamu gunakan untuk membuat desain portofolio.
  5. Mulai masukkan daftar isi sampai testimoni klien sesuai dengan struktur yang sudah dijelaskan di bagian atas secara runtut dan lengkap pada portofolio yang kamu buat.
  6. Kreasikan portofolio sesuai dengan kreativitasmu.
  7. Jika sudah, maka kamu dapat menyimpannya dengan klik “ share” di bagian pojok kanan atas, kemudian klik unduh.
  8. Pilih format yang kamu inginkan, kamu dapat menggunakan format pdf standar jika ingin menyimpan dalam bentuk file.

 

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Portofolio Profesional Praktis dengan Kinobi

Cara Membuat Portofolio Profesional Praktis dengan KinobiCara Membuat Portofolio Profesional Praktis dengan Kinobi © kinobi

Kinobi merupakan platform mentoring digital untuk membangun karir impian. Aplikasi kinobi juga sering menawarkan dan membantu konsumennya dengan memberikan beberapa tips and trick dalam bidang pendidikan dan karir. Baru - baru ini, kinobi juga menawarkan fasilitas template CV ats friendly yang dapat sangat membantu kamu untuk membuat CV secara profesional dan gratis. Untuk mengakses template CV / portofolio profesional tersebut, kamu dapat mengunjungi app.kinobi.asia atau klik link berikut ini https://app.kinobi.asia/id/resume isi dan kreasikan portofolio kamu dengan pengalaman dan data diri sesuai dengan arahan yang diberikan pada template. Selamat mencoba!

Nah itu dia tips serta cara membuat portofolio dari beberapa website yang bisa kamu manfaatkan dan gunakan! Semoga berguna dan selamat mencoba ya, Diazen.

Penulis: Ericha deyna arifin

 

Beri Komentar