12 Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik di Mata HRD

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 11 Oktober 2021 12:51
12 Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik di Mata HRD
Cara membuat CV bisa kamu lakukan dengan bantuan template gratisan yang tersedia di internet. Hanya saja kamu harus tahu poin penting dan format apa aja yang nggak boleh ketinggalan di CV kamu.

Salah satu hal yang harus kamu dikuasai oleh mahasiswa adalah gimana cara membuat CV lamaran kerja yang menarik. Kenapa ini penting? Karena CV adalah adalah alat yang bakalan membuka pintu kamu ke meja interview.

CV adalah singkatan dari Curriculum Vitae, sebuah dikumen yang digunakan untuk melamar pekerjaan, beasiswa, dan lainnya. Dokumen CV adalah ringkasan yang berisi pendidikan, ketrampilan dan juga pengalaman yang memungkinkan kamu untuk menjual kemampuan kepada rekruiter. Melansir Prospects, biasanya CV disertakan dengan surat lamaran dan juga resume

CV atau curriculum vitae adalah kontak pertama kamu dengan calon pemberi kerja kamu. Cv kudu ringkas, disajikan dengan format yang mudah dibaca dan menggunakan format sederhana. Selain itu, CV kudu mengandung poin-poin tajam yang memuat informasi tentang kamu.

1 dari 3 halaman

Poin penting dalam Cara Membuat CV Lamaran Kerja

Cara Membuat CV Lamaran KerjaCara Membuat CV Lamaran Kerja © 2021 shutterstock.com/Sorapop Udomsri

Sebelum beranjak ke langkah-langkah cara membuat CV lamaran kerja, kamu harus tau dulu nih data apa yang nggak boleh tertinggal di CV kamu.

Nama, Alamat dan Detail Kontak

Buat daftar detail kontak yang bisa dihubungi oleh perusahaan dengan mudah dan kapan aja. Pastikan ditampilkan secara jelas ya, serta pastikan nggak ada salah ketik.

Perkenalkan Diri

Untuk cara membuat CV yang menarik, perkenalan diri kamu juga kudu keren nih. Kasih sorotan pada pengalaman kerja atau skill kamu yang nantinya membuat kamu menonjol pada posisi yang kamu lamar.

Rangkum Skill Kamu

Gunakan poin-poin yang singkat untuk membuat daftar ketrampilan dan pengalaman yang kamu miliki secara spesifik dan relevan dengan jabatan yang akan kamu lamar. Ingat, HRD bakalan membaca dengan cepat CV kamu sehingga kamu kudu tahu gimana cara membuat CV menarik.

Pengalaman Kerja yang Relevan

Bagian ini kudu menyertakan riwayat pekerjaan dalam urutan yang paling baru, termasuk pekerjaan sebagai relawan yang ada hubungannya dengan pekerjaan yang akan kamu tuju. Untuk cara membuat CV menarik. tambahin juga tentang tanggung jawab utama dalam pekerjaan-pekerjaan tersebut ya.

Tuliskan Pencapaian

CV adalah peluang kamu buat 'menjual diri' dan menunjukkan kenapa sih kamu yang paling sesuai dengan jabatan tersebut, jadi penting banget untuk memasukkan apa aja yang udah kamu raih dan apa aja yang kamu lakukan untuk membuat pencapaian yang signifikan.

Daftar Pelatihan, Pendidikan atau Kursus

Bikin daftar pendidikan apa aja namun hanya yang relevan dengan peran yang kamu lamar, diurutkan dengan yang paling terbaru.

Penghargaan

Siapa tahu kamu pernah mendapatkan penghargaan yang akan membuatmu mendapat nilai lebih di mata HRD, maka nggak ada salahnya kamu sertakan lho. Poin ini penting banget dalam cara membaut CV lamaran kerja.

Hibah atau Beasiswa

Kalau kamu mendapatkan beasiswa karena berprestasi, poin ini bakalan keren banget dimasukkan dalam CV kamu.

Lisensi dan Sertifikat

Cantumkan nama lisensi atau sertifikat keahliah yang berkaitan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar, tanggal kamu mendapatkannya dan institusi yang memberikannya.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat CV MenarikCara Membuat CV Menarik © 2020 Joo Ferro on Unsplash

Setiap kali kamu melamar pekerjaan, kamu harus bersaing dengan ratusan pelamar lainnya. Dan rata-rata HRD hanya akan menghabiskan waktu 6 detik saja meninjau satu buah CV. Lalu bayangkan bila kamu menjadi seorang HRD dan harus memeriksa 250 CV dan enam detik waktu untuk memeriksa satu CV, kira-kira CV seperti apa sih yang menarik perhatianmu?

Berangkat dari pemikiran tersebut, inget aturan dalam cara membuat CV lamaran kerja berikut:

Pilih Huruf yang Jelas dan Mudah Terbaca

Misalnya Arial, Tahoma, atau Helvetica. Bisa juga Times New Roman, atau Bookman Old Style. Gunakan juga ukuran 11 sampai 12 pt untuk spasi tunggal.

Konsisten dengan Tata Letak

Tetapkan margin 2.5 senti untuk keempat sisinya dan berikan judul yang seragam.

Beri Foto Kamu di CV

Kenapa? Untuk ngasih tau kepada perekrut tentang diri kamu.

3 dari 3 halaman

Udah paham kan bagian CV mana aja yang nggak boleh ketinggalan beserta format dalam cara membuat CV lamaran kerja, sekarang kita melangkah ke gimana cara membuat CV lamaran kerja tersebut.

Pertama, kamu bisa mengandalkan desain dari software design seperti Adobe Photoshop atau Corel Draw, atau menggunakan website design yang praktis seperti Canva. Ingin format yang lebih formal? Bisa dengan memanfaatkan template Microsoft Word yang tutorialnya bisa kamu intip di laman berikut.

Begini nih contoh CV dari Canva yang bisa kamu jadikan inspirasi. Jangan khawatir, sebagian besar template tersebut bisa kamu akses secara gratis!

Cara Membuat CV Lamaran KerjaCara Membuat CV Lamaran Kerja © 2021 Canva.com

Cara Membuat CV Lamaran KerjaCara Membuat CV Lamaran Kerja © 2021 Canva.com

Mengetahui gimana cara membuat CV lamaran kerja adalah skill vital untuk menjual diri kamu ke perekrut. Jadi, jangan sampai nggak paham ya!

Beri Komentar