5 Cara Membuat CV Menarik untuk Fresh Graduate dan Lulusan SMA Menggunakan Website Gratis!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 7 Oktober 2022 08:18
5 Cara Membuat CV Menarik untuk Fresh Graduate dan Lulusan SMA Menggunakan Website Gratis!
Cara membuat CV yang gampang dan menarik, gak usah khawatir karena diadona bakal kasih tahu website yang menyediakan template secara gratis!

CV atau Curriculum Vitae merupakan suatu dokumen penting yang perlu disertakan ketika kalian akan melamar suatu pekerjaan. Banyak yang masih belum mengetahui apa yang harus di isi pada CV, berikut bakal diadona jelaskan cara membuat CV yang menarik untuk kamu!

Buat kamu yang fresh graduate atau lulusan SMA dan ingin mencari tahu isian apa saja yang perlu ditulis dalam proses pembuatan CV, gak perlu khawatir dan bingung, karena Diadona bakal ulas website yang memberikan template CV gratis untuk kalian gunakan! Kalian juga dapat membuatnya melalui Hp atau laptop. Perhatikan langkah-langkah dan cara membuat CV gratis di bawah ini ya!

 

1 dari 6 halaman

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Cara Membuat CV

CARA MEMBUAT CVCARA MEMBUAT CV © Creativemarket.com

Dilansir dari suarabekaci.id, perhatikan isian yang harus ada dalam CV yang akan kamu buat! Berikut beberapa isi dari cara membuat CV yang menarik baik untuk fresh graduate atau lulusan SMA yang ingin melamar kerja:

  1. Terdapat perkenalan yang menarik

Perkenalan merupakan suatu hal yang wajib dituliskan pada CV. Buat beberapa kalimat yang memiliki nilai dan bisa menjual. Tips tersebut agar CV kamu bisa dilirik oleh pihak HRD! Kalian bisa memulai dengan memperkenalkan nama, jurusan, IPK terakhir, riwayat pendidikan, dan lainnya. Lalu dilanjut dengan beberapa kalimat yang menunjukkan bahwa kamu kompeten pada suatu bidang tertentu.

  1. Tulis prestasi serta pengalaman yang dimiliki.

Tambahkan beberapa poin sederet prestasi yang telah kamu raih di SMA atau Universitas. Jika kalian tidak aktif, kalian dapat menuliskan beberapa pengalaman yang telah kamu ikuti, seperti pengalaman aktif berorganisasi, pengalaman magang, atau pengalaman volunteer pun bisa kamu tulis. Dengan menuliskan prestasi serta pengalaman kamu bakal dianggap memiliki nilai dan kemampuan yang bagus.

  1. Tulis kemampuan atau skill keahlian yang kamu miliki

Dengan menuliskan beberapa kemampuan dan skill yang kamu miliki, pihak HRD akan menilai apakah kamu sanggup untuk bekerja sesuai dengan job desk yang ada dalam perusahaan. Kemampuan seperti, memiliki komunikasi yang bagus, mampu bekerja sama dalam tim, memiliki kemampuan berbahasa asing yang bagus, menguasai teknologi dan media social, dan lainnya.

  1. Jangan melebih-lebihkan.

Tulis apa saja yang ada pada CV sesuai dengan apa yang kamu miliki. Jangan mengada-ada atau melebih-lebihkan dengan tujuan agar kamu bakal dilirik oleh pihak HRD. Karena hal ini akan merugikan kamu sendiri.

  1. Buat CV dengan desain yang kreatif

Sebetulnya dalam hal ini dilihat terlebih dahulu ketentuan dari perusahaan, apakah memperbolehkan meng apply CV kreatif atau tidak. Karena CV sendiri memiliki 2 jenis, yakni CV ATS dan CV Kreatif. Jadi pastikan terlebih dahulu dengan ketentuan atau kriteria pendaftaran ya!

Untuk membuat CV yang menarik kamu dapat menggunakan beberapa aplikasi atau website yang gratis dan bisa digunakan antara lain ada Canva, Microsoft Word, cvmaker, indeed, cakeresume. Kalian juga dapat membuatnya melalui Hp atau laptop. Berikut merupakan cara membuat CV menarik yang bisa kamu ikuti!

 

 

2 dari 6 halaman

Cara membuat CV menarik melalui Canva

 

Berikut merupakan cara membuat CV melalui canva yang bisa kamu ikuti:

  • Kalian dapat membuka canva melalui HP atau laptop

  • Lalu kalian buka search bar dan ketik CV, disana bakalan ada banyak template gratis maupun berbayar yang bisa kamu pilih dan gunakan

  • Lalu kamu bisa isi sesuai data diri serta beberapa isian yang bisa kamu lihat diatas.

  • Kamu juga bisa menyesuaikan sesuai dengan template atau merubah tata letak serta font sesuai yang kamu mau.

  • Jika dirasa sudah sesuai dengan apa yang kamu mau, baca ulang agar tidak ada informasi yang terlewat

  • Download dengan menggunakan format PDF

 

3 dari 6 halaman

Cara membuat CV menarik melalui cakeresume

Membuat CV di cakeresume juga hampir sama halnya dengan membuat CV melalui canva, namun yang membedakan disini kalian hanya dapat membuat 1 CV dengan template yang gratis, berikut cara membuatnya:

  • Kalian bisa masuk menggunakan browser melalui hp ataupun laptop

  • Lalu kalian dapat langsung mencari template yang sesuai

  • Tambahkan identitas serta beberapa informasi lain yang bisa kamu tambahkan dalam CV

  • Jika sudah, download menggunakan format PDF

 

4 dari 6 halaman

Cara membuat CV menarik melalui CVmaker

Kurangnya dari membuat CV disini kurang banyak design yang kreatif dan hanya sederhana. Berikut merupakan cara membuat CV menarik melalui CVmaker:

  • Buka website cvmaker di browser

  • Lalu tanpa perlu registrasi kalian dapat mengisi CV dengan langsung menjawab pertanyaan yang telah disediakan.

  • Setelah selesai secara otomatis CV kamu akan jadi sesuai dengan jawaban yang telah kamu isi

  • Download CV menggunakan format PDF secara gratis!

 

5 dari 6 halaman

Cara membuat CV menarik melalui indeed

Berikut merupakan cara membuat CV menarik melalui indeed!

  • Buka website indeed di browser

  • Lalu tanpa perlu registrasi kalian dapat langsung mengisi CV dengan template yang sudah kamu pilih.

  • Indeed telah menyediakan beberapa fitur seperti informasi penghargaan, sertifikat, link, dan lainnya. Jadi pastikan kamu memanfaatkannya dengan baik ya!

  • Download CV menggunakan format PDF secara gratis!

 

6 dari 6 halaman

Cara membuat CV menarik melalui microsoft word

Kalian juga bisa lho menggunakan microsoft word untuk membuat CV, berikut cara membuatnya:

 

Nah itu dia 5 cara membuat CV menarik melalui website gratis untuk digunakan melamar pekerjaan bagi fresh graduate dan kamu yang baru saja lulus SMA!

Penulis: Safira Aulia Putri

Baca Juga: 12 Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik di Mata HRD CV dalam Bahasa Indonesia dan Inggris, Manakah yang Lebih Baik? Gak Punya Pengalaman Kerja? Tenang, Cantumin Ini Aja di CV! Cara Membuat CV Menarik Menggunakan Microsoft Word, Tips beserta Contohnya

Beri Komentar