Panduan Lengkap, Cara Membuat Lamaran Pekerjaan Mudah yang Baik dan Benar

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 4 November 2022 08:30
Panduan Lengkap, Cara Membuat Lamaran Pekerjaan Mudah yang Baik dan Benar
Yuk simak dengan baik cara membuat lamaran pekerjaan di bawah ini!

Ketika kamu hendak melamar pekerjaan pada suatu instansi, salah satu yang kamu perlukan adalah CV. Tapi perlu diingat, kamu juga harus mengirimkan surat lamaran pekerjaan loh.

Banyak pelamar kerja yang melupakan surat lamaran pekerjaan. Padahal, dengan surat lamaran kerja kamu bisa memperbesar peluang diterima.

Dalam surat lamaran pekerjaan, terdapat beberapa hal yang bisa memberikan kesan tertentu terhadap perekrut nantinya. 

Jadi, kamu harus membuat kesan baik dalam surat lamaran pekerjaan yang akan dilihat oleh pihak rekruitmen. Kamu bisa menambahkan keterangan keahlian, keterampilan dan lain sebagainya dalam lamaran pekerjaan.

Apakah membuat lamaran pekerjaan susah dan ribet? untuk membuat surat lamaran pekerjaan ternyata tidak sulit. Penasaran bagaimana cara membuatnya?

Berikut Diadona rangkumkan panduan lengkap cara membuat lamaran pekerjaan. Yuk simak detailnya!

 

1 dari 3 halaman

Berkas yang Perlu Disiapkan

Cara Membuat CV Lamaran KerjaCara Membuat CV Lamaran Kerja © 2021 Canva.com

Cara membuat surat lamaran pekerjaan, terlebih dahulu kamu harus menyiapkan beberapa berkas berikut. Berkas ini menjadi verifikasi data yang akan kamu tuliskan nanti, pihak perekrut akan memperhatikan kebenaran dari informasi yang akan kamu lampirkan.

Berkas ini juga berbeda pada setiap kebutuhan lamaran pekerjaan. Jika pihak perekrut membutuhkan portofolio dari skill yang mereka butuhkan, maka kamu harus mempersiapkannya.

Contohnya ketika kamu ingin mendaftar pada pekerjaan video editor. Kamu harus menyertakan ijazah terakhir serta berkas lain seperti sertifikat pelatihan, portofolio hasil editing video kamu, dan lain – lain.

Namun, pada umumnya berkas yang dibutuhkan untuk melamar suatu pekerjaan adalah sebagai berikut.

  1. Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup)
  2. Ijazah terakhir
  3. Transkrip nilai
  4. Sertifikat pelatihan (Jika ada)
  5. Pas Foto terbaru

2 dari 3 halaman

Format Penulisan

Cara Membuat Surat Lamaran KerjaCara Membuat Surat Lamaran Kerja © unsplash.com/@sctgrhm

Untuk cara membuat surat lamaran pekerjaan, kamu juga nggak bisa asal – asalan. Ada format yang umum digunakan dalam penulisan lamaran pekerjaan.

Format ini disusun secara rapih untuk mempermudah pihak rekruitmen dalam membacanya. Hal ini juga menjadi nilai plus jika kamu bisa menulisnya dengan benar.

Berikut format yang ada dalam lamaran pekerjaan, format ini harus sesuai urutan.

Tanggal dan Tempat

  • Di bagian awal, kamu harus menyertakan tanggal serta tempat penulisan lamaran pekerjaan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui domisili kamu dengan mudah.

Tujuan, Nama, Alamat Perusahaan

  • Selanjutnya adalah keterangan tujuan surat yang akan kamu kirim. Dalam bagian ini juga meliputi nama dari pihak rekruitmen serta alamat perusahaan. Tuliskan tujuan kamu mengirim surat secara singkat dan jelas, kemudian tambahkan tulisan “ yth, nama rekruiter” dan tambahkan alamat perusahaan. alangkah lebih baik kamu mengetahui terlebih dahulu pihak perekrut yah, dengan begitu akan menumbuhkan kesan profesional dari kamu.

Salam pembuka, Kata Pengantar

  • Bagian ini sangat mudah, kamu hanya perlu menuliskan salam pembuka yang baik dan benar secara singkat, padat dan jelas. Kemudian tuliskan kata pengantar, biasanya berisi penjelasan darimana kamu mendapatkan informasi lowongan pekerjaan tersebut.

Data Diri

  • Kemudian, tuliskan data diri kamu secara singkat padat dan jelas. Biasanya data diri terdiri dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, email, nomor telepon yang bisa dihubungi, pendidikan terakhir.

Pengalaman Kerja

  • Setelah menuliskan data diri, barulah kamu dapat menuliskan pengalaman kerja kamu serta deskripsi keahlian. Tuliskan secara singkat, padat dan jelas juga yah!

Penutup

  • Terakhir adalah bagian penutup, bagian yang berisi harapan kamu dapat diterima di perusahaan tersebut kemudian tambahkan salam serta tanda tangan kamu di bagian bawah surat.

3 dari 3 halaman

Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh cara membuat surat lamaran kerjaContoh cara membuat surat lamaran kerja © pinterest.com/farel021

Jika kamu masih kesusahan, berikut diadona berikan salah satu contoh surat lamaran pekerjaan. Kamu bisa menirunya dan edit sesuai ketentuan surat lamaran kerja yang kamu butuhkan.

Malang, 17 Desember 2022

Kepada Yth

HRD Manager PT XXX

Jl. XXX

Perihal: Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari media instagram xxx pada tanggal 15 Desember 2022, PT XXX membuka beberapa lowongan pekerjaan. Dengan surat lamaran ini, saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai  content writer di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Berikut data diri:

Nama: 

Tempat/tgl lahir: 

Jenis kelamin: 

Pendidikan terakhir: 

Alamat: 

Telepon/HP: 

Saat ini saya dalam keadaaan sehat jasmani maupun rohani. Saya juga berpengalaman di posisi tersebut, memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang cukup fasih serta bisa bekerja secara mandiri maupun tim.

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut:

  1. Foto ukuran 3 x 4
  2. Fotokopi KTP
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Fotokopi Ijazah terakhir
  5. Fotokopi SKCK
  6. Fotokopi surat pengalaman kerja

Besar harapan saya untuk dapat dipanggil wawancara sehingga dapat menjelaskan secara detial mengenai potensi dan kemampuan yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

XXX

Itu tadi panduan lengkap cara membuat lamaran pekerjaan yang mudah. kamu bisa mengikuti contoh yang sudah diberikan. Jika kamu adalah mahasiswa fresh graduate, kamu bisa mengubahnya sedikit pada bagian kata pengantar serta berkas yang kamu lampirkan. 

Penulis: Rafli Husein

Beri Komentar