Cara Buat Lamaran Kerja Online Terbaru yang Baik dan Benar, HRD Pasti Melirik!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 13 Oktober 2022 06:40
Cara Buat Lamaran Kerja Online Terbaru yang Baik dan Benar, HRD Pasti Melirik!
Ini dia nih cara buat lamaran kerja yang baik dan benar. Perhatikan ulasan di bawah ini ya.

Surat lamaran kerja menjadi hal pertama yang dibutuhkan dalam melamar kerja. Surat lamaran kerja merupakan penilaian awal dari kemampuan kamu. Karena itu, dalam surat lamaran kerja berisi beberapa data seperti biodata, pengalaman kerja, skill, dll. Namun, masih banyak yang belum mengerti cara buat lamaran kerja yang baik dan benar.

Saat ini, kamu bisa membuat lamaran kerja dengan cepat dan praktis. Banyak template gratis yang dapat kamu gunakan secara online untuk membuat lamaran kerja. Kamu juga bisa menggunakan email untuk membuat lamaran kerja. Berikut Diadona berikan beberapa informasi seputar cara buat lamaran kerja yang dapat kamu ikuti! 

 

1 dari 4 halaman

Dokumen yang Diperlukan

Untuk membuat lamaran kerja, umumnya kamu memerlukan beberapa dokumen yang harus dilampirkan. Buat kamu yang masih bingung dokumen apa saja yang perlu dilampirkan, berikut diadona sajikan dokumen yang harus kalian siapkan.

 

2 dari 4 halaman

Cara Buat Lamaran Kerja

Contoh cara membuat surat lamaran kerjaContoh cara membuat surat lamaran kerja © pinterest.com/farel021

Untuk membuat lamaran pekerjaan, kamu bisa mengikuti kaidah penulisan yang umumnya digunakan. Hal ini dapat membantu kamu dalam menulis isi lamaran kerja yang baik dan benar. Bagi kalian yang masih bingung terkait cara buat lamaran kerja, berikut diadona sajikan bagian – bagian isi surat yang dapat kalian ikuti!

  • Tanggal dan Tempat Penulisan Surat. Tanggal dan tempat ini dapat kamu posisikan pada bagian kanan atas atau kiri atas surat lamaran kerja. Untuk penulisan tempat dan tanggal ini, tidak boleh disingkat.

  • Tujuan Surat Bagian. Kepada siapa kamu akan mengirimkan surat tersebut. Di Awal tuliskan kata " yang terhormat, atau disingkat " Yth" .  Untuk menulis tujuan surat, pelamar kerja harus mengetahui dengan detail nama dan jabatan penerima surat. Dan yang terakhir tuliskan nama dan alamat lengkap perusahaan yang dituju, dibawah tujuan surat. 

  • Pembuka dan Kata Pengantar. Untuk salam pembuka alangkah lebih baik menggunakan salam yang umum digunakan, seperti “ Dengan hormat”. Setelah itu kamu bisa menjelaskan secara lengkap informasi lowongan pekerjaan yang saat ini kamu lamar.

  • Data Diri (Bagian Isi). sertakan biodata kamu seperti, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat Email aktif, dan nomor telepon.

  • Pengalaman Kerja, Kelebihan, atau Keahlian. Selanjutnya kamu bisa menyertakan penjelasan tentang keahlian yang kamu miliki. Keahlian ini bisa didukung penjabaran pengalaman kerja, sertifikat kursus,dll. Tulisan secara singkat, padat dan jelas, karena hal ini dapat menarik perhatian HRD.

  • Penutup (Bagian Terakhir). Penutup berisi harapan kamu untuk bisa lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu tahap wawancara. Setelah itu kamu dapat mengucapkan terimakasih di bawah kalimat penutup.

 

3 dari 4 halaman

Cara Buat Lamaran Kerja Lewat Email

Saat ini, hampir semua pihak rekrutmen menggunakan email untuk menerima surat lamaran kerja. Kamu bisa mempelajari cara ini jika sewaktu – waktu kamu diminta untuk mengirim surat lamaran kerja melalui email. 

Kamu dapat mengubah semua berkas yang dibutuhkan kedalam file pdf. Ukuran dari semua file tak lebih dari 2 MB. 

  • Isi Judul Subject dan Body Email

Selanjutnya kamu mengisi judul dan body email secara detail. Jika kamu tidak memberikan judul email dengan baik ,HRD akan kesulitan menemukan emailmu. Tulisan nama dan jabatan yang kamu lamar di judul subject Email. 

  • Gunakan Email Aktif dan Periksa Ulang Kelengkapan Dokumen

Kamu harus menggunakan Email aktif untuk mengirim file. Kemudian, cek Kembali kelengkapan berkas dan kalimat – kalimat yang kamu tulis. Usahakan tidak typo, hal ini untuk meningkatkan kesan profesional dalam melamar pekerjaan.

 

4 dari 4 halaman

Cara Buat Lamaran Kerja Secara Online

Untuk membuat lamaran kerja secara online sebenarnya cukup mudah. Kamu dapat menggunakan template – template yang tersebar secara gratis di internet. Kamu bisa mencari website penyedia template tersebut dengan menulis “ template lamaran kerja” di search engine google. Atau kamu bisa menggunakan website canva.id. berikut cara buat lamaran kerja dengan menggunakan canva.

Kamu dapat mengakses Canva dengan PC atau smartphone yang kamu miliki. Jika belum memiliki akun, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu menggunakan email yang kamu miliki. Selanjutnya kamu bisa menulis “ Surat Lamaran Kerja” di search engine Canva.

  • Pilih Template yang Sesuai

Kamu bisa memilih template yang sesuai dengan keinginanmu. Sesuaikan saja dengan isi surat lamaran kerja yang akan kamu tulis.

  • Edit desain

Selanjutnya, kamu bisa memasukan isi surat yang sudah kamu tulis kedalam template. Gunakan fitur canva lainnya jika ingin menambahkan logo, mengganti warna, dan merapikan desain. 

  • Simpan dan kirim ke pihak rekrutmen

Jika sudah selesai mengedit desain. Kamu bisa menyimpannya dalam bentuk PDF. Nantinya, desain ini dapat kamu kirim melalui Email kepada pihak penerima lowongan pekerjaan. 

Sekian informasi yang dapat Diadona berikan, kamu bisa mengakses informasi lain seputar cara buat lamaran kerja di diadona.id. Disana kamu dapat menemukan tips dan trik menarik lainnya. 

Penulis: Rafli Husein

Beri Komentar