Jangan Asal Pilih, Kepribadian Pasangan Ternyata Berpengaruh pada Kesuksesan Karier

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Minggu, 12 April 2020 18:12
Jangan Asal Pilih, Kepribadian Pasangan Ternyata Berpengaruh pada Kesuksesan Karier
Nah, jangan asal pilih pasangan ya..

Selama ini kita berpikir bahwa kesuksesan karier yang berhasil kita capai adalah hasil dari usaha kita. Memang nggak salah, tapi ternyata ada faktor lain yang sedikit banyak turut berpengaruh pada kesuksesan kita lho. Mengutip dari Psychology Today, kepribadian pasangan ternyata juga memiliki andil dalam kesuksesan yang kita raih.

Dalam sebuah penelitian yang berjudul The Long Reach of One's Spouse: Spouses' Personality Influences Occupational Success, diungkapkan bahwa kepribadian pasangan ternyata memberi dampak pada kepuasan pekerjaan, tingkat gaji dan kemajuan karier. Selain itu, status ekonomi pasangan sebenarnya juga memiliki keterikatan dengan kondisi keuanganmu.

1 dari 2 halaman

Umumnya, pasangan yang disiplin, selalu siap sedia, dan teliti pada hal-hal kecil, lebih banyak membantu dalam urusan rumah tangga. Mereka lebih bertanggung jawab dan terbiasa mengatur segala sesuatu, sehingga bisa membantu menciptakan suasana yang memudahkanmu untuk lebih fokus dengan pekerjaan.

Ilustrasi Pasangan Saling Mendukung © Diadona

Penelitian yang dilakukan oleh Solomon dan Jackson ini telah melibatkan setidaknya 4.500 pasangan menikah. Mereka telah diteliti selama lima tahun terakhir untuk mengetahui perihal urusan rumah tangga, gaya hidup yang dijalani, serta kepuasan hubungan rumah tangga.

2 dari 2 halaman

Hasilnya, baik laki-laki maupun perempuan sama-sama memberikan pengaruh pada kesuksesan karier sang pasangan. Ketika salah satu pihak berhasil menciptakan suasana kondusif di rumah, pihak lainnya cenderung lebih bersemangat di tempat kerja. Mereka bahkan menunjukkan konsentrasi yang lebih baik, sehingga bisa berakhir dengan penghasilan yang tinggi dan perkembangan karier yang sukses.

Nah, ternyata kepribadian pasangan nggak cuma berpengaruh pada kehidupan rumah tangga aja, tapi kesuksesan kariermu juga jadi taruhannya lho. Itulah sebabnya kamu harus selektif memilih pasangan, apalagi kalau memang sudah serius ingin memasuki jenjang pernikahan. Jangan sampai salah pilih dan menyesal di kemudian hari ya..

Beri Komentar