Yay Tahun Baru! Ini 5 Persiapan Kembali Bekerja pada 2021

Reporter : Hevy Zil Umami
Jumat, 1 Januari 2021 06:45
Yay Tahun Baru! Ini 5 Persiapan Kembali Bekerja pada 2021
Masa liburan menjelang pergantian tahun merupakan momen terbaik untuk merefleksikan apa yang telah terjadi sepanjang tahun 2020, termasuk karir.

Padahal saat ini kita bekerja dari rumah, namun kita perlu mempersiapkan dengan matang jika program vaksinasi berhasil dan kita dapat kembali bekerja di kantor nanti.

Pakar karir di Monster.com, Vicki Salemi membagikan tips terkait persiapan yang bisa dicoba demi kelangsungan karir kita di tahun 2021, dimanapun kita bekerja.

1 dari 5 halaman

1. Membersihkan Ruang Kerja

Ilustrasi membersihkan rumah © Diadona

Biasanya akhir tahun digunakan untuk merapikan meja kerja di kantor. Karena itu, kata Salemi, lakukan hal yang sama untuk ruang kerja kita di rumah. Bersihkan laci, buang dokumen lama atau singkirkan buku yang tidak lagi kita butuhkan. Lakukan audit atas persiapan kami.

Pikirkan tentang apa yang membuat ruang kerja lebih efisien dan nyaman. Perhatikan ukuran meja dan kursi, apakah cocok untuk kita atau tidak. Haruskah pencahayaan lebih baik, dan haruskah kita pindah ke ruangan lain di rumah? Salemi menambahkan untuk menyerahkan semua pengeluaran kantor yang perlu kita serahkan sebelum akhir Desember.

2 dari 5 halaman

2. Tetapkan Tujuan Karier

Ilustrasi Bekerja © Diadona

" Setelah ruangan kerja bersih, Anda memiliki ruang untuk berpikir, 'bagaimana karier saya di tahun 2021 dan seterusnya?'" Kata Salemi.

Melihat pasar kerja dan dampak pandemi pada pekerjaan kita, pikirkan apakah kita bisa mendapatkan pekerjaan baru, menegosiasikan kenaikan gaji, jabatan, atau mendapatkan bonus atas kinerja kita.

Bicaralah dengan atasanmu untuk mendiskusikan tujuan. Bisa jadi kita ingin mendapatkan sertifikasi dalam suatu keterampilan baru atau memulai proyek baru. Mintalah masukan dari atasan kita tentang apa yang perlu kita lakukan untuk naik ke tahap selanjutnya.

3 dari 5 halaman

3. Perbarui Resume

Ilustrasi Bekerja © Diadona

Lebih lanjut Salemi menyarankan menambahkan tonggak besar ke resumemu. " Proyek apa yang bisa Anda tambahkan? Bikin yang dapat diukur dan angkanya jelas untuk menunjukkan dampak," kata Salemi.

4 dari 5 halaman

4. Membangun Koneksi

Ilustrasi Mengobrol © Diadona

Interaksi yang terbatas selama pandemi mengurangi peluang kita membangun jaringan sosial sebesar 17 persen, menurut penelitian dari Yale School of Management.

Profesor Marissa King, yang memimpin penelitian tersebut, mengatakan orang cenderung berinteraksi dengan rekan terdekat mereka setiap hari. Banyak orang kehilangan kesempatan untuk bertemu orang baru dan berkolaborasi dengan orang dari berbagai departemen.

Akhir tahun adalah kesempatan untuk menjangkau orang-orang di kantor atau organisasi yang kita temui, tetapi mungkin kita belum mendengar kabar dari mereka dalam beberapa bulan terakhir.

Misalnya, dengan berterima kasih kepada mereka atas bantuan mereka dalam sebuah proyek, atau berdoa untuk mereka selama liburan.

5 dari 5 halaman

5. Susun Rencana untuk Kembali ke Kantor

Ilustrasi Menulis © Diadona

Jika atasan meminta kita untuk kembali bekerja di kantor suatu hari nanti, mulailah memikirkan apa yang telah kita pelajari tentang gaya kerja kita dari rumah, dan bagaimana kita dapat memberikan ide-ide baru saat kita kembali ke kantor.

Kata Salemi, ide bisa kita sampaikan kepada atasan jika kita ingin bekerja secara remote secara penuh atau sebagian. Pertimbangkan semua cara yang kita miliki untuk beradaptasi dan menyusun alasan untuk menguatkan argumen kita untuk bekerja di rumah. Dengan diskusi sebelumnya, kita dapat berbicara tentang keraguan atau kebutuhan yang perlu diselesaikan.

Selamat menyambut tahun yang baru dan harapan yang baru, tetap sehat dan semoga sukses!

Beri Komentar