Penting, 3 Kiat Sukses Dapat Kerja di Perusahaan Multinasional Menurut Pakar

Reporter : Mila
Jumat, 30 Juli 2021 07:57
Penting, 3 Kiat Sukses Dapat Kerja di Perusahaan Multinasional Menurut Pakar
Bisa kamu terapkan nih tips berikut.

Jenjang karier yang menjanjikan serta gaji yang tinggi jadi alasan banyak orang ingin kerja di perusahaan multinasional. Meski begitu, proses untuk bisa sukses kerja di perusahaan multinasional butuh usaha keras.

Kamu harus melewati berbagai tahapan rekrutmen serta persaingan ketat dari kandidat lainnya.

Melansir Glints, dalam acara Glints X Career Conference: How to Kickstart Your Career in Multinational Companies, Kenneth Budiman, Senior Manager Merchant Strategy & Engagement di GoJek menyampaikan tips-tips berikut:

1 dari 4 halaman

Hard Skill

Hard skills yang berkaitan dengan teknologi kini banyak dibutuhkan oleh perusahaan baik itu dari segi teknikal atau sisi marketing-nya.

Untuk bisa mempunyai dan menguasi sebuah hard skill, kamu harus tahu dulu yang disukai dan tidak disukai. Dari situ kamu bisa menentukan kemampuan seperti apa yang perlu dikembangkan.

2 dari 4 halaman

Soft Skill

Soft skills yang harus dikuasai oleh kandidat yang paling utama adalah kemampuan beradaptasi.

Dengan memiliki kemampuan adaptasi, tentu akan mudah bagimu untuk mengikuti perubahan dan sukses dalam berkarier di mana pun, termasuk perusahaan multinasional.

3 dari 4 halaman

Mindset

Ada dua jenis mindset yang perlu dimiliki oleh kandidat yang tertarik bekerja di perusahaan multinasional, yaitu:

  • Growth Mindset
    Orang yang punya growth mindset akan selalu belajar dan meningkatkan skill sehingga tetap relevan dengan industri. Jika kandidat tidak memiliki keinginan terus belajar, tentu akan kesulitan untuk bertahan dan memiliki karier yang cemerlang di dunia kerja.
  • Global Mindset
    Global mindset adalah kemampuan seseorang untuk beradaptasi terhadap perbedaan budaya. Dengan punya mindset ini kamu bisa lebih lancar berkomunikasi dengan orang-orang dari negara lain.

4 dari 4 halaman

Tips Menjalani Proses Rekrutmen di Perusahaan Multinasional

Masih melansir dari Glints,  agar kamu bisa melewati proses rekrutmen dengan lancar, simak dulu tips dari Kenneth berikut ini:

1. Tahap awal :

  • Tanyakan kepada rekruter mengenai setiap tahapan dan proses rekrutmen.
  • Cari tahu deskripsi pekerjaan secara umum dari posisi yang dilamar
  • Hindari bertanya mengenai gaji, kecuali kamu ditanya lebih dulu oleh rekruter

2. Tahap interview:

  • Cari tahu profil user yang akan melakukan interview denganmu.
  • Lakukan riset mengenai perusahaan, model bisnis, dan industrinyatunjukkan nilai jualmu agar bisa menarik di mata rekruter.
  • Cari tahu apa saja jenis pertanyaan interview yang sering ditanyakan
  • persiapkan pertanyaan untuk rekruter.
  • Minta feedback dari rekruter.

3. Tahap setelah interview dan offering:

  • Minta detail soal gaji serta tunjangan yang didapatkan.
  • Lakukan riset mengenai standar gaji sebelum mulai melakukan negosiasi.

Gimana, sekarang sudah mengerti kan? Semoga kiat-kiat di atas bisa membantu ya!

Beri Komentar