Ngantuk saat Bekerja? 8 Tips Ini Bisa jadi Obatnya!

Reporter : Mila Ismiranda
Rabu, 30 Juni 2021 11:57
Ngantuk saat Bekerja? 8 Tips Ini Bisa jadi Obatnya!
Ikuti tips biar gak ngantuk saat bekerja di bawah ini.

Karena kelelahan atau kurangnya tidur yang cukup, rasa kantuk yang tiba-tiba muncul. Hal ini tentunya sangat mengganggu, apalagi saat waktu bekerja. Wah, sudah pasti bikin kamu gagal fokus.

Kamu sering mengalami rasa kantuk tapi bingung cara yang tetap sehat untuk membuatmu terjaga? Dilansir dari berbagai sumber, begini nih tips-tips jitu untuk mengusir rasa kantuk saat bekerja.

1 dari 8 halaman

Pencahayaan yang Bagus

Apakah cahaya di sekitar tempatmu bekerja redup? Kalau iya, pindahlah ke tempat dengan pencahayaan lebih terang. Cahaya yang lebih terang biasa membuat mood bekerja jadi meningkat.

2 dari 8 halaman

Pilih Waktu Bekerja yang Tepat

Kalau soal waktu, setiap orang punya waktu bekerja favorit, baik itu pagi, siang, sore atau malam hari. Sekarang kamu bisa cari tahu sebenarnya kapan waktu bekerja yang sesuai dengan kamu.

3 dari 8 halaman

Jangan Duduk Bersandar

Posisi duduk lebih tegak sangat berpengaruh lho. Hal ini juga bikin kamu gak merasa malas saat bekerja.

Khusus untuk kamu yang lagi WFH alias work from home, jangan belajar di tempat tidur ya. Karena alih-alih ingin produktif bekerja, rasa kantuk yang muncul malah tambah parah dan jadinya kamu ketiduran deh.

4 dari 8 halaman

Mendengarkan Lagu Favorit

Salah satu cara ampuh  untuk ngusir rasa kantuk kamu adalah dengan memutar lagu favorit mu di sela-sela bekerja. Pilih lagu yang energetic agar semangat kamu bisa meningkat kembali.

5 dari 8 halaman

Minum Kopi

Sambil bekerja, kopi bisa jadi teman kamu. Kopi terbukti ampuh untuk mengusir rasa ngantuk.

Tapi, jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman kopi ya. Kamu juga harus tahu batasan-batasannya agar kesehatan mu tetap terjaga.

6 dari 8 halaman

Makan Permen Karet

Saat mengunyah, otot-otot pada rahang akan bergerak. Hal ini akan membuat otak akan lebih berkonsentrasi dan hal ini dapat mengurangi rasa kantuk kamu. Permen dengan rasa manis juga bisa meningkatkan mood kamu agar lebih baik, lho.

7 dari 8 halaman

Peregangan Kecil

Salah satu penyebab rasa kantuk yang datang adalah karena tubuh kamu kurang gerak.

Oleh karena itu, beristirahatlah sejenak dan mulailah melakukan peregangan sekitar 5-10 menit. Mulai dari kepala sampai kaki, agar otot-otot kamu menjadi lebih relax dan bisa kembali fokus.

8 dari 8 halaman
Beri Komentar