Anti Sakit dan Lemas, Ini Tips Kerja Cerdas untuk Shift Malam

Reporter : Mila Ismiranda
Jumat, 9 Juli 2021 10:57
Anti Sakit dan Lemas, Ini Tips Kerja Cerdas untuk Shift Malam
Yang shift malam merapat yuk!

Bekerja shift malam memang ada enaknya dan juga tidak enaknya. Kenapa? pertama, karena kamu yang susah bangun pagi tidak perlu khawatir harus bangun pagi. Kedua, kamu akan terbebas dari kemacetan pada jam sibuk. Tapi, sisi negatifnya kesehatan tubuh bisa terganggu karena kerja shift malam.

Para pekerja shift malam memang sering dikaitkan memiliki gangguan kesehatan seperti insomnia, obesitas, stres, dan halusinasi yang berlebihan.

Nah kalau kamu juga kerja shift malam, ini tips kerja cerdas yang bisa kamu tiru:

1 dari 5 halaman

Perbanyak Minum Air Putih

Air dibutuhkan sebanyak 70% yang terdapat pada dalam tubuh dan ini merupakan zat penting kedua setelah oksigen. Oleh sebab itu, perbanyaklah untuk minum air mineral untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhidrasi.

2 dari 5 halaman

Tidur yang Cukup

Biasanya orang shift malam akan pulang dini hari, tergantung dari jam berapa mereka masuk kerja. Manfaatkan jam istirahat yang ada dengan baik, sebab kamu akan kembali kerja pada malam harinya.

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu sebelum berangkat kerja untuk beristirahat sejenak kurang lebih 30 menit, agar tubuh terasa lebih segar.

3 dari 5 halaman

Jangan Abaikan Olahraga

Meski kamu bekerja di malam hari, bukan berarti kamu tidak berolahraga. Cukup dengan olahraga santai, seperti berjalan kaki, jogging, atau berenang. Kamu bisa melakukan ini tiga kali dalam seminggu untuk menjaga tubuh selalu sehat dan bugar.

4 dari 5 halaman

Konsumsi Makanan Sehat

Bagi kamu pekerja shift malam, sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan berminyak. Karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak di malam hari akan membuat tubuh menjadi gemuk dan obesitas.

Sebagai gantinya, kamu bisa makan makanan yang rendah lemak. Seperti kacang-kacangan yang kaya akan protein dan serat, atau ayam, buah-buahan, ikan, dan sayur.

5 dari 5 halaman

Istirahat saat Kerja

Tak hanya mereka yang bekerja pagi yang dapat istirahat, yang kerja shift malam pun juga diberikan kesempatan untuk beristirahat. Manfaatkan waktu ini untuk sekadar istirahat atau rebahan di ruang istirahat jika kantor memberikan fasilitas tersebut.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya!

Beri Komentar