TikTok Resume, Cara Baru Para TikTokers Melamar Kerja

Reporter : Yoyok
Rabu, 14 Juli 2021 19:50
TikTok Resume, Cara Baru Para TikTokers Melamar Kerja
TikTok Resume ini bakal jadi CV-mu lho

TikTok telah menjadi salah satu media sosial yang digandrungi anak muda saat ini. Medsos berbasis video ini ramai digunakan para TikTokers dari seluruh dunia.

Semakin lama, banyak fitur yang bisa kamu nikmati dari media sosial TikTok ini. Salah satunya adalah melamar kerja.

Kedepannya, kamu bisa melamar kerja dengan fitur baru bernama TikTok Resume lho.

1 dari 6 halaman

TikTok baru-baru ini tengah menguji coba fitru terbaru mereka yang bernama TikTok Resume. Fitur ini bakal membantumu dalam mencari pekerjaan.

Fitur TikTok Resume akan memungkinkan para pengguna dalam melamar pekerjaan dengan menyertakan resume atau CV dalam bentuk video ke berbagai perusahaan.

Ilustrasi Lowongan Kerja © Diadona

2 dari 6 halaman

TikTok Resume ini sebenarnya terinspirasi secara organik lho. TikTok Resume berasal dari interaktif para pengguna seperti halnya #CareerTok.

Beberpa perusahaan juga melakukan inisiatif di TikTok untuk mempengaruhi mahasiswa ataupun calon karyawan dalam rekrutmen.

Dikutip dari The Verge, sudah ada 30 perusahaan yang mendaftar untuk menerima CV atau resume dalam bentuk video TikTok. Uji coba tersebut akan dilakukan sampai tanggal 31 Juli.

3 dari 6 halaman

Untuk melamar pekerjaan via video TikTok, para pengguna harus membuat resume dalam bentuk video. Lalu para pengguna mempostingnya di TikTok dan mengirimnya ke perusahaan via aplikasi.

Di TikTok Resume, terdapat video instruksi yang memungkinkan para pengguna untuk tidak mempublikasikan beberapa detil informasi pribadi. Contohnya seperti alamat email ataupun nomor handphone.

Ilustrasi TikTok © Diadona

4 dari 6 halaman

Beberapa pekerjaan sudah hadir di TikTok Resume. Perusahaan-perusahaan tersebut merupakan mereka yang sedang mencari calon pekerja yang sudah paham membuat konten di TikTok.

Seperti halnya tim basket NBA, Detroit Pistons, yang membuka lowongan untuk mencari host dan produser video.

5 dari 6 halaman

Uji coba TikTok Resume ini masih bersifat sementara. Namuan, hal ini menunjukkan bahwa TikTok concern dengan mereka yang terjun secara profesional di dunia kreatif dan pembuat konten.

Maka dari itu, TikTok Resume menjadi salah satu cara mudah buat para TikTokers yang kreatif dalam mencari lowongan pekerjaan.

Beri Komentar