Sering Disepelekan, Ini 5 Penyebab Berkasmu Tidak Lolos Seleksi Administrasi CPNS

Reporter : Mila Ismiranda
Jumat, 23 Juli 2021 07:57
Sering Disepelekan, Ini 5 Penyebab Berkasmu Tidak Lolos Seleksi Administrasi CPNS
Kesalahan kecil bisa bikin kamu gagal jadi PNS nih!

Hampir setiap tahun pemerintah membuka lowongan pegawai negeri sipil. Jabatan yang ditawarkan pun beragam karena hampir setiap instansi pemerintahan yang ada membuka formasi CPNS. Tapi, jelas hal tersebut tidak bisa dibilang mudah. Ada serangkaian tes yang perlu dilalui demi menjadi seorang PNS bergaji stabil.

Pada umumnya seleksi CPNS terdiri dari beberapa tes. Tes paling awal adalah seleksi administrasi. Di bagian ini, pelamar akan disaring berdasarkan kelengkapan dan kesesuaian berkasnya dengan formasi yang dilamarnya.

Meski begitu, kamu harus tetap hati-hati karena kalau tidak bisa berakibat fatal dan gagal tes. Lantas, apa saja hal yang bisa menyebabkan seseorang tidak lolos seleksi administrasi?

1 dari 5 halaman

Kualifikasi Pendidikan Tidak Sesuai

Hal pertama yang penting untuk kamu perhatikan sebelum mendaftar adalah kesesuaian antara kualifikasi pendidikan formasi yang dilamar dengan latar belakang pendidikanmu. Meski terkesan sepele, nyatanya banyak CPNS yang gugur seleksi administrasi karena alasan ini.

2 dari 5 halaman

Manipulasi Berkas

Jangan pernah berpikir untuk memanipulasi berkas. Karena, kalau ketahuan melakukan kecurangan maka hukuman berat siap menantimu.

Perlu diketahui, seluruh dokumen yang kamu unggah akan diakurasi oleh panitia. Sehingga kalau kamu nekad mengirim berkas palsu, bisa dipastikan berkasmu tidak akan diloloskan.

3 dari 5 halaman

Salah Input Dokumen

Berhati-hatilah saat mengunggah berkasmu di laman SSCASN. Jangan sampai kamu salah input berkas.

Nah, untuk meminimalisir kesalahan ini kamu bisa mengakalinya dengan memberi nama berkas yang sesuai dan mudah untuk dikenali.

4 dari 5 halaman

Berkas Tidak Bisa Dibaca

Disarankan untuk tidak mengirim berkas dengan kualitas yang terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Apabila ukurannya terlalu besar maka tidak sesuai ketentuan di laman SSCASN. Namun, apabila ukurannya terlalu rendah dikhawatirkan kualitas berkas yang dikirim menjadi buruk dan sulit untuk dibaca.

5 dari 5 halaman

Mengirim Dokumen yang Tidak Dibutuhkan

Ada baiknya kamu hanya mengirim berkas yang diminta di laman SSCASN saja. Jangan dilebihkan apalagi dikurangi. Saat akan finalisasi, periksa lagi secara teliti berkas dan biodatamu. Apakah sudah sesuai dengan yang diminta atau masih ada yang kurang.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya!

Beri Komentar