Jangan Asal Berpakaian, Ternyata 51% Perekrut Menilai Calon Pekerja dari Penampilannya

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 8 Juni 2020 10:15
Jangan Asal Berpakaian, Ternyata 51% Perekrut Menilai Calon Pekerja dari Penampilannya
Pakaian yang tepat bikin calon bos terpikat!

Saat mendatangi wawancara kerja, ada banyak hal yang patut dipersiapkan. Selama ini kita pasti mengutamakan kesiapan saat menjawab beragam pertanyaan dari perekrut.

Tapi ternyata, ada hal lain yang juga layak mendapat perhatian penuh yaitu penampilan. Melansir dari Times of India, sekitar 51% perekrut menilai calon pekerja justru dari penampilannya lho.

1 dari 3 halaman

Penampilan yang terlihat profesional menjadi faktor penting yang berpengaruh dalam proses perekrutan. Sebab, sekitar 40% manajer mengaku bahwa apa yang dikenakan calon pekerja pun pasti masuk dalam kriteria penilaian.

Bahkan bukan sekadar pakaian, warna rambut dan terlihat atau tidaknya tato pada tubuh calon pekerja juga turut mempengaruhi keputusan yang dihasilkan.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Wawancara Kerja © Diadona

Tapi ada satu hal tidak terduga yang bisa menjadi keunggulan seseorang saat melamar kerja. Dalam suatu penelitian, sejumlah 57% pengusaha mengaku nggak mementingkan penampilan asalkan calon pekerja tersebut berusia kurang dari 24 tahun.

3 dari 3 halaman

Sebagaimana yang kita tahu jika penampilan itu penting, maka kamu harus menunjukkan kesan pertama yang bisa mengamankan penilaianmu. Baik laki-laki maupun perempuan, berpakaian formal dan profesional adalah satu hal yang patut diperhatikan.

Tunjukkan penampilan yang rapi dan hindarilah menggunakan perhiasan berlebih. Yang terutama, bahasa tubuh harus terlihat nyaman dan cukup meyakinkan agar kamu bisa lolos wawancara kerja! Semangat!

Beri Komentar