Galau karena Dapat 2 Tawaran Pekerjaan Sekaligus, Sebaiknya Pilih yang Mana ya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 3 Juni 2020 15:15
Galau karena Dapat 2 Tawaran Pekerjaan Sekaligus, Sebaiknya Pilih yang Mana ya?
Mau nggak mau harus memilih kan?

Fresh graduate biasanya masih semangat mencari kerja nih. Maka nggak mengherankan kalau mereka bakal kirim lamaran di beberapa perusahaan sekaligus, untuk meningkatkan peluang mendapat pekerjaan.

Kalau lagi beruntung banget, bisa jadi mereka menerima lebih dari 1 tawaran kerja. Seneng sih, tapi bingung juga kan mau ambil yang mana?

Nah, sebelum kamu memutuskan, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan lho.

1 dari 5 halaman

1. Pertimbangkan Profil Perusahaan

Biasanya, fresh graduate ini masih bersifat idealis. Tentunya perusahaan tempatnya bekerja pun harus diseleksi matang-matang.

Ya walaupun kamu sudah mengirimkan lamaran dan menerima tawaran pekerjaan, nggak ada salahnya untuk tetap kroscek secara mendetail mengenai profil perusahaan itu kok.

2 dari 5 halaman

2. Peluang untuk Berkembang

Ada baiknya jika kamu selalu menetukan tujuan karier, sebelum benar-benar apply di sebuah perusahaan. Jika kamu sudah menentukan tujuan karier yang ingin kamu capai, kamu bisa memilih perusahaan manakah yang bisa mendorongmu untuk meraih tujuan tersebut.

Ingat, saat memilih suatu pekerjaan, jangan cuma mementingkan perkara gaji. Tapi pertimbangkan juga apakah mereka menawarkan peluang untuk berkembang atau tidak.

3 dari 5 halaman

3. Cari Tahu tentang Kultur Kerja

Biasanya, interview adalah proses di mana perekrut menggali informasi mengenai sang kandidat karyawan. Nah, kamu pun boleh menerapkan hal serupa.

Berbekal gambaran umum mengenai perusahaan tersebut, kamu bisa mencari tahu lebih dalam saat proses interview. Sehingga saat kamu benar-benar diterima kerja, kamu nggak kaget dengan kultur bekerja yang diterapkan.

4 dari 5 halaman

4. Fasilitas dan Kompensasi yang Ditawarkan

Selain masalah gaji, kamu juga perlu mempertimbangkan fasilitas lain dan kompensasi yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Akan lebih baik jika perusahaan menyediakan layanan tambahan seperti jaminan kesehatan, asuransi, bahkan jatah liburan.

Penyediaan fasilitas dan kompensasi yang disediakan menunjukkan loyalitas perusahaan terhadap kesejahteraan karyawan.

Beri Komentar