Buat Para Job Seeker, Ini 5 Channel YouTube yang Recommended Untukmu

Reporter : Hevy Zil Umami
Rabu, 30 Desember 2020 18:45
Buat Para Job Seeker, Ini 5 Channel YouTube yang Recommended Untukmu
Di tengah pandemi ini, pengangguran membuat sebagian orang kehilangan pekerjaan dan banyak dari mereka yang terdampak kini mulai mencari pekerjaan baru.

Meski ada beberapa perusahaan yang menunda perekrutan pegawai baru, namun terlihat juga ada perusahaan yang masih membuka lowongan.

Nah, buat kamu para pencari kerja, baik fresh graduate, entry level maupun experience. Tentunya ketika kamu melamar pekerjaan di tengah pandemi ini, kompetitor kamu tidak hanya 5 atau 6 orang, bahkan ratusan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaan, ada beberapa hal yang sangat perlu kamu pahami.

Pertama, pastikan CV atau resume yang kamu buat rapi, detail, lengkap, dan jelas. Dan kedua, kemampuan menjawab pertanyaan dari HRD saat wawancara juga perlu kamu praktikkan mulai dari sekarang.

Mungkin bagi para pencari kerja, kamu sering meremehkan kedua hal tersebut atau bahkan tidak kamu pahami. Nah, biar kebingungan kamu terjawab, yuk intip 5 rekomendasi channel YouTube yang benar-benar perlu kamu tonton sebelum kamu melamar pekerjaan.

1 dari 5 halaman

1. Mudacumasekali

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara membangun personal branding atau sedang berkutat dengan karier, channel Mudacumasekali bisa menjawab kekhawatiran kamu. Isinya yang menarik dan penjelasannya yang detail membuat channel ini disukai para pencari kerja. Khusus untuk kalian yang sedang menunggu wawancara bisa mempelajari tips dan trik dari channel Mudacumasekali agar tidak gagap menjawab pertanyaan dari HR.

2 dari 5 halaman

2. Linda Raynier

Melamar pekerjaan bukan hanya masalah teknis, terkadang masalah non teknis seperti keraguan karir juga sering dialami oleh para pencari kerja. Linda Raynier, seorang pemula karir dan juga pendiri " Resume Terbaik & Wawancara Terbaik" membuat saluran YouTube yang sangat menarik. Meski dalam bahasa Inggris, channel ini dibawakan dengan aksen yang mudah dimengerti. Ya .. hitunglah, kamu juga belajar bahasa Inggris. Hehehe. Nah, di channel Linda yang sudah mencapai 694 subscriber ini, jika kamu sering merasa kesal pindah dari bidang kamu sebelumnya atau cara mendapatkan promosi, kamu wajib menonton channel ini. Pasalnya, liputan yang dibahas Linda sangat luas, tidak hanya untuk para pencari kerja saja, tetapi masyarakat yang sedang bekerja dan sedang mengembangkan karir juga perlu menyaksikan video ini. Yang lebih menarik, apa yang dibahas Linda sangat terstruktur dan jelas serta memberikan wawancara atau resume workshop gratis yang bisa diunduh melalui blognya.

3 dari 5 halaman

3. hrdbacot

Dalam melamar pekerjaan, skill point juga perlu dicantumkan di CV. Namun, bagi sebagian pencari kerja, terkadang mereka merasa keterampilannya masih kurang. Nah, untuk mengembangkan itu semua perlu belajar menggali skill, baik mengikuti training lewat webinar atau bisa juga search di youtube salah satunya lewat channel hrdbacot. Melalui channel ini, kamu bisa mempelajari berbagai macam skill, seperti belajar menjadi content writer hingga digital marketing yang saat ini sedang naik daun.

4 dari 5 halaman

4. Samuel Ray

Kalau kamu seorang anak Instagram, pasti sudah tidak asing lagi dengan Koh Sam. Yups, Samuel Ray, seorang praktisi HRD sekaligus penulis buku " Lagi Probation" memang sangat aktif berbagi insta story yang tentunya sangat relevan dengan permasalahan yang sering dialami para pencari kerja hingga permasalahan kehidupan kantoran, mulai dari membahas loncat-loncat bug, mencari modal kerja di LinkedIn, hingga berkarir setelah istirahat panjang. Jika kamu sedang menunggu panggilan wawancara atau masih bingung menjawab pertanyaan wawancara, channel Koh Sam bisa menjadi rekomendasi kamu. Pasalnya, banyak sekali pertanyaan yang sering dilontarkan HRD saat wawancara, mulai dari apa kelebihan dan kekurangan kamu, apa rencana karir kamu 5 tahun ke depan, hingga masalah ghosting HRD.

5 dari 5 halaman

5. Eza Hazami

 

Eza Hazami adalah Petugas Perekrutan & Pembuat Konten SDM. Melalui saluran YouTube-nya yang telah mencapai 360 ribu pelanggan. Eza Hazami memberikan banyak sekali konten menarik yang wajib kamu ketahui, terutama saat membuat CV. Bagi para pencari kerja khususnya fresh graduate atau berpengalaman terkadang masih bingung harus menulis apa di CV atau resume. Nah di channel YouTube Eza Hazami kebingungan kalian akan dijawab langsung oleh Eza dan dijamin kalian bisa mendapatkan wawasan bagaimana cara membuat cv yang detail, solid, jelas, dan juga rapi. Selain itu, melalui kanal YouTube-nya, Eza juga menanggapi kekhawatiran job seeeker terkait masalah penahanan ijazah oleh HRD. Jadi, apakah itu benar-benar oke atau tidak? Nah, daripada penasaran, kamu bisa nonton channel Eza Hazami ya.

Beri Komentar