25 Cara Membuat Suara Merdu saat Menyanyi, Bisakah dengan Kencur dan Jeruk Nipis?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 21 April 2024 02:02
25 Cara Membuat Suara Merdu saat Menyanyi, Bisakah dengan Kencur dan Jeruk Nipis?
Suara yang enak didengar didapat dari kombinasi pita suara dan beragam lainnya. Tapi ada beragam cara membuat suara merdu, kok!

Beragam cara membuat suara bagus dilakukan. Mulai dari latihan, olah teknik vokal oleh guru yang profesional nggak menjamin sepenuhnya kalo suara yang dihasilkan ketika menyanyi jadi indah banget.

Faktanya, ada beberapa orang yang secara alami lahir dengan suara yang bagus, sementara yang lainnya tidak bia demikian. Kenapa hayo?

Dikutip dari How It Works Daily, ini terjadi karena bentuk dan ukuran pita suara seseorang. Begitu pula dengan pengukuran rongga mulut, tenggorokan, dan hidung yang berperan sebagai resonator alami tubuh, yang artinya membantu meningkatkan nada dan intensitas suara.

1 dari 10 halaman

Cara Membuat Suara Jadi Merdu dengan Kencur

Cara Membuat Suara Merdu dengan Kencur

Ilustrasi Bernyanyi © Diadona

Konon, beberapa penyanyi mengandalkan kencur sebagai cara membuat suara merdu, menjaga kualitas suara atau meredakan gangguan pada tenggorokan mereka. Beneran ampuh?

Begini, kencur memgandung flavonoid yang bersifat antibakteri. Kalau kamu lagi sakit tenggorokan, flu atau pilek misalnya, konsumsi kencur bisa mengurangi peradangan tersebut.

Kencur, seperti halnya jahe bisa membantu menenangkan jaringan tenggorokan yang kadang meradang dan melonggarkan pengeluaran dahak. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan madu atau jeruk nipis. Meski begitu, kamu sepertinya nggak menggunakan kencur sebagai cara membuat suara bagus bila ternyata masalahnya ada pada kerusakan atau luka pada pita suara.

Cara Membuat Suara Merdu dengan Jeruk Nipis

Cara Membuat Suara Merdu © Diadona

Sama halnya dengan kencur, jeruk nipis masuk dalam cara membuat suara merdu karena kandungan bahan alaminya. Jeruk nipis punya kandungan tinggi vitamin C yang bakal membantu meningkatkan kesehatan suara dan tubuh. Asam pada jeruk nipis membantu pemecahan lendir yang sering nyangkut di tenggorokan dan bikin nggak nyaman.

Kencur dan jeruk nipis sebagai cara membuat suara merdu dikonsumsi dengan diseduh di air hangat. Tambahkan madu secukupnya untuk memberi rasa manis dan menambah nutrisi.

Cara lain buat bikin suara merdu ketika menyanyi, yakni :

2 dari 10 halaman

Cara Membuat Suara Merdu © Diadona

Pita suara adalah alat utama untuk cara membuat suara bagus. Makanya, bagian tubuh yang satu ini kudu menjadi prioritas.

Menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan pita suara bermasalah, secara umum adalah cara membuat suara bagus. Alergi, asap, stres, atau penggunaan berlebihan pita suara punya potensi tinggi untuk terjadinya kerusakan. Pita suara yang teriritasi atau meradang nggak akan menutup secara efisien sehingga menghalangi kamu untuk mencapai nada tinggi. Ini juga bisa menghasilkan suara yang kasar, apapun nada yang kamu nyanyikan.

Berikut nih saran-saran dari School of Rock yang bisa kamu praktikkan untuk menjaga kesehatan vokal dan secara nggak langsung bisa jadi cara membuat suara merdu.

Pemanasan dan Pendinginan

Penting banget untuk menghangatkan suara sebelum bernyanyi dengan jenis latihan yang bisa disesuikan dengan usia, rentang vokal dan tingkat pengalaman. Kayak gini nih latihannya : kendurkan bibir dan otot rahang dengan meniup bibir, menjulurkan lidah sejauh mungkin, memijat wajah dan mendesah dalam irama.

Banyak Minum Air

Kalau kamu bertanya-tanya minuman apa sih yang bagus banget dalam cara membaut suara merdu, jawabannya cuman : air putih. Minumlah air sepanjang hari, kalau perlu bawa botol minum kemana-mana. ini karena pita suara yang terlumasi dengan baik akan menghasilkan performa yang baik juga.

3 dari 10 halaman

 Cara Agar Suara Merdu © Diadona© 2024 benzoix on Freepik

Melembabkan Udara

Apa hubungannya? Udara yang kering akan membebani pernapasan dan suara kamu. Kalau air putih bisa melembabkan pita suara secara langsung, maka menghirup udara yang lembab juga secara nggak langsung punya tujuan yang sama.

Istirahatkan Vokal

Sama aja kayak badan, pita suara pun juga butuh istirahat lho. Badan yang lelah akan rentan cedera, begitu juga yang terjadi dengan pita suara. Maka untuk cara membuat suara bagus dna mejaganya, kamu harus diam dulu sekali-kali.

Jangan Bernyanyi Pakai Tenggorokan

Pita suara cuman satu dari sistem kompleks yang menghasilkan suara nyanyian. Untuk bernyanyi dengan baik dan menjaga kesehatan vokal, kamu kudu tahu nih dari mana suara berasal.

Cara membuat suara merdu bukan dari tenggorokan, dan kekuatan di balik suara yaitu ada pada nafas. Napas didukung oleh diafragma. Bernyanyilah dari situ, biarkan pita suara rileks, dan biarkan suara beresonansi di dada, faring dan wajah.

4 dari 10 halaman

Cara agar Suara Merdu © Diadona© 2024 shutterstock.com/aijiro

Latihan Vokal

Cara membuat suara merdu juga bisa kamu lakukan dengan pelatihan yang tepat dan jumlah latihan yang cukup. Banyak orang yang nggak bisa nyanyi karena mereka nggak mampu meniru nada dengan benar. Makanya jadi fals, ya kan?

Sebenarnya bisa dilatih nggak sih? Bisa dong. Yakni dengan latihan vokal.

Latihan olah vokal berarti mengendalikan ketegangan pita suara biar sesuai dengan suatu nada. Nah, ini nih yang susah. Tapi ini cuman masalah 'kabel' dalam otak kok. Dengan banyak latihan, otak bisa diprogram ulang untuk memberikan instruksi yang benar kepada otot laring untuk menghasilkan suara yang tepat.

Apa artinya? Yup, latihan vokal bisa jadi salah satu cara membuat suara merdu.

Jangan Menyanyi Saat Sakit

Sakit adalah cara tubuh untuk menyuruh kita berhenti. Kalau tenggorokan sakit, terinfeksi atau mengalami tegang, maka jangan bernyanyi.

Saa ini terjadi, maka kamu kudu istirahat vokal, minum banyak air, tidur lebih lama dan jaga diri dan suaramu jangan sampai lelah.

5 dari 10 halaman

Cara agar Suara Merdu © Diadona© 2024 shutterstock.com/paulaphoto

Batasi Minum Alkohol dan Kafein

Sesuatu yang berlebihan itu nggak baik, sama halnya dengan terlalu banyak minum minuman beralkohol dan berkafein. Minuman beralkohol bersifat abrasif terhadap laring dan kotak suara secara kimiawi sehingga menurunkan performa pita suara. 

Selain dapat mengeringkan seluruh tubuh secara signifikan termasuk mulut dan pita suara sehingga menghasilkan vokalisasi yang tegang bahkan pecah, alkohol juga memicu produksi lendir berlebih yang membuat pita suara jadi nggak fleksibel dan mengharuskan kamu untuk batuk di tengah-tengah menyanyi, lho! 

Parah banget, ‘kan?

Minuman berkafein pun nggak lebih baik dari minuman beralkohol karena sama-sama mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap air sehingga pita suara menjadi dehidrasi. Alhasil, suara cenderung menjadi serak dan tegang. Meski belum ada penelitian dan penjelasan ilmiah yang absah terkait hal ini, namun beberapa penyanyi mengaku kualitas suaranya berubah setelah terlalu banyak mengonsumsi kopi sebelum tampil.

Gimana, nih, teman-teman musisi dan penyanyi? Udah mau berubah pikiran dengan membatasi minuman yang mengandung alkohol dan kafein belum?

6 dari 10 halaman

Cara Agar Suara Merdu © Diadona© 2024 benzoix on Freepik

Berhenti Merokok

Dilansir dari artikel milik Cleveland Clinic Health Essentials, Candace Hrelec, seorang dokter spesialis THT dan ahli laring (spesialis kotak suara), mengatakan bahwa merokok benar-benar dapat memengaruhi suara, kualitas, hingga nada manusia. Bahan kimia yang terkandung dalam rokok bisa membuat pita suaramu iritasi.

FYI, ketika terhirup, asap rokok akan melewati pita suara terlebih dahulu sebelum menuju paru-paru dan merangsang timbulnya penyakit batuk kronis, laryngitis kronis, polip, bahkan kanker.

Biasanya, seorang perokok sadar bahwa suaranya berubah menjadi lebih dalam dan serak saat menyanyikan nada tinggi. Kemungkinan terlihatnya pembengkakan di sepanjang pita suara pun juga akan semakin besar.

Mengingat proses pemulihan pita suara dan laring membutuhkan waktu yang lama, ada baiknya kamu berhenti merokok di bawah ini agar kualitas suaramu tetap merdu dan terjaga.

7 dari 10 halaman

Cara agar Suara Merdu © Diadona© 2024 shutterstock.com/Liudmila P. Sundikova

Mencari Titik Kelemahan

Cara efektif lain dalam memuat suara merdu adalah dengan mencari titik kelemahan. Dengan begitu, kamu jadi sadar bagian mana yang fals dan harus diperbaiki.

Gimana caranya? Kamu bisa melakukan rekaman pribadi, misalnya di ponsel, setelah itu kamu dengarkan sendiri hasilnya.

Saat mendengarkan hasil rekaman suara milikmu pun, sebisa mungkin kamu juga membandingkan dengan suara dari penyanyi aslinya. Kemudian, kamu bisa membuat catatan khusus untuk menulis setiap kesalahan yang kamu lakukan.

Jangan insecure kalau masih banyak salahnya, Diazens, justru tujuan utama dari langkah ini ‘kan buat bantu kamu mencari titik kelemahan suara dan memperbaikinya supaya jadi merdu? 

Olahraga

Ternyata keteraturan dalam berolahraga juga termasuk salah satu cara supaya suara menjadi bagus dan merdu, loh! Olahraga memang punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, nggak terkecuali pada sistem pernapasan. Nah, dengan olahraga yang teratur, napas kamu akan lebih kuat dan lebih tahan lama.

Orang yang teratur dalam berolahraga punya kekebalan yang tinggi sehingga kecil kemungkinan baginya untuk jatuh sakit. Selain itu, mereka juga bernapas lebih banyak dan lebih kuat. Akibatnya, suara mereka yang berolahraga secara teratur bisa jadi lebih merdu.

Jackpot banget nggak tuh? Bisa dapetin tubuh yang sehat dan kuat sekaligus suara yang merdu dan stabil? Jadi, kuatkan niat kamu untuk olahraga dari sekarang, ya!

Memahami Postur Tubuh

Tahukah kamu bahwa postur tubuh yang tegap nggak hanya membuat badanmu tampak lebih bagus, tapi juga meningkatkan kualitas suaramu supaya terdengar lebih baik? Dilansir dari laman Voicehouse, saat kamu membungkuk, suaramu nggak punya cukup ruang untuk beresonansi di seluruh rongga tubuh.

Sebaliknya, saat postur tubuhmu bagus dengan nggak duduk saat bernyanyi (kecuali karena alasan medis), kamu nggak bakal mengorbankan pernapasan diafragma.

Ada 5 tips yang bisa kamu lakukan saat berlatih sendiri di depan cermin untuk mengoreksi postur tubuh tiap bernyanyi:

  • Berdiri tegak dengan bangga
  • Biarkan kedua tanganmu menggantung longgar di kedua sisi tubuh
  • Angkat dan rilekskan bahu
  • Berdiri rata di lantai dan buka sedikit kaki selebar bahu
  • Jaga dagu agar tetap lurus dan segaris dengan bagian tubuh yang lain

8 dari 10 halaman

Cara Agar suara Merdu © Diadona© 2024 BandLab on Unsplash

Seni Pengucapan

Kamu pasti nggak asing dengan istilah artikulasi. Menurut KBBI, artikulasi berarti lafal atau pengucapan kata. Nah, selain cara-cara penting lainnya di atas, cara terbaik untuk membuat kualitas suara meningkat dan menjadi merdu adalah dengan menyempurnakan pengucapan.

Kamu bisa berdiri di depan cermin untuk memperhatikan pergerakan rahangmu saat mengucap huruf vokal A-I-U-E-O dengan saksama.

Kalau rahangmu menutup saat mengucap huruf-huruf tersebut, terutama huruf A, tipsnya adalah gunakan 2 jarimu untuk menopang rahang supaya tetap terbuka. Gampang, ‘kan? Selamat mencoba sendiri di rumah, ya!

Mengenal Vocal Range Pribadi

Pemilihan lagu mungkin saja menjadi salah satu faktor penyebab suara fals, apalagi lagu yang jangkauannya jauh di luar dari jangkauan kemampuan suaramu. Makanya, mengenal vocal range pribadi dan bertahan di dalamnya tuh penting banget sebagai cara agar suara merdu ketika menyanyi.

Perlu kamu ketahui bahwasanya memaksakan diri untuk memilih lagu yang bernada terlalu tinggi maupun terlalu rendah bisa menghasilkan suara yang canggung bahkan tegang hingga mampu merusak pita suara.

Lalu, gimana cara supaya bisa lebih mengenal vocal range diri sendiri?

Kamu bisa banget mencoba menyanyikan berbagai jenis lagu dengan vocal range yang bervariasi, kemudian menyeleksi lagu yang kamu rasa paling nyaman untuk dinyanyikan. 

9 dari 10 halaman

Cara Agar Suara Merdu © Diadona© 2024 BandLab on Unsplash

Cara Menjaga Kualitas Suara dan Vokal yang Bagus

Diadona udah memilih dan merangkum 4 cara penting dan terbaik untuk menjaga kualitas suara serta vokal yang bagus dari laman Musical U. Penasaran? Check these out!

Melatih Pelafalan 

Penyanyi berkualitas baik dengan vokal yang bagus diukur dari bagaimana dia mampu melafalkan setiap kata dalam liriknya dengan jelas.

Selain untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi serta menjaga kualitas suara, melatih pelafalan juga memungkinkan kamu untuk dapat menyampaikan pesan lirik menjadi lebih baik dan sesuai dengan yang kamu maksudkan.

Melatih Teknik Pernapasan

Teknik pernapasan yang baik dan benar mendukung seorang penyanyi untuk dapat bernyanyi dengan bagus. Tanpa itu, seberbakat apa pun, dia pasti akan tetap gagal di tengah pertunjukan.

Nah, maka dari itulah penting untuk berlatih sekaligus memperhatikan teknik pernapasan yang tepat, yang juga berpengaruh pada artikulasi dan nada saat menyanyi.

Dengarkan Suara Kamu Sendiri

Penyanyi yang baik adalah mereka yang mengandalkan dan menggunakan telinganya sebanyak ia mengeluarkan suaranya. Dengan berlatih mendengarkan suara sendiri dan mengasah kemampuan telinga, ada banyak kegunaan yang bisa kamu dapatkan, loh!

Di antaranya membantumu untuk mengetahui intonasi, menyesuaikan nada suara, hingga meningkatkan kemampuan musikalitas dan kesadaran bermusikmu secara keseluruhan.

Cintai Suara Kamu Sendiri

Penyanyi dengan suara bagus umumnya mencintai suaranya sendiri dan senang menggunakan bakatnya, menyadari jangkauan dan batasan, menghindari ketegangan dan pemaksaan suara, serta menjaga pita suara mereka.

Nah, supaya lebih pede, coba deh kamu rekam suaramu sendiri dan dengarkan. Setelah itu, kamu bakal jadi lebih self-aware untuk bisa meningkatkan kualitas vokal serta teknik bernyanyimu.

10 dari 10 halaman

Cara Membuat Suara Jadi Merdu saat Membaca Al-Quran

Cara Membuat Suara Merdu © Diadona

Bila cara membuat suara bagus saat menyanyi udah Diadona share kayak yang di atas tuh, ada beda lagi ketika kamu mendambakan suara bagus untuk mengaji. Seperti apa?

Dikutip dari Umma.id, berikut cara membuat suara bagus saat mengaji:

Berlatih Makhrojul Huruf Hijaiyah

Diawali dengan melancarkan pengucapan ayat-ayat pendek atau ayat panjang pada Al-Quran, cara membuat suara merdu saat mengaji tentu nggak akan lengkap kalau kamu nggak tahu gimana cara pengucapan huruf hijaiyah secara benar, bukan?

Berlatih Kekuatan Suara

Kekutana suara didapat dari teknik pernapasan yang bagus. Maka cara membuat suara merdu didapat dari latihan teknik pernapasan, salah satunya dengan meniup lilin dari jarak 1.5 meter sampai lilin tersebut padam. Tambahkan juga sesi latihan pernapasan perut, ya!

Berlatih Teknik Vibrasi

Pernah mendengar vibtasi ketika mengaji? Merdu sekali bukan? Suara tersebut hadir dengan memplajari teknik vibrasi secara rutin dan konsisten.

Berlatih Nada Tinggi

Nggak usah khawatir, range vokal itu bisa dilatih kok! Cara membaut suara bagus dengan menaikkan range ini bisa kamu lakukan dengan berlatih sesering mungkin.

Cara membuat suara merdu tersebut bisa kamu segera praktikkan dan jangan lupa konsisten. Siapa tahu sukses jadi penyanyi lho!

Penulis : Dhewi, Dias Nailah A.

Beri Komentar