4 Tips Jitu Interview Bahasa Inggris, Jamin Gak Bakal Kagok!

Reporter : Hevy Zil Umami
Rabu, 25 November 2020 14:43
4 Tips Jitu Interview Bahasa Inggris, Jamin Gak Bakal Kagok!
Setiap wawancara kerja pasti membuat kita gugup.

Apalagi jika kita tahu bahwa wawancara harus menghadapi orang asing sebagai pewawancara. Artinya, ada satu lagi “pekerjaan rumah” yang perlu dilakukan, yaitu mempersiapkan sesi tanya jawab dalam bahasa Inggris.

Meskipun kamu sering terlibat dalam percakapan dalam bahasa Inggris, kata dan kalimat yang dipilih untuk situasi formal seperti ini bisa jadi berbeda. Artikel ini berisi grid untuk latihan wawancara dalam bahasa Inggris, dilansir dari Karir.com.

1 dari 4 halaman

Salam Pembuka

Interview Kerja Online © Diadona

Ada banyak cara untuk menyapa orang lain dalam bahasa Inggris. Mulai dari yang resmi hingga yang kasual. Namun, saat kamu masuk ke ruang wawancara, kamu disarankan untuk memulai dengan " hello" atau " good morning" .

Kemudian, jika pewawancara menjawab dengan menanyakan kabar, hindari jawaban singkat seperti " I'm fine" . Kamu bisa menjawab dengan mendeskripsikan perasaan jujur, misalnya “ I’m a little nervous. I’m at an interview for my dream job."

2 dari 4 halaman

Jelaskan Kekuatan dan Kelemahan

Interview Kerja © Diadona

Pertanyaan umum yang diajukan pewawancara adalah tentang kekuatan dan kelemahan kandidat. Saat mendeskripsikan kelebihanmu, kamu harus menunjukkan bahwa kamu memiliki keahlian, kompetensi, pengetahuan yang sesuai dengan posisi yang ditawarkan, dan bahkan menguntungkan perusahaan. Kata-kata yang dapat dipilih antara lain “ excel in/at”, “ good at”, atau “ do well”. Kemudian, kamu dapat memasangkannya dengan kata kerja yang diakhiri dengan –ing.

Selain kelebihannya, pewawancara juga akan mencari tahu tentang kelemahan kandidat. Jawab pertanyaan ini dengan kata-kata yang menggambarkan frekuensi seperti “ sometimes”, “ occasionally” atau “ at times” untuk menunjukkan bahwa kelemahan tidak selalu menyebabkan masalah. Kemudian, lanjutkan dengan penjelasan tentang dampak kelemahan itu dan caramu mengatasinya.

3 dari 4 halaman

Jelaskan Pengalaman dan Target Masa Depan

Ilustrasi Interview © Diadona

Saat bertanya tentang pengalaman kerja, pewawancara ingin mengetahui peran apa yang pernah kamu mainkan di masa lalu, tantangan, tindakan untuk mengatasi masalah, hingga pencapaian. Kosakata yang dapat digunakan untuk menggambarkan pekerjaan masa lalu adalah “ responsibilities”, “ duties”, “ tasks”, “ workload”, dan “ role”. Kemudian, ketika menghadapi tantangan, pilih penjelasan seperti “ tight deadlines” atau “ limited resized/664xauto”.

Kemudian, kamu juga akan ditanya tentang rencana masa depan yang akan dicapai saat bergabung dengan perusahaan. Kemudian kamu harus menampilkan dirimu sebagai orang yang berorientasi pada target. Kunci untuk menjawab pertanyaan ini adalah berlatih menggunakan kalimat masa depan. Jadi, ketika pewawancara bertanya: “ Where will you be in five years?”, yang perlu kamu lakukan adalah menjawab pertanyaan tersebut dengan “ will” atau “ going to”, yang kemudian dikaitkan dengan target karir masa depan.

4 dari 4 halaman

Menjawab Pertanyaan Sulit

Ilustrasi Interview Kerja © Diadona

Pewawancara ingin mengejutkanmu! Dia ingin tahu bagaimana kamu bisa menyelesaikan masalah dengan mengajukan pertanyaan sekilas seolah-olah tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Misalnya, " Berapa tinggi gedung ini?" atau " Berapa banyak jendela di gedung ini?" Pertanyaan dalam bahasa Indonesia sulit untuk dijawab, terutama jika harus dijelaskan dalam bahasa Inggris.

Tenang, fokus dan pikirkan bahwa pertanyaan ini sama dengan pertanyaan lain untuk menguji kemampuan pemecahan masalah. Jadi, kamu bisa merespons dengan berpikir luas, membuat asumsi, lalu menjawab. Mulailah dengan kata “ assuming” dan kemudian tingkatkan dengan pengetahuan umum tentang berapa tinggi ruang kantor dan jumlah lantai dalam gedung. Kemudian kamu dapat memperkirakan jawabannya berdasarkan asumsi tersebut.

Semoga beruntung!

Beri Komentar