10 Ciri-Ciri Wirausaha yang Berhasil, Nggak Cukup Punya Modal dan Kreatif

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 6 Maret 2021 13:37
10 Ciri-Ciri Wirausaha yang Berhasil, Nggak Cukup Punya Modal dan Kreatif
Ciri-ciri wirausaha yang pertama mungkin adalah inovatif, tapi penting banget untuk punay daya juang ekstra untuk membuat penemuannya berhasil.

Ciri-ciri wirausaha pada diri seseorang bisa merupakan sebuah bakat alamiah atau dikembangkan melalui latihan dan kerja keras. Dan memahami apa aja kualitas seorang pengusaha bisa membantu seseorang dalam mengembangkan bisnis mereka.

Dilansir dari Hiscox, menjadi pengusaha nggak cuman membutuhkan ide-ide yang keren tapi eksekusi yang ciamik. Ciri-ciri pengusaha kebanyakan lahir dari bakat dan juga ketrampilan yang dipelajari, yang memungkinkan mereka buat mengalahkan rintangan bisnis dan mengejar impian mereka. Makanya, sebenarnya ada lho orang-orang yang dilahirkan dengan bakat wirausaha tapi nggak bisa mengembangkannya dengan baik.

1 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Seorang Wirausaha

Ciri-Ciri Wirausaha © Diadona

Dan di artikel kali ini, Diadona mau bagiin nih apa saja ciri-ciri wirausaha. Bukan suatu kunci saklek untuk jadi seorang wirausaha sukses sih, tapi siapa tahu bisa membantu kamu mengembangkan diri mencapai tujuan bisnismu.

Banyak orang yang ingin jadi seorang wirausaha dan bertanya-tanya, cocok nggak ya mereka? Coba deh cari tahu dulu di ciri-ciri wirausaha dari JBCN School berikut ini:

Kreatif

Kreativitas melahirkan sesuatu yang baru. Mereka yang punya ciri-ciri wirausaha adalah mereka yang selalu punya inovasi dan bergerak untuk melakukan realisasi.

Kreativitas membantu menghasilkan solusi baru untuk suatu masalah yang mungkin di luar kotak. Mereka juga mampu menciptakan produk baru di pasar serupa. Pokoknya, ada aja lah idenya!

Profesional

Ini adalah suatu ciri-ciri wirausaha dan wajib dimiliki oleh mereka yang bekerja. Profesionalme lahir dari kehandalan dan disiplin, yang membuat baik hubungan antara wirausaha, karyawan dan klien. Coba deh bayangin kalau kamu bertemu denga seorang yang punya ide briliian tapi tak profesional dalam bekerja. Semua beban pekerjaan akan jadi berantakan, bukan?

Berani Mengambil Risiko

Kebanyakan orang-orang tak bisa dan tak berani menjadi wirausaha karena tak memiliki ciri-ciri wirausaha ini. Padahal, kemampuan mengambil risiko ini penting banget lho

Tanpa pengambilan risiko, mereka nggak bissa menemukan sesuatu yang baru dan unik. Memang, tak semua berjalan mulus. Tapi wirausaha yang baik punya cadangan atas setiap risiko yang mereka ambil.

Terencana

Perencanaan adalah gimana menyusun strategi bisnis. Dimulai dengan gimana merangkum sumber daya yang dimiliki dan memanfaatkkannya secara optimal, trus gimana proses dan struktur bisnis untuk mencapai tujuan bisnis dan gimana menghadapi krisis. Perencanaan emang nggak bikin semua usaha jadi sukses, tapi merupakan ciri-ciri wirausaha yang penting karena bisa jadi pedoman untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Pengetahuan

Pengetahuan tentang bisnis yang digelutinya adalah ciri-ciri wirausaha sukses. Dengan punya pengetahuan itu, maka kesulitan dapat dipecahkan atau krisis dapat diatasi.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Wirausaha yang Berhasil

Ciri-Ciri Wirausaha © Diadona

Ingin jadi wirausaha yang berhasil. Setidaknya kamu harus punya ciri-ciri wirausaha berikut ini.

Bersemangat

Seorang karyawan harus bersemangat bekerja karena memiliki tuntutan dari atasan. Tapi bagi seorang wirausaha, atasan adalah diri mereka sendiri. Apa jadinya bila mereka tak memiliki semangat sebagai ciri-ciri wirausaha?

Mereka mungkin jadi tak disiplin, tak termotivasi untuk berjuang menjadi lebih baik dan tak punya kekuatan pendorong.

Ketrampilan Sosial

Ciri-ciri wirausaha ini dibutuhkan banget karena berfungsi untuk membangun hubungan, merekrut orang baru, merumuskan strategi tim, dan masih banyak lagi.

Empati atau Kecerdasan Emosional yang Tinggi

Ketrampilan ini patut menjadi ciri-ciri wirausaha karena akan menetukan gimana dia memperlakukan orang-orangnya.

Apakah dia akan baik kepada karyawannya? Apakah dia akan memahami situasi mereka? Padahal, menjaga suasana kerja tetap ringan dan bahagia itu penting banget untuk kelangsungan usaha. Sering mendengar kan peristiwa keluar masuknya karyawan yang berdampak pada ketidakstabilan ussaha karena si boss yang bertindak semaunya?

Punya Pikiran Terbuka Terhadap Pandangan, Kritik dan Kegagalan

Ciri-ciri wirausaha ini dibutuhkan untuk mengenali apa saja yang bisa menjadi peluang usaha, menghadapi kegagalan dengan dengan sikap positif dan tetap rendah hati. Dari kegagalan, wirausaha yang baik bakalan mengambil pengalaman dan bekerja keras untuk tujuan selanjutnya.

Memperlakukan Pelanggan sebagai Raja

Ciri-ciri wirausaha ini diwujudkan dari gimana mereka menarik perhatian pelanggan. Trus merambah lagi ke gimana memenuhi kebutuhan pelanggan. Jangan lupakan juga kemampuan buat menjual diri di depan pelanggan yang potensial. Bisa melakukan cara untuk menyenangkan pelanggan adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis.

3 dari 3 halaman

Sebutkan Ciri-Ciri Seorang Wirausaha

Ciri-Ciri Wirausaha © Diadona

Daftar ciri-ciri wirausaha yang udah Diadona sebutkan di atas nggak cukup untuk bikin kamu sukses. Ada banyak faktor lain yang menentukan, mulai dari gimana memilih jenis usaha, pengelolaan keuangan, manajemen dan yang lainnya. Lebih lengkapnya, kamu bisa baca di halaman ini ya!

Ciri-ciri wirausaha mencangkup apa saja yang kudu dimiliki oleh orang yang menjadi ujung tombak usaha, membuat keputusan buat melanjutkan usaha dan membuat modal tetap aman untuk membuat usaha terus berjalan.

Beri Komentar