19 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol dan Minim Modal

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 23 September 2020 18:31
19 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol dan Minim Modal
Nggak sekedar berjualan barang atau jasa, perhatikan cara memulai bisnis berikut biar usaha kamu bertahan dan berkembang.

Banyak orang bermimpi punya usaha sendiri. Saat keberanian sudah terkumpul, mereka kadang nggak tahu nih gimana dan dari mana cara memulai bisnis mereka.

Dikutip dari Bussiiness News Daily, sebenarnya memulai bisnis tuh membutuhkan banyak pekerjaan, nggak cuman sekedar mulai berjualan doang. Tanpa usaha, ide nggak akan berjalan menjadi sesuatu yang dinamakan bisnisn.

Kebanyakan dari orang-orang fokus pada cara memulai bisnis seperti memberi nama bisnis, atau logo. Tapi gimana dengan menyusun strategi pemasaran yang rinci, menentukan struktur bisnis, sampai gimana menghandle beban kerja bila nanti mulai menumpuk.

Daripada pusing dan bingung, yuk ikuti langkah-langkah dalam cara memulai bisnis yang udah Diadona lansir dari berbagai sumber berikut ini

1 dari 2 halaman

Cara Memulai Bisnis

Cara Memulai BisnisCara Memulai Bisnis © 2020 shutterstock.com/imtmphoto

Mana yang harus dilakukan terlebih dahulu dalam cara memulai bisnis? Coba deh ikuti 10 langkah berikut ini:

Menyempurnakan Ide

Ketika kamu udah berpikir untuk memulai bisnis, tentu kamu udah punya ide tentang apa yang mau kamu jual, atau senggaknya pasar apa sih yang pengen kamu masukin.

Nah, cara memulai bisnis yang pertama adalah kamu harus cari tahu gimana bisnis pada produk serupa. Misalnya gimana perkembangan mereka, apa kelebihan dan kekurangan mereka. Kalau kamu ngerasa punya sesuatu yang nggak mereka miliki, itu berarti kamu memiliki ide yang kuat.

Menurut Gleen Guten, CEO dari Awaka Consulting and Coaching, cara memulai bisnis yakni selalu mulai dengan 'mengapa?'. Dalam fase ini, penting untuk membedakan apakah bisnis kamu ini melayani alasan pribadi atau alasan pasar.

Pilihan lain dari cara memulai bisnis yakni dengan membeli frachise atau waralaba yang udah mapan di mana sudah ada konsep, merek, dan model bisnis yang udah ada. Kamu cuman tinggal menentukan lokasi dan saran untuk mendanai operasional kamu.

Tapi terlepas dari opsi mana nih yang kamu pilih, sekali lagi penting untuk mengupas tentang siapa kira-kira yang bakalan beli produk kamu dan kenapa mereka mau beli.

Tulis Rencana Binis

Kenapa ini penting dalam cara memulai bisnis? Karena rencana bisnis adalah pondasi bisnis. Ini selayaknya peta yang bisa digunakan untuk menyusun, menjalankan atau mengembangkan bisnis baru.

Apa aja yang peru ditulis dalam rencana cara memulai bisnis?

Riset Pasar

Riset pasara secara menyeluruh tentang bidang bisnis, demografi klien potensial. Riset pasar bakalan membantu kamu memahami pelanggan sasaran, kebutuhan, preferensi dan perilaku serta industri pesaing.

Tentukan Keunikan Produk

Kalau kamu menjual barang yang sejenis dengan pelaku bisnis lainnya, salah satu stretegi dalam cara emmulai bisnis adalah membuat produk kamu seunik mungkin.

Bidang yang Seusai Passion

Kenapa ya bisnis harus sesuai dengan passion? Karena kalau dilandasi dengan passion, maka kamu jadi lebih bersemangat dan terasa ringan. Pun kamu juga jadi senang mengeksplore hal-hal baru yang bisa untuk mengembangkan bisnis kamu.

Pertimbangkan Strategi Keluar

Apa artinya? Gini, banyak orang yang terlalu bersemangat untuk memulai bisnis tapi mereka nggak mempertimbangkan gimana kalau misalnya bisnis mereka ini gagal. di sini kamu harus memiliki rencana apa aja yang harus kamu lakukan jika bisnis yang kamu lakukan gagal. Nggak menakut-nakuit kok, hanya menyiapkan perlindungan.

Karena banyak banget kan orang yang pada akhirnya mengalami keterpurukan dari sisi finansial hingga hubungan keluarga karena bisnis yang mereka jalani nggak sesuai dengan ekspektasi.

Waktu untuk Memulai

Cara memulai bisnis yang nggak kalah penting adalah tahu kapan waktu yang tepat. Jangan terburu-buru karena bisnis membutuhkan perhitungan yang tepat. Trus ada juga tren bisnis tertentu di waktu tertentu yang harus kamu pahami, bisakah bertahan di jangka waktu yang lama?

Misalnya di saat pandemi di mana masyarakat harus taat pada pembatasan sosial, mungkin kamu harus memikikrkan ketika akan mencoba bisnis makanan dan

Belajar Administrasi

Mau sekecil apapun bisnismu, penting banget untuk kamu mulai mengenal administrasi dalam cara memulai bisnis.

Kamu harus melakukan pencatatan dengan tertib meskipun nilanya kecil. Dan yang paling penting nih, jangan mencampur keuangan pribadi dengan usaha ya.

Perhatikan Keuangan

Cara memulai bisnis adalah dengan memiliki modal. Tentu aja, ya kan? Tapi pikirkan juga, dan mana modal itu didapat? Tabungan, pinjaman, atau yang lainnya?

Banyak start up yang gagal karena mereka kehabisan uang sebelum mendapatkan keuntungan.

Hitung Biaya Titik Impas

Salah satu cara menentukan berapa banyak biaya yang dibutuhkan dalam cara memulai bisnis adalah dengan melakukan analisis impas. Ini adalah elemen penting dari perencanaan keuangan yang bisa membantu pemilik bisnis buat menentukan kapan nih perusahaan, produk atau layanan mereka bisa untung.

Rumusnya sederhana kok:

Biaya Tetap / (Harga Rata-Rata - Biaya Variable) = Titik Impas

Setiap orang yang memulai usaha kudu tahu berapa kerja minimum yang kudu dicapai untuk menghindari kerugian.

Ada tiga faktor penting untuk melakukan analisis titik impas, antara lain:

Tentukan keutungan

Berapa banyak pendapata yang harus dihasilakan untuk menutupi semua pengeluaran?

Harga Produk

Kalau ngomongin harga dalam cara memulai bisnis, kebanyakan sih orang-orang cuman berpikir tentang berapa banyak biaya yang harus dikelaurkan dan harga yang dibandrol oleh pesaing. Padahal, nggak cuman itu doang.

Berapa tarif tetapnya? Berapa biaya variablenya dan berapa total biaya? Berapa biaya barang fisik dan tenaga kerja?

Analisa Data

Berapa jumlah barang yang harus kamu jual per satuan waktu untuk mendapatkan keutungan? Gimana juga cara mengurangi biaya tetap secara keseluruhan? Gimana cara mengurangi biaya variable per unitnya?

Perhatikan Pengeluaran

Cara memulai bisnis yang nggak kalah penting adalah jangan mengeluarkan uang terlalu banyak saat memulai bisnis. Pahami jenis pembelian yang masuk akal dan hindari pengeluaran berlebihan untuk peralatan baru yang mewah yang nggak akan membantu kamu mencapai tujuan bisnis kamu.

Pilih Lokasi Bisnis

Ini adalah cara memulai bisnis yang penting banget. Apakah lokasi bisnis kamu mudah dijangkau oleh konsumen? Trus apakah konsumen di sekitar lokasi sesuai dengan target pasar kamu?

Promosi dengan Tepat

Semakin sering melakukan promosi tentu orang akan semakin tahu produk kamu. Namun dalam cara memulai bisnis, salah satu yang paling penting yakni promosi yang tepat sesuai dengan target pasar kamu.

Berikan yang Terbaik

Saat usaha kamu sudah berjalan, maka berikanlah yang terbaik untuk konsumen. Kalau mereka puas dengan kualitas dan harga, tentu mereka bakalan balik lagi untuk membeli produk kamu kok.

2 dari 2 halaman

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Cara Memulai BisnisCara Memulai Bisnis © 2020 shutterstock.com/paulaphoto

Sebenarnya sih cara memulai bisnis secara offline atau online nggak memiliki perbedaan yang berarti. Online hanyalah pilihan untuk cara penjualan dan promosi barang dan jasa.

Selain cara memulai bisnis kayak yang udah Diadona.id share di atas, beberapa tambahan langkah yang harus kamu lakukan adalah:

Copywriting yang Keren

Copywriting udah terbukti bisa meningkatkan penjualan. Berikut tipsnya:

  • Buat judul yang menarik minat
  • Masalah yang bisa dipecahkan oleh produk kamuBangun kredibiliast sebagai pemecah masalah iniTambana testimoni dari orang yang udah mencoba produk
  • Ulas tentang manfaatnya bagi pengguna
  • Tawarkan
  • Bikin jaminan yang kuat
  • Ciptakan urgensi, kenapa sih orang-orang kudu membeli produk kamu

Bangun Media Promosi

Cara memulia binis online bisa dengan kamu mulai membuka akun khusus bisnis, bisa dari facebook, instagram yang bisa sekaligus sebagai tempat jual beli atau media promosi yang kemudian mengarah ke e-commerce kamu.

Pasang Iklan di Google

Kalau perlu, gunakan mesin pencari untuk mengarahkan pembeli yang kamu targetkan ke situs kamu. Caranya? Dengan iklan dong.

Iklan bayar per klik adalah cara memulai bisnis dengan promosi paling mudah. Ini punya dua keutungan dibanding kamu menunggu orang datang ke situs kamu secara organik.

Pertama, iklan ini akan muncul di halam pencarian. Plus kamu juga bisa menguji kata kunci yang berbeda, harga, dan pendekatan penjual.

Bangun Reputasi

Misalnya dengan rajin-rajin menggunggah testimoni, mmembuat foot produk yang bagus dan original, dan lain-lain.

Meningkatkan Back-End dan Upselling

Tahu nggak sih kalau sebanyak 36 persen dari orang yang pernah membeli di kamu akan membeli lagi ketika kamu memberikan pelayanan yang terbaik. Terlebih kalau kamu bisa menambahkan kupon-kupon dan hadiah karna udah menjaid pelanggan setia.

Cara memulai bisnis secara online sebenarnya tidak berubah sama sekali sejak dulu, meskipun dunia internet mengalami perkembangan yang signifikan. Hanya saja dalam prosesnya, kamu tentu memerlukan banyak perbaikan di beberapa hal.

Cara memulai bisnis bisa jadi hal yang nggak kalah sulit dibanding ketika sudah menjalaninya. Tapi, ini adalah sesuatu yang penting banget. Jangan sampai deh bisnis kamu gagal karena kamu nggak merencakanannya dengan baik.

Beri Komentar