Viral Masker Betadine Buat Atasi Jerawat Sampai Bikin Glowing, Beneran Nggak Sih?

Reporter : Kurnia
Rabu, 31 Agustus 2022 12:31
Viral Masker Betadine Buat Atasi Jerawat Sampai Bikin Glowing, Beneran Nggak Sih?
kira-kira bagaimana pendapat para dokter?

Belakangan jagad maya tengah ramai dengan temuan baru seorang seleb TikTok bernama Pramesta Dhyaz. Di mana dalam konten konten tersebut menunjukkan dirinya tengah mengoleksan betadine skin cleanser ke seluruh wajah sebagai masker.

Seleb yang juga putri dari YouTuber ternama itu mengaku bahwa wajahnya sempat berjerawat bisa benar-benar bersih dan glowing setelah menggunakan betadine skin cleanser tersebut.

1 dari 5 halaman

“ Dari dua tahun yang lalu pakai ini, jerawatku full sembuh. Mungkin yang lagi jerawatan bisa kebantu pakai ini. Ini dipakainya 15 detik sebelum cuci muka,” kata Pramesta Dhyaz di akun TikToknya.

Sontak video singkat tersebut langsung ramai dikomentari warganet. Tak sedikit yang menanyakan soal uji klinis dari penggunaan betadine skin cleanser tersebut untuk kulit berjerawat.

2 dari 5 halaman

Betadine untuk jerawat © Diadona

Bolehkah Betadine untuk Kulit Berjerawat?

Melihat unggahan tersebut, seorang dokter spesialis kulit turut memberikan pendapatnya. Menurut ahli, betadine skin cleanser itu memang bisa diaplikasikan di wajah.

Bahkan, kabar baiknya jenis betadine ini juga bisa digunakan untuk kulit berjawat loh. Tak hanya itu, sabun cair antiseptik ini juga dapat mengatasi masalah kulit berjerawat.

“ Apakah bisa dipakai jerawat atau enggak? Jawabannya bisa saja. Karena, sebenarnya povidon iodine itu untuk membunuh kuman, salah satunya kuman penyebab jerawat,” kata dr. Yessica Tania atau yang lebih hangat disapa dengan dr Zie oleh pengguna TikTok.

3 dari 5 halaman

Betadine untuk jerawat © Diadona

Tidak Bisa Mengatasi Semua Jenis Jerawat

Meskipun diperbolehkan, namun povidon iodine tidak bisa digunakan untuk mengatasi semua jenis jerawat.

Bahkan, tidak semua jenis kulit bisa menggunakan produk povidon iodine yang terkandung dalam betadine skin cleanser tersebut ya, Diazens. Mengapa? Menurut dr Zie di akun TikToknya, povidon iodine ini bisa menyebabkan kulit kering.

" Karena, sebenarnya povidon iodine itu bisa bikin kulit kering. Buat yang punya kulit kering mungkin nggak bagus dengan cara ini," terang dr Zie yang dikutip pada Rabu, (31/8/2022).

4 dari 5 halaman

Tidak Bisa Digunakan Setiap Hari

Jika menurut salah satu penggunanya kandungan povidon iodine aman digunakan setiap hari dan tidak menimbulkan reaksi di kulitnya. Namun tidak demikian anjuran dari dr Zie.

Menurut ahli, penggunaan betadine skin cleanser yang mengandung povidon iodine ini justru tidak bisa digunakan setiap hari sebagai pembersih wajah maupun masker seperti video viral yang beredar tersebut loh.

Beri Komentar