Tips Memilih Lip Balm yang Tepat untuk Bibir, Jangan sampai Salah ya!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 12 Agustus 2022 16:15
Tips Memilih Lip Balm yang Tepat untuk Bibir, Jangan sampai Salah ya!
Udah rajin pakai lip balm nggak nih?

Lip balm menjadi salah satu produk yang banyak manfaatnya tapi sering dilupakan. Secara umum, lip balm diformulasikan untuk menjaga bibir tetap lembap dan terhidrasi.

Penggunaan lip balm secara rutin bisa membuat bibir tampak lebih cerah dan segar. Tapi, masih banyak yang salah dalam memilih lip balm loh~

Berikut ada tips yang bisa kamu ikuti agar nggak salah memilih lip balm. Simak ulasan selengkapnya ya!

1 dari 6 halaman

1. Hindari lipbalm yang memiliki rasa dan cenderung wangi

Kamu pasti menyadari jika di pasaran banyak banget lipbalm dengan wangi dan rasa beragam. Lipbalm jenis ini seringkali membuat pemakainya secara nggak sadar jadi sering menjilat bibirnya sendiri. Semakin sering bibir dijilat, maka makin cepat juga bibir jadi kering.

Bagi sebagian orang, kandungan rasa dan wangi pada lipbalm ini justru menimbulkan alergi. So, hat-hati ya guys~

2 dari 6 halaman

2. Hindari kandungan fenol dan minyak peppermint

Ternyata, kandungan fenol dan peppermint nggak baik untuk bibir loh! Pasalnya, dua kandungan ini bisa mengikis kelembapan alami pada bibir.

Fenol dan peppermint sebenarnya berfungsi untuk mengelupas kulit kering. Jika terkandung dalam lipbalm, maka lama kelamaan akan membuat bibir semakin kering.

3 dari 6 halaman

3. Pilih lipbalm yang mengandung emolien

Pilihlah lipbalm yang memiliki kandungan pelembap agar bisa melembutkan dan menjaga kesehatan kulit bibir. Salah satu cara termudahnya, pilihlah lipbalm dengan kandungan emolien.

Untuk mendeteksi ada tidaknya kandungan emolien pada lipbalm, tentu kamu harus memperhatikan ingredients yang tertera. Emolien bisa berwujud beeswax, shea dan cocoa butter, minyak almond dan jojoba, atau petrolatum.

4 dari 6 halaman

4. Lipbalm dengan kandungan synthetic ceramides, boleh banget!

Bagi kamu yang punya tipe bibir super kering, maka yang kamu perlukan adalah lipbalm dengan kandungan synthetic ceramides.

Kandungan ini meripakan sejenis lemak yang bisa mengembalikan perlindungan alami pada bibir. Dengan kandungan tersebut, bibir akan terus terjaga kelembapannya.

5 dari 6 halaman

5. Jangan lupa, bibir juga butuh SPF

Bukan cuma kulit wajah dan tubuh yang butuh SPF, karena sebenarnya bibir pun perlu mendapatkan perlingungan yang sama.

Gunakan lipbalm dengan kandungan SPF untuk memberikan perlindungan penuh di area bibir. SPF ini akan melindungi bibir dari bahaya sinar UVA dan UVB.

Beri Komentar