7 Kandungan Skincare untuk Antiaging, Mana yang Jadi Andalanmu?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 20 Agustus 2022 10:15
7 Kandungan Skincare untuk Antiaging, Mana yang Jadi Andalanmu?
Pengen tetap tampil awet muda, jangan lupa pakai skincare antiaging~

Seiring bertambahnya usia, kulit juga akan mengalami penuaan. Tanda-tanda penuaan biasanya terlihat dari kulit yang makin menipis, muncul garis halus, flek hitam, hingga kerutan.

Salah satu cara untuk memperlambat penuaan adalah dengan menggunakan skincare yang difromulasikan untuk perawatan antiaging. Ada beberapa kandungan yang diklaim bisa membuat kulit tetap kenyal dan kencang sehingga tampak selalu awet muda.

Penasaran apa aja, simak selengkapnya yaa~

1 dari 4 halaman

1. Vitamin C

Ilustrasi Serum Vitamin C © Diadona

Secara umum, vitamin C dalam skincare seringkali dianggap berperan penting untuk mencerahkan kulit. Padahal, vitamin C ternyata juga bisa mencegah penuaan pada kulit.

Tahu nggak sih penggunaan skincare dengan kandungan vitamin C bisa membantu proses produksi kolagen yang bermanfaat membuat kulit kencang, lembap, dan terhindar dari garis halus dan keriput. Manfaat ini semakin lengkap dengan kemampuan vitamin C untuk mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

2. Retinol

Retinol dikenal sebagai zat turunan dari vitamin A yang ampuh untuk perawatan anti-aging. Retinol bisa membuat kulit jadi lembap, terhindar dari garis halus, lebih cerah, serta mencegah munculnya jerawat.

Retinol juga bersifat antiaging dan bisa memicu pembentukan kolagen. Efek dari kandungan ini terhitung cukup kuat, sehingga pemilik kulit sensitif perlu hati-hati saat memakainya.

2 dari 4 halaman

3. Ceramide

Ilustrasi Ceramide © Diadona

Sedang banyak diperbincangkan, Ceramide memang punya banyak manfaat utamanya dalam menghidrasi dan mengencangkan kulit. Ceramide sendiri merupakan kandungan lemak yang sebenarnya bisa ditemukan dalam kulit.

Dengan Ceramide, kulit akan lebih terlindungi, terhidrasi, tetap kenyal, dan terhindar dari rasa kering dan garis-garis halus. Ceramide bisa digunakan mulai remaja hingga orang dewasa.

4. Niacinamide

Niacinamide diformulasikan untuk mengurangi kerutan dan garis-garis halus di wajah. Niacinamide juga mampu mengembalikan kekenyalan kulit, sehingga cocok banget buat pemilik kulit kering.

3 dari 4 halaman

5. Bakuchiol

Ilustrasi Bakuchiol © Diadona

Bakuchiol berasal dari tanaman Psoralea corylifolia atau Babchi. Kandungan bakuchiol diklaim berguna untuk mencegah penuaan.

Bakuchiol sebenarnya adalah versi 'lembut dan ringan' dari retinol yang memang cukup keras untuk beberapa jenis kulit tertentu. Bakuchiol juga relatif lebih aman untuk pemilik kulit sensitif, serta ibu hamil dan menyusui.

6. Peptide

Peptide tergolong dalam golongan asam amino. Kandungan yang satu ini dipercaya bisa meningkatkan produksi kolagen, sehingga bisa mencegah kerutan dan membuat kulit tetap kencang.

Satu lagi manfaat dari Peptide, yakni mencerahkan dan mengurangi iritasi pada kulit.

4 dari 4 halaman

7. Hyaluronic Acid

Ilustrasi Hyaluronic Acid © Diadona

Hyaluronic Acid jadi salah satu kandungan skincare yang sedang naik daun. Kandungan ini punya kemampuan untuk menjaga kelembapan kulit dengan mengikat air di jaringan kulit.

Jika disimpulkan, Hyalurionic Acid bisa membuat kulit tetap terhidrasi, lembap, dan kencang. Nggak lupa, kandungan ini juga mampu memicu pembentukan kolagen loh~


Itu dia sejumlah kandungan skincare untuk perawatan antiaging. Gimana, mana nih yang jadi andalanmu?

Beri Komentar