Tahapan Skincare untuk Jaga Skin Barrier, Kandungan Apa Aja sih yang Diperlukan?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 22 April 2024 15:40
Tahapan Skincare untuk Jaga Skin Barrier, Kandungan Apa Aja sih yang Diperlukan?
Sebagai lapisan kulit yang memiliki berbagai manfaat, kesehatan skin barrier sangat penting untuk dijaga. Inilah tahapan skincare untuk skin barrier kamu.

Dalam dunia perawatan kulit, menjaga keutuhan skin barrier merupakan langkah penting untuk mencapai kulit yang sehat dan terawat. Skin barrier berperan penting dalam melindungi kulit dari faktor-faktor eksternal seperti polusi, sinar UV, dan iritasi.

Namun, beberapa faktor seperti penggunaan produk yang terlalu keras, paparan lingkungan yang buruk, dan penggunaan bahan kimia yang tidak sesuai, dapat merusak skin barrier sehingga menyebabkan kulit menjadi kering, sensitif, dan rentan terhadap masalah kulit. 

Dalam upaya menggunakan skincare untuk menjaga skin barrier, langkah-langkah skincare yang tepat sangatlah penting. Dari tahapan pertama yaitu membersihkan kulit dengan lembut menggunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit.

Lalu, pemilihan produk skincare yang tepat juga merupakan faktor kunci dalam menjaga kesehatan skin barrier. Memilih kandungan produk yang tepat juga merupakan hal yang nggak kalah penting loh!

1 dari 4 halaman

Kandungan Skincare yang Tepat untuk Jaga Skin Barrier 

Skincare Untuk Skin Barrier © Diadona

1. Skin barrier yang rusak biasanya akan membuat kelembapan alami pada kulit cepat menguap. Kulit akan menjadi lebih kering dan mudah mengelupas.

Maka dari itu, penting memilih skincare untuk skin barrier dengan kandungan tinggi pelembap. Kamu dapat memilih kandungan dengan bahan aktif sepert: 

  • Hyaluronic acid yang dapat menahan air agar tetap berada di dalam jaringan ikat dan kulit. 
  • Glycerin merupakan kandungan yang dapat menjaga kelembapan kulit dalam waktu yang lama serta dapat memperbaiki kondisi kulit yang kulit. 
  • Ceramide mampu mencegah terjadinya dehidrasi, iritasi, dan tanda penuaan pada kulit. 
  • Niacinamide dapat memperkuat skin barrier dengan menghasilkan ceramide yang banyak. 

2. Menenangkan kulit adalah salah satu yang dapat dilakukan untuk memperbaiki skin barrier yang rusak. Kamu perlu menenangkan kulit dengan bahan anti inflamasi dengan bahan aktif seperti:

  • Centella asiatica dalam skincare untuk skin barrier mampu menenangkan peradangan sekaligus merangsang produksi kolagen.  
  • Peptides dapat membantu menjaga skin barrier, meredakan inflamasi, dan bersifat sebagai mikroba yang dapat membunuh bakteri akibat jerawat. 
  • Ekstrak botanicals yang terbuat dari akar, bunga, kulit kayu, atau daun tanaman. Ekstrak botanicals dapat memberikan perlindungan antioksidan dengan manfaat antiinflamasi. 

3. Salah satu kandungan yang dapat memulihkan kerusakan skin barrier adalah minyak nabati. Minyak nabati mengandung antioksidan yang bermanfaat sebagai skincare untuk skin barrier.

Minyak nabati yang dapat ditemukan di skincare adalah jojoba oil, sunflower oil, marula oil, shea butter, dan coconut oil.

2 dari 4 halaman

Rangkaian Skincare untuk Skin Barrier

Setelah mengetahui ingredients yang tepat untuk menjaga skin barrier, berikut ada sejumlah rekomendasi skincare yang bisa kamu pertimbangkan.

1. NPURE Noni Probiotics 'Cleanse Me Softly' Gel Cleanser

Skincare Untuk Skin Barrier - NPURE Noni Probiotics 'Cleanse Me Softly' Gel Cleanser © Diadona

Skincare untuk skin barrier pada urutan pertama adalah gel cleanser dari NPURE. Setelah melakukan aktivitas seharian, perlu untuk membersihkan segala kotoran yang ada di kulit wajah. Produk ini memiliki pH balance, mild surfactant dan soapbark extract yang berguna untuk membersihkan kulit, dari kotoran dan debu tanpa mengganggu keutuhan skin barrier

NPURE Noni Probiotics 'Cleanse Me Softly' Gel Cleanser diperkaya dengan kandungan utama natural noni dan probiotic 9 complex yang dapat menutrisi dan menjaga keseimbangan microbiome di kulit. Kandungan berupa chamomile, bisabolol, betaine, ceramide NP, dan allantoin dapat menjaga kelembapan, menghidrasi, dan memberikan efek soothing yang dapat menenangkan kulit kering dan iritasi. (Harga Rp62.100)

2. Bioaqua 7X Ceramide Skin Barrier Repair Moisturize Toner

Skincare Untuk Skin Barrier - Bioaqua 7X Ceramide Skin Barrier Repair Moisturize Toner © Diadona

Salah satu ciri kamu perlu untuk menjaga kembali skin barrier adalah ketika kulit menjadi kering. Kamu dapat menggunakan toner dari Bioaqua ini sebagai skincare untuk skin barrier

Bioaqua 7X Ceramide Skin Barrier Repair Moisturize Toner memiliki kandungan tujuh macam ceramide yang dapat melembapkan kulit kering dan memperbaiki skin barrier yang rusak. Selain itu, skincare untuk skin barrier ini mengandung hyaluronic acid yang mampu membantu menghidrasi kulit. (Harga Rp129.999)

3. Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum 20 ml

Skincare Untuk Skin Barrier - Somethinc 5% Niacinamide Moisture Sabi Beet Serum 20 ml © Diadona

Untuk kamu yang ingin menjaga skin barrier sekaligus mencerahkan kulit, dapat menggunakan skincare untuk skin barrier dari Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum 20 ml. Dengan kandungan sabiwhite x beet mampu mencerahkan secara maksimal, mengurangi pigmentasi, memperbaiki skin barrier, menyamarkan noda hitam, melembapkan, dan mengurangi kemerahan. 

Selain itu, kandungan niacinamide-nya memiliki efek dan hasil yang lebih terlihat pada wajah. Skincare untuk skin barrier ini cocok bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, berminyak, dan berjerawat. (Harga Rp163.900)

3 dari 4 halaman

4. Skintific 5X Ceramide Barrier Moisture Gel

Skincare Untuk Skin Barrier - Skintific 5X Ceramide Barrier Moisture Gel © Diadona

Rangkaian skincare untuk skin barrier berikutnya adalah moisture gel dari Skintific. Skintific 5X Ceramide Barrier Moisture Gel merupakan produk yang menggabungkan tiga kandungan aktif ceramide, hyaluronic acid, dan centella asiatica yang dapat merawat permasalah skin barrier yang berjerawat, kemerahan, dan kering. 

Skincare untuk skin barrier ini diperkaya dengan teknologi 5X Ceramide yang merupakan gabungan lima jenis ceramide yang berguna sebagai pelembap dan dapat memperkuat lapisan epidermis kulit sehingga mampu melindungi skin barrier. (Harga Rp137.000)

5. AMATERASUN UV Sunscreen Serum SPF 50+ PA++

Skincare Untuk Skin Barrier - AMATERASUN UV Sunscreen Serum SPF 50 PA © Diadona

Untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari, kamu bisa gunakan UV Sunscreen Serum SPF 50+ PA++ dari AMATERASUN yang merupakan 7in1 vegan sunscreen serum dry touch finish. Produk ini diperkaya dengan intelligent DNA GuardianTM yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVA, UVB, kerusakan DNA kulit, radikal bebas, dan kotoran. 

Selain itu, dengan kandungan nordic cotton dan nordic spruce yang cocok sebagai skincare untuk skin barrier karena mampu menenangkan kulit yang kemerahan. (Harga Rp69.000)

4 dari 4 halaman

Nah Diazens, itulah rangkaian skincare untuk skin barrier agar terjaga dan tidak rusak. Perlu diingat kalau menjaga skin barrier adalah hal yang penting agar kulit wajah kamu dapat terlindung dari polusi dan iritasi yang berlebih.

 

Penulis: Dianra Anggarani

Beri Komentar