10 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Kering Mulai dari Facial Wash, Toner, Serum hingga Pelembab

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 29 November 2023 12:31
10 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Kering Mulai dari Facial Wash, Toner, Serum hingga Pelembab
Mengaplikasikan skincare yang tepat untuk kulit kering nggak hanya bertujuan buat ngasih kelembaban pada kulit tapi juga membantu kandungan produk setelahnya buat lebih terserap

Jangan sampai kamu mengabaikan kondisi kulit kering ya! Segera atasi dengan skincare untuk kulit kering ya! Soalnya nih walaupun dialami banyak orang, kulit kering membuat nggak cuman berpengaruh pada tampilan aja tapi juga banyak hal lainnya.

Dikutip dari Medical News Today, secara alami, kulit menghasilkan minyak yang dihasilkan oleh sebum. Sebum ini menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan melindungi sel dari infeksi. Saat kulit memproduksi terlalu banyak minyak, maka hal ini bisa memicu terjadinya jerawat. 

Tapi bila kulit tak cukup memproduksi sebum, maka kulit bisa kering.

Kulit kering bisa terasa gatal, bisa terlihat berisik, bergelombang dan warna kulit tidak merata. Kulit yang kering akan tampak kusam dan juga kasar.

Meskipun demikian, penggunaan skincare untuk kulit kering itu sebenarnya sebagai faktor pendukung untuk melembabkan kulitmu. Dikutip dari Siloam Hospital, ada beberapa cara untuk mengatasi kulit kering, antara lain:

  • Rutin membersihkan kulit
  • Mengonsumsi air putih dengan takaran normal, yaitu dua liter sehari.
  • Menggunakan skincare untuk kulit kering, seperti pelembab
  • Pola makan yang teratur dan bergizi
  • Rajin melakukan eksfoliasi
  • Kulit tidak terpapar langsung dengan udara dingin

Nggak perlu khawatir tentang permasalahan kulit kering. Diadona bakal memberikan 10 rekomendasi skincare untuk kulit kering mulai dari brand lokal hingga brand luar negeri yang bisa kamu pilih dengan pertimbanganmu. 

Yuk simak perawatan kulit kering dan juga rekomendasi produknya.

1 dari 4 halaman

Cuci Muka dengan Produk yang Lembut

 Cuci Muka dengan Produk yang Lembut © Diadona

Pemilik kulit kering harus tau banget produk pembersih wajah yang yang lembut dan melembabkan yang membantu memperbaiki dan menutrisi kulit kering. 

Kunci dari menemukan pembersih wajah yang tepat untuk kulit kering adalah dengan menghindari bahan keras (seperti surfaktan) yang menghilangkan minyak alami pada kulit. Kabar baiknya nih, saat ini udah banyak produk kecantikan yang bikin formulasi pemilik kulit kering. 

Dilansir dari Today, produk pembersih wajah untuk kulit kering biasanya memiliki label 'menghidrasi', 'melembabkan', 'lembut', dan 'bebas pewangi'.

Kebanyakan face wash untuk kulit kering juga memiliki bahan tambahan bermanfaat yang mempertahankan kelembapan kulit seperti ceramide, asam hialuronat, lipid, gliserin, ekstrak oat, dan lidah buaya.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser © Diadona

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Formulanya lembut, tapi mampu menghilangkan kotoran, riasan dan kotoran.

Sebagai pembersih wajah untuk kulit kering, Cetaphil Gentle Skin Cleanser mengandung campuran niacinamide yang didukung dengan sains, panthenol (pro-vitamin B5) dan gliserin yang menghidrasi untuk membantu meningkatkan ketahanan kulit sensitif. Nggak hanya untuk kulit kering, Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga aman banget untuk kulit sensitif.

Harga : Rp142.000

Skincare untuk Kulit Kering - Hada Labo Ultimate Moisturizing Gokujyun Face Wash © Diadona

Hada Labo Ultimate Moisturizing Gokujyun Face Wash

Produk sabun pembersih wajah, skincare untuk kulit kering ini memiliki hyaluronic acid sebanyak dua jenis. Hyaluronic acid ini berfungsi untuk mengangkat kotoran dan minyak tanpa bikin kulit kamu kering.

Selain itu, sabun pembersih wajah ini juga punya pH yang sesuai dengan kulit manusia. Nah, saat menggunakan skincare ini lebih baik kamu menghindari area dekat dengan mata, ya!

Rp30.000

Skincare untuk Kulit Kering - Erha21 Erha 1 Facial Wash For Normal and Dry Skin © Diadona

Erha21 Facial Wash For Normal & Dry Skin

Skincare untuk kulit kering yang ini punya banyak benefit dalam satu produk. Misalnya, kandungan aloe vera dan witch hazel distillate yang berperan sebagai soothing agent untuk mengurangi peradangan kulit.

Kandungan aloe vera juga berfungsi untuk menjaga hidrasi kulit sehingga kulit kamu tetap lembap. Selain itu, terdapat niacinamide untuk mengencangkan kulit dan merawat skin barrier.

Terakhir, skincare ini juga dilengkapi dengan AHA yang mengeksfoliasi kulit.

Rp84.000

Skincare untuk Kulit Kering - Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash © Diadona

Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash

Untuk produk drugstore yang murah dan mudah ditemukan, kamu bisa coba produk Wardah ini. Kandungan aloe vera di dalamnya bertugas sebagai pelembab dan penenang untuk tipe kulit wajah yang kering serta iritasi. 

Trus kombinasi kandungan bahan pelembab dengan Natural Moisturizing Factor (NMF) bakalan ngasih kelembaban ekstra sepanjang hari tanpa bikin lengket di wajah.

Rp25.000

2 dari 4 halaman

Tenangkan Kulit dengan Toner untuk Kulit Kering

 Skincare untuk Kulit Kering.jpg - Tenangkan Kulit dengan Toner © Diadona

Secara tradisional, toner umumnya digunakan untuk kulit berminyak karena kandungan alkohol dan astringen yang menghilangkan minyak dalam kulit.

Tapi saat ini udah banyak formulasi toner yang diciptakan sebagai rangkaian skincare untuk kulit kering. Kuncinya adalah formula bebas alkohol dan bahan-bahan yang menghidrasi seperti asam hialuronat, gliserin , air mawar, atau lidah buaya.

Saat memilih toner untuk kulit kering, pastikan ada label dengan jenis hydrating toner karena mampu menghidrasi kulit dengan efektif. Dua bahan aktif yang aman untuk kulit kering yaitu ceramide dan hyaluronic acid yang berperan sebagai humektan yang bekerja menarik air dan mempertahankan air.

Skincare untuk Kulit KEring - Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion © Diadona

Gokujyun Ultimate Premium Moisturizing Lotion

Namanya memang lotion, tapi itu merupakan penyebutan skincare Jepang untuk toner. Sebagai skincare untuk kulit kering, Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion ini diperkaya dengan tiga jenis hyarulonic acid yaitu hyarulonic acid, improved hyarulonic acid dan juga nano hyarulonic acid.

Ketiganya mampu meresap ke dalam kulit, mengunci kelembabannya sehingga kulit jadi halus dan elastis.

Harga : Rp73.000

Skincare untuk Kulit KEring - Wardah Hydra Rose Petal Infused Toner © Diadona

Wardah Hydra Rose Petal Infused Toner

Hydrating Active di dalamnya bekerja dengan mengembalikan skin barrier yang rusak, menenangkan serta mengembalikan hidrasi/kelembaban optimal kulit wajah agar siap menyerap nutrisi dari produk skin selanjutnya. Toner dengan kelopak bunga mawar di dalamnya ini diklaim mampu menjaga kelembaban kulit sampai 72 jam lho!

Harga : Rp127.500

3 dari 4 halaman

Aplikasikan Serum untuk Kulit Kering Agar Kulit Terasa Elastis dan Lembut

Skincare Serum untuk Kulit Kering © Diadona

Serum yang ringan dan cepat menyerap harus banget masuk dalam rutinitas perawatan kulit harian kamu, nggak peduli apapun jenis kulitnya. Serum hidrasi yang baik akan ngasih kelembaban yang mendalam, tahan lama, sehingga bikin kulit lebih lembut, kenyal dan bercahaya.

Trus ternyata nih dikutip dari Vogue, hydrating serum ternyata bisa bikin perawatan kulit kamu selanjutnya jadi lebih efektif. Bahan-bahan dalam hydrating serum membantu mengirimkan bahan-bahan aktif pada skincare setelahnya untuk bisa masuk lebih jauh ke dalam lapisan kulit.

Berikut ini rekomendasi hydrating serum untuk kulit kering yang bisa kamu coba :

Skincare untuk Kulit KEring - Somethinc Hyaluronic B5 © Diadona

Somethinc Hyaluronic B5 

Somethinc Hyaluronic B5 punya kandungan utama 2 persen dari 9 jenis Hyaluronic (Full Active Ingredients) + B5 yang punya peran penting dalam menjaga kelembabn kulit seklaigus meningkatkan produksi kolagen. Sebagai serum untuk kulit kering, Somethinc Hyaluronic B5 mengunci kelembaban maksimal hingga 48 jam ke lapisan kulit terdalam

Harga : Rp115.000

Skincare untuk Kulit Kering - Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence © Diadona

Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence

Rekomendasi produk serum untuk kulit kering selanjutnya adalah Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence. Produk ini mengandung ekstrak Chamomile oil dan ETVC sebagai formula andalan.

Kandungan terbaik dalam Avoskin Hydrating Treatment Essence membuat produk nggak cuman bisa jadi serum untuk kulit kering, tapi juga bisa jadi micro essence, face mist, hydrating toner, dan setting spray.

4 dari 4 halaman

Pelembang yang Mengunci Hidrasi

Pelembab untuk Kulit Kering yang Mengunci Hidrasi © Diadona

Mencuci muka dengan pelembab yang lembut, menghindari eksfoliasi berbahan keras dan menggunakan pelembab memang cuman beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kulit kering. Tapi paing nggak, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan pelembab dengan kualitas terbaik yang bisa kamu temukan.

Pelembab yang baik nggak cuman membawa kelembaban tersebut di bagian permukaan kulit aja. Untuk kulit kering, pilih pelembab dengan kandungan emolien, yang merupakan bahan penyekat untuk menjaga kelembapan,  oklusif untuk menciptakan penghalang fisik untuk mencegah dehidrasi dan juga humektan, yang bertugas menarik kulit dan menjaga kelembaban.

Berikut ini Diadona kumpulkan rekomendasi produknya :

Wardah Hydrating Aloe Gel © Diadona

Wardah Hydrating Aloe Gel

Memiliki kandungan ekstrak lidah buaya, Wardah hydrating aloe gel jadi pelembab untuk kulit kering pertama yang harus kamu coba. Dengan produk ini kulit kamu bakal tetap lembab tanpa adanya rasa lengket. 

Skincare ini punya tiga kandungan utama yang berisikan ekstrak lidah buaya, triple humectant system, dan triple shooting agent. Produk ini juga aman untuk jenis kulit apapun dan bisa digunakan pada semua area kulit.

Skincare untuk Kulit Kering - The Originote Hyalucera Moisturizer © Diadona

The Originote Hyalucera Moisturizer

Produk pelembab dari The Originote ini sempat viral banget beberapa waktu yang lalu karena kualitas dan harganya yang terjangkau. Khusus untuk kamu pemilik kulit kering, kayaknya varian The Originote Hyalucera Moisturizer ini akan cocok buat kamu karena punay hidrasi yang bagus banget dan nggak cepat menguap.

Harga : Rp42.000

Skincare untuk Kulit Kering - Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel © Diadona

Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel

Diklaim dapat melembabkan dan menguatkan skin barrier, skincare untuk kulit kering  satu ini punya formula yang super lengkap. Skincare ini punya 10 advanced skin-loving ingredients serta telah diuji kelembapannya.

Produk ini juga punya beberapa bahan aktif, seperti ceramide dan sodium hyaluronate yang katanya nih bisa mengunci kelembaban hingga 24 jam, lho. Tertarik untuk mencoba?

Harga : Rp290.000

Skincare untuk Kulit Kering - Avoskin Glow Concentrate Treatment 2 Persen Aqua Ceramide Multi Probio © Diadona

Avoskin Glow Concentrate Treatment 2% Aqua Ceramide + Multi Probiome + Hyaluronic Acid

Masuk dalam series your skin bae, produk skincare untuk kulit kering dari avoskin ini jadi rekomendasi selanjutnya. Anyway, skincare yang satu ini kini hadir dengan ukuran mini size serta travel friendly. Merupakan moisturizer dengan water based, produk Avoskin ini memiliki tekstur gel yang mudah diserap oleh kulit.

Nah, skincare ini juga dilengkapi dengan aqua ceramide yang memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan serta merawat skin barrier.

Harga : Rp287.000

Skincare untuk Kulit Kering - Whitelab Cera-Mug Barrier Moisturizing Gel © Diadona

Whitelab Cera-Mug Barrier Moisturizing Gel

Masih dengan rekomendasi skincare untuk kulit kering brand lokal, produk ini disebut memiliki kemampuan untuk menjaga kelembapan hingga 48 jam! Skincare ini juga memiliki kandungan grape fruit extract yang menutrisi serta mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan ceramide pada produk ini punya fungsi untuk merawat skin barrier kamu.

Harga : Rp100.000

Skincare untuk Kulit Kering - Skin Aqua UV Moisture Milk © Diadona

Skin Aqua UV Moisture Milk

Dengan SPF 50+ serta PA+++ kulit kamu akan terlindung dari paparan sinar UV-B dan UV-A. Skin aqua UV moisture milk disebut memiliki perlindungan 50x lebih lama pada sinar UV-B. FYI, sinar UV-B bisa bikin kulit kamu merah karena panasnya sinar matahari.

Skincare ini juga dilengkapi dengan improved hyaluronic acid yang menjadikannya sebagai skincare untuk kulit kering. Cocok untuk seluruh jenis kulit dan punya ketahanan terhadap sinar matahari, produk ini nggak boleh kamu lewatkan.

Harga : Rp52.000

Vaseline Petroleum Repairing Jelly © Diadona

Vaseline Petroleum Repairing Jelly

Terdiri atas dua ukuran, yakni 50 ml dan 100 ml, produk yang satu ini sering disebut-sebut susah habis karena isinya yang banyak, lho. Skincare untuk kulit kering ini bisa kamu aplikasikan pada berbagai area kulit tubuh kamu.

Kandungan 100% petroleum jelly pada produk ini bikin kamu nggak merasakan reaksi alergi. Vaseline petroleum repairing jelly juga diklaim bisa mengurangi munculnya garis halus dan kering. 

Skincare ini juga punya fungsi lain yang mungkin nggak kamu bayangkan, yaitu dapat menyembuhkan luka gores kecil, benar-benar multifungsi ‘kan?

Harga : Rp34.900

Skincare untuk Kulit Kering - Laneige Water Bank Sleeping Mask © Diadona

Laneige Water Bank Sleeping Mask

Kalau skincare untuk kulit kering yang satu ini berupa water sleeping mask. Terutama buat kamu yang punya kulit kering dan kusam, skincare ini cocok buat kamu gunakan.

Dengan klaim perawatan wajah selama lima detik, wajah kamu akan lebih cerah dan terhidrasi saat bangun di pagi hari. Selain itu, sleeping mask ini juga bikin kulit kamu terlihat lebih kenyal dan kencang juga.

Harga : Rp25.000

Ngomongin tentang kelembapan kulit, udah pasti nggak bakal jauh-jauh dari air yang punya fungsi untuk menghidrasi. Selama kamu mengonsumsi air putih yang cukup dan rajin menggunakan skincare untuk kulit kering, permasalahan kulit kering kamu pasti berkurang seiring berjalannya waktu.

Penulis : Alvita Maharani

Beri Komentar