9 Manfaat Hand Cream yang Sering Dilewatkan, Bantu Cegah Penuaan Dini Kulit Tangan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 21 November 2023 02:00
9 Manfaat Hand Cream yang Sering Dilewatkan, Bantu Cegah Penuaan Dini Kulit Tangan
Di antara manfaat hand cream adalah bikin kulit halus dan tampak lebih muda karena kulit tangan jadi lembab dan ternutrisi

Umumnya orang-orang hanya fokus menggunakan body lotion atau body serum untuk mencerahkan kulit aja, padahal pakai hand cream ternyata penting untuk merawat kulit tangan lho!

Tangan adalah anggota tubuh yang sering banget digunakan untuk beraktivitas sehari-hari, maka dari itu pertumbuhan sekaligus penurunan fungsi kulit tangan ini juga cepat terjadi.  Dengan menggunakan hand cream, kamu bisa memperlambat terjadinya penurunan fungsi sekaligus menjaga kesehatan kulit tanganmu. 

Dikutip dari berbagai sumber, Diadona udah rangkum beberapa manfaat hand cream buat dipakai setiap hari. Yuk simak!

 

1 dari 4 halaman

Manfaat Hand Cream © Diadona

Menjaga Tangan Agar Tetap Bersih

Seperti yang kita tahu, tangan tuh sarangnya kuman. Bahkan bakteri di tangan kamu bisa mencapai jumlah 39.000 lho.

Nah, mengaplikasikan hand cream tuh bisa bikin tangan kita tetap higienis karena mengandung anti bakteri yang mencegah kuman untuk tetap di tangan kamu. Tentunya manfaat hand cream ini bsia kamu dapatkan dengan juga mencuci tangan menggunakan sabun ya!

Kulit Tangan Lebih Lembab

Sadar nggak sih, kalau kulit tangan kamu lebih gampang kering daripada area kulit yang lain? Nah, penyebabnya  karena kulit tangan punya saluran minyak yang lebih kecil. Ini juga yang bikin kulit tangan kita lebih cepat menua daripada yang lain.

Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kelembapan kulit tangan. Kulit yang lembab berarti berpotensi lebih sedikit kerutan, menjaga skin barier dan kulit akan terlihat lebih muda. 

Tangan Menjadi Terawat

Nah, selain bikin kulit tangan kamu lembag, manfaat hand cream juga bikin kulit tangan kamu lebih terawat lho. Mengingat kulit tangan merupakan area yang paling sering terkena air dan cairan kimia, kamu perlu hand cream untuk melindungi lapisan kulit kamu. Selain itu, hand cream mengandung vitamin E  yang bisa membuat bekas luka memudar.

2 dari 4 halaman

 Manfaat Hand Cream © Diadona

Menjaga Kuku Tetap Sehat

Kuku dan kutikulamu juga bisa kamu oleskan hand cream lho. Kedua area ini rentan banget sama infeksi bakteri dan jamur apalagi pas musim hujan kayak sekarang ini. Hand cream yang melembabkan bisa menjauhkan kuku dan kutikula dari kuman serta kotoran.

Terlindung dari Paparan Sinar UV

Mirip wajah, tangan juga sering banget terkena paparan sinar UV. Nah, tentunya kamu perlu perlindungan dong agar kulit tanganmu nggak rusak karena jahatnya sinar UVA dan UVB matahari.

Selain bikin kulit tangan menjadi belang dan gelap, sinar matahari juga penyebab dari keriput di pergelangan tangan dan paling parah menyebabkan kanker kulit. Ada lho beberapa produk hand cream yang memiliki SPF. Semakin tinggi SPF maka kulit tanganmu akan semakin terlindungi juga.

3 dari 4 halaman

Manfaat Hand Cream © Diadona

Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini juga bisa dimulai dari area tangan, lho. Seiring berjalannya waktu kulit kamu akan semakin menipis dan punggung tanganmu yang semula memiliki lemak akan berkurang. Sehingga menggunakan hand cream bisa mencegah terjadinya penuaan dini.

Memperbarui Sel-sel Kulit

Hand cream mengandung vitamin C yang mendorong terjadinya regenerasi sel-sel kulit mati. Ini adalah salah satu manfaat hand cream yang berguna banget buat kulit tanganmu karena bikin kulit semakin sehat.

Selain itu, vitamin C juga bisa membuat kulitmu yang awalnya belang menjadi lebih cerah. Kulit tangan juga bisa semakin halus dan lembut.

4 dari 4 halaman

Manfaat Hand Cream © Diadona

Pewangi Tangan

Punya tekstur yang pekat, hand cream biasanya juga disertai dengan kandungan fragrance. Biasanya, setelah kamu membersihkan tanganmu, kamu bakal mencium aroma wangi dan tentunya dengan daya tahan yang awet juga.

Mengembalikan Kulit Seperti Sedia Kala

Mengingat tangan kita yang sering banget dipakai untuk berbagai aktivitas, pastinya tangan kamu kerap kali mengalami kerusakan. Nah, manfaat hand cream adalah bisa membuat kulit kamu jadi kembali sehat, walaupun nggak persis sama kulit kamu sebelum rusak

Sekarang kamu udah tahu ‘kan kalau hand cream itu juga nggak kalah penting. Kalau gitu tunggu apalagi yuk cepat-cepat pergi toko kecantikan dekat rumahmu dan beli hand cream!

Penulis : Alvita Maharani

Beri Komentar