Ternyata Kulit Bisa Mencapai Titik Jenuh, Perlu Nggak sih Libur Pakai Skincare dan Kosmetik?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 6 Juni 2022 12:15
Ternyata Kulit Bisa Mencapai Titik Jenuh, Perlu Nggak sih Libur Pakai Skincare dan Kosmetik?
Yuk, kenali tanda-tanda kulit perlu 'holiday period'

Semakin bertambahnya usia, seseorang seringkali makin banyak mengenakan produk-produk perawatan untuk kulit. Mulai dari untuk menjaga kebersihan kulit, kelembapan kulit, bahkan untuk menjaga kulit tetap awet muda.

Skincare memang diformulasikan untuk membantu meningkatkan kinerja kulit yang cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Bagi sebagian orang, berhenti memakai skincare akan membuat kulit kembali ke kondisi semula atau malah jadi lebih buruk.

1 dari 4 halaman

Tapi, pernah nggak sih kamu mendengar istilah kulit mencapai titik jenuh? Kondisi ini memang sering dipertanyakan, tapi sebenarnya sangat mungkin terjadi.

Melansir dari akun instagram @careskinmedia, beberapa bahan aktif dalam skincare, terutama yang berfungsi untuk mencerahkan (brightening), kadang bisa membuat kulit menjadi jenuh. Kalau udah masuk tahap ini, biasanya kulit memerlukan 'holiday period'.

2 dari 4 halaman

Menurut ulasan dalam Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition, banyak ahli yang menyarankan 'holiday period' setiap 3-6 bulan sekali dari pemakaian bahan aktif. Tujuannya untuk membantu kulit terhindar dari kondisi tachyphylaxis.

Tachyphylaxis adalah fenomena toleransi terhadap aksi obat yang muncul secara akut dan cepat. Kondisi ini disebabkan oleh kontak yang terlalu lama dengan stimulan atau bahan yang sama. Hal ini ditandai dengan penurunan efek obat tersebut (desensitisasi).

3 dari 4 halaman

'Holiday period' memang bukan hal yang wajib dilakukan oleh seseorang yang rajin memakai skincare. Pasalnya, belum ada standar seperti dari segi formulasi atau persentasenya bagaimana.

Tapi, kalau memang kamu ingin melakukan 'holiday period', sebenarnya kamu masih bisa menggunakan skincare yang paling minimalis. Kamu bisa mengenakan Ascorbic Acid yang bisa menghambat enzim tirosinase (berperan dalam produksi melanin, pewarna kulit).

Beri Komentar