9 Rekomendasi Shampoo untuk Rambut Cepat Panjang dan Anti Rontok

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 18 September 2023 06:22
9 Rekomendasi Shampoo untuk Rambut Cepat Panjang dan Anti Rontok
Shampoo untuk memanjangkan rambut biasanya menggunakan bahan-bahan yang nggak hanya membuat rambut lebih cepat panjang tapi juga mencegah rambut rontok

Shampoo untuk memanjangkan rambut merupakan salah satu kelebihan shampoo yang banyak dicari. Kadang kamu mencarinya ketika model rambutmu saat ini tak sesuai dengan keinginanmu atau mengalami rontok parah dan bikin rambut jadi terlihat tipis dan lepek.

Dilansir dari jurnal yang berjudul Shampoo and Conditioners: What a Dermatologist Should Know?, shampoo adalah produk perawatan rambut yang diformulasikan untuk membersihkan kulit kepala dan rambutnya. Selain membersihkan rambut, shampoo untuk memanjangkan rambut juga merupakan fungsi lain dari shampoo. 

 

1 dari 4 halaman

Kalau kamu menggunakan shampoo untuk memanjangkan rambut, kamu juga perlu bersabar karena nggak ada shampoo yang memberikan hasil secara instan. Kamu perlu melakukan keramas sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu. 

Selain itu, dilansir dari Dove, rambut setiap orang punya kecepatan yang berbeda dalam pertumbuhannya. Biasanya, 0,5 - 6 inci merupakan rata-rata umum pertumbuhan rambut manusia. Oleh karena itu, kalau kamu melihat temanmu memakai produk yang sama, tetapi dia pertumbuhannya lebih cepat, jangan iri karena pertumbuhan rambut manusia itu berbeda-beda.

 

2 dari 4 halaman

Shampoo untuk Memanjangkan Rambut dengan Cepat © Diadona

Cara Memanjangkan Rambut

Selain menggunakan shampoo untuk memanjangkan rambut, ada beberapa cara untuk memanjangkan rambut, loh, Diazens. Berikut cara memanjangkan rambut yang dilansir dari TRESemme:

Pola Makan sehat

Kamu sering banget makan-makanan nggak sehat kaya seblak dan fast food lainnya? Kalau iya, kurang-kurangin, deh. Makanan tidak sehat bisa bikin rambutmu panjang lebih lama. Kamu bisa makan-makanan dengan kandungan protein, vitamin, dan mineral.

Kandungan mineral yang kamu butuhkan adalah biotin, vitamin A, C, D, E, zat besi, dan omega-3. Intinya, kamu bisa menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna. Pola makan sehat bisa memberikan nutrisi di setiap helai rambutmu.

Rajin Potong Rambut

Banyak yang mengira potong rambut secara teratur malah membuat rambut semakin pendek. FYI, memotong cabang rambutyang rusak justru membuat rambut kamu lebih cepat panjang! Cabang rambut yang rusak adalah penyebab lamanya pertumbuhan rambut kamu. 

Selain itu, cabang rambut yang rusak juga bertanggung jawab atas menipisnya helai rambut kamu. Nggak banget, ‘kan? Kalau rambut kamu bercabang kaya gitu, mending sekarang kamu cepat-cepat ke salon buat memotongnya, deh.

Gunakan Conditioner

Selain menggunakan shampoo untuk memanjangkan rambut, kamu perlu melengkapi rangkaian haircaremu dengan conditioner. Conditioner memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan rambut dan menghindari terjadinya kerontokan rambut. Rangkaian ini cocok buat kamu yang mau manjangin rambut.

Jangan Menutup Rambut dengan Handuk

Hal ini bisa membuat helai kecil rambutmu tertinggal di handuk dan berakibat terjadinya rontok pada rambutmu. Kalau kamu terusin, ini bakal menghambat pertumbuhan rambut. Jadi, stop menutup rambutmu yang masih basah dengan handuk setelah keramas.

Stop Menyisir Rambut saat Basah

Kalau lagi buru-buru banget daripada memakai hair dryer, kamu pasti pernah memilih untuk langsung menyisirnya karena lebih hemat waktu. Nyatanya, menyisir rambut waktu masih basah itu jelek bangt buat kesehatan rambut!

Rambut yang masih basah lebih mudah terjadi kerusakan. Kamu perlu membiarkan rambutmu untuk mengering sebelum menyisirnya. Kamu juga bisa menggunakan sisir dengan gigi yang lebar agar terhindar dari kerontokan.

Hindari Stress

Shampoo untuk memanjangkan rambut aja nggak cukup kalau kamu masih merasakan stres. Stres bisa memberikan dampak negatif pada rambut. Jika rambutmu tiba-tiba semakin kusam, bisa saja kamu lagi ada di fase stres. Kamu bisa melakukan aktivitas yang dapat mengurangi stresmu, seperti istirahat yang cukup dan berolahraga.

3 dari 4 halaman

Shampoo untuk Memanjangkan Rambut dengan Cepat © Diadona

Rekomendasi Shampoo untuk Memanjangkan Rambut

Selain step-step yang udah disebutkan di atas, kamu juga bisa menggunakan produk shampoo untuk memanjangkan rambut, loh, Diazens!

1. Mane N Tail Original Shampoo

Shampoo ini sering diberi sebutan shampoo kuda karena logo produknya yang mencantumkan gambar kuda. Produk ini mengklaim sebagai shampoo untuk memanjangkan rambut dan telah terbukti. Selain memanjangkan rambut, Mane N Tail Original Shampoo juga bisa membuat rambut lebih tebal dan sehat.

Banyak orang telah menggunakan produk ini dan menyatakan bahwa produk ini sangat bagus. Kelebihan dari produk ini, yakni:

  • Mempercepat dalam menumbuhkan rambut.
  • Membuat rambut terlihat lebih bervolume
  • Rambut lebih lebat

Kalau kamu ingin membeli produk ini, kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp200.000.

2. TRESemmé Hair Fall Control

Shampoo untuk memanjangkan rambut selanjutnya adalah TRESemmé Hair Fall Control. Produk ini dapat 10x mengurangi rambut rontok. Dengan kandungan chia seeds, rambut kamu bisa lebih maksimal saat tumbuh karena chia seeds mengandung 23% protein. Menurut reviewer, produk ini memiliki beberapa kelebihan, seperti:

  • Rambut menjadi lebih lembut
  • Menguatkan rambut dan mengurangi kerontokan rambut
  • Nggak membuat rambut lepek

Produk ini memiliki harga yang cukup terjangkau berkisar Rp42.000.

3. Black Magic Kemiri Shampo

Black Magic Kemiri Shampo adalah sampo yang mengandung minyak kemiri, minyak zaitun, moluccana oil, seledri, dan lidah buaya. Minyak kemiri dipercaya dapat memanjangkan rambut, sedangkan bahan alami lainnya dapat membuat rambut menjadi halus, lembut, dan berkilau.

Sampo ini aman digunakan untuk pria, wanita, dan anak-anak karena terbuat dari bahan alami. Sampo ini dikemas dalam botol berukuran 250 ml dan dijual dengan harga Rp50.000.

4. Sariayu Shampoo Lidah Buaya

Sebagai salah satu merk kecantikan terkemuka, Sariayu dikenal penggunaan bahan-bahan alaminya. Nah apakah kamu penggemar merk ini? Udah nyobain Shampoo dari Sariayu untuk menyehatkan dan menguatkan rambut dan membuatnya cepat panjang?

Ekstrak lidah buaya di dalamnya dapat merangsang pertumbuhan rambut baru dengan cepat, menyeimbangkan pH rambut, memperkuat akar, mengatasi rasa gatal, dan mengurangi ketombe. Sampo ini dibanderol seharga Rp22.000 untuk kemasan 170 ml.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Rambut Berkilau © Diadona

5. L'Oréal Paris Elseve Hyaluron Moisture Shampoo

Produk ini mengklaim dapat menjaga kelembapan rambut selama 72 jam. Pada produk ini juga terdapat kandungan hyaluronic acid. L'Oréal Paris Elseve Hyaluron Moisture Shampoo cocok banget buat jadi shampoo untuk memanjangkan rambut andalan kamu karena memiliki kelebihan:

  • Tidak membuat kering
  • Rambut jadi lebih mudah diatur
  • Tidak membuat rontok

Kamu tertarik dengan produk ini? Jangan lupa untuk menyiapkan uang sebesar Rp79.000

6. Shampo Klorane

Shampoo Klorane adalah shampoo penumbuh rambut dan membuat rambut cepat panjang yang diperkaya vitamin B dan quinine. Dua bahan utama ini berfungsi untuk menguatkan akar rambut dan mengembalikan energi rambut

Sebanyak 84% responden yang udah mencoba shampoo untuk memanjangakan rambut ini merasa rambut mereka jadi kuat dan sehat. Trus juga mengurangi jumlah rambut patah secara signifikan setelah 12 kali pemakaian.

Penggunaan sampo ini secara rutin dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang lebih kuat. Sampo Klorane dibanderol seharga Rp112.000 dan bebas dari kandungan SLS.

Setiap produk shampoo untuk memanjangkan rambut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu kira-kira mau beli produk yang mana, nih?

7. Dove Intensive Hair Fall Treatment

Shampoo untuk memanjangkan rambut kali ini mengklaim dapat 98% mencegah rambut rontok. Dengan menggunakan produk ini, kamu akan kembali mendapatkan rambut sehat dengan kekuatan 10 kali lebih kuat daripada sebelumnya.

Pencegahan rambut rontok ini terdapat dalam kandungannya, yaitu nutrilock active. Beberapa kelebihan dari produk ini :

  • Tidak menimbulkan ketombe dan gatal
  • Memperbaiki kerusakan rambut
  • Membuat rambut semakin lembut

Produk ini dibanderol dengan harga berkisar Rp17.800

8. Sunsilk Thick & Long

Produk terakhir dari shampoo untuk memanjangkan rambut adalah Sunsilk Thick & Long. Shampoo ini memiliki kandungan biotin yang digunakan untuk memanjangkan rambut. Selain itu, produk ini mengklaim dapat membuat rambut kamu dua kali lebih panjang dan lebat.

Kelebihan dari produk ini, yaitu:

  • Sangat cepat dalam menumbuhkan rambut
  • Rambut tidak mudah rontok
  • Tidak mudah lepek

Kalau kamu tertarik produk ini, uang yang perlu kamu siapkan berkisar Rp24.000 untuk 170 ml.

9. Erhair Hairgrow Shampo

Merupakan sampo penumbuh rambut dan pencegah kerontokan yang dirilis oleh klinik kecantikan Erha. Shampo ini mengandung ekstrak biji labu, ginseng, dan niacinamide, yang dapat menumbuhkan rambut baru dan mengurangi kerontokan.

Sampo ini aman digunakan setiap hari dan dijual dengan harga sekitar Rp65.000.

Setiap produk shampoo untuk memanjangkan rambut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu kira-kira mau beli produk yang mana, nih?

Penulis : Alvita Maharani

Beri Komentar