Serupa tapi Tak Sama, Ini 5 Jenis Parfum Berdasarkan Ketahanan Wanginya

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 30 Desember 2021 19:15
Serupa tapi Tak Sama, Ini 5 Jenis Parfum Berdasarkan Ketahanan Wanginya
Ada yang awet beberapa jam, ada pula yang tahan seharian!

Parfum adalah salah satu hal penting untuk menunjang penampilan seseorang. Parfum bisa dikenakan oleh laki-laki maupun perempuan, serta usia muda atau dewasa.

Bicara soal parfum, ternyata ada beragam jenis yang masih sering disalahpahami. Ternyata, jenis-jenis parfum dibedakan berdasar ketahanan wanginya. Ada yang bisa bertahan dalam hitungan jam, tapi ada juga yang bisa awet hingga seharian.

Untuk menambah pengetahuanmu tentang parfum, berikut beberapa jenisnya yang bisa kamu pahami. Simak selengkapnya ya!

1 dari 6 halaman

1. Extrait de Parfum (Parfume)

Ilustrasi Extrait de Parfum © Diadona

Jenis yang pertama adalah Extrait de Parfum atau bisa disebut Parfume saja. Jenis yang satu ini, punya ketahanan wangi yang paling tinggi.

Biasanya, Extrait de Parfum mengandung 20-30% konsentrasi aroma dan kandungan alkohol yang lebih sedikit dari jenis lainnya. Alhasil jika dipakai, wanginya bisa bertahan seharian, tapi juga tergantung pada kualitas parfum itu sendiri.

2 dari 6 halaman

2. Eau de Perfume (EDP)

Ilustrasi Eau de Perfume © Diadona

Jenis kedua ini mungkin lebih sering kamu dengar, yakni Eau de Perfume. Jenis yang satu ini biasanya disingkat sebagai EDP dalam obrolan sehari-hari.

EDP adalah jenis parfum yang memiliki konsentrasi aroma sebanyak 15-20%. Umumnya, parfum dengan tipe EDP ini akan bertahan hingga 8 jam usai pemakaian.

3 dari 6 halaman

3. Eau de Toilette (EDT)

Ilustrasi Eau de Toilette © Diadona

Selain EDP, EDT juga sering diperbincangkan masyarakat. EDT merupakan singkatan dari Eau de Toilette.

EDT biasanya memiliki wangi yang lebih ringan daripada Extrait de Parfum dan EDP, karena hanya mengandung konsentrasi aroma seitar 5-15%. Soal ketahanan wanginya, biasanya EDT akan tetap awet antara 4-7 jam setelah digunakan.

4 dari 6 halaman

4. Eau de Cologne (EDC)

Ilustrasi Eau de Cologne © Diadona

Jenis berikutnya adalah Eau de Cologne atau yang biasanya disingkat dengan EDC. Konsentrasi aroma yang terkandung dalam EDC juga terhitung cukup kecil, yakni antara 2-4% saja.

Umumnya, parfum bertipe EDC akan dikemas dalam botol besar. Namun, ketahanan wanginya hanya mencapai 2-3 jam usai disemprotkan. Alhasil, kamu harus re-apply agar wanginya nggak menghilang.

5 dari 6 halaman

5. Eau Fraiche

Jenis yang paling terakhir adalah Eau Fraiche. Di dalamnya, hanya terkandung 1-3% konsentrasi aroma.

Selain konsentrasi aromanya paling kecil, Eau Fraiche juga menggunakan campuran berupa air bukannya alkohol. Bisa dibilang, jenis yang satu ini hanya akan bertahan 1-2 jam saja.

Beri Komentar