Sering Terjadi tapi Nggak Disadari, Ini 4 Kesalahan Utama saat Mencuci Wajah

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 1 Agustus 2022 10:00
Sering Terjadi tapi Nggak Disadari, Ini 4 Kesalahan Utama saat Mencuci Wajah
Yakin caramu mencuci wajah udah benar?

Mencuci wajah jadi salah satu tahapan perawatan kulit wajah, yang bisa dilakukan semua kaum dari perempuan hingga laki-laki. Secara umum, mencuci wajah bertujuan untuk membersihkan permukaan wajah dari debu dan kotoran yang masih menempel dan tersisa.

Meski mencuci wajah sudah jadi kebiasaan dan terhitung sebagai kegiatan yang mudah, tapi masih ada aja yang melakukannya dengan cara yang salah. Seringkali, kesalahan-kesalahan ini nggak disadari sehingga tetap meninggalkan efek negatif untuk kulit.

Lantas, kesalahan apa aja yang masih terjadi dalam mencuci wajah? Simak selengkapnya ya!

1 dari 5 halaman

1. Membersihkan dengan tangan yang kotor

Ilustrasi Mencuci WajahIlustrasi Mencuci Wajah © shutterstock.com

Kadang, kita lupa membersihkan tangan dulu sebelum membersihkan wajah. Padahal, penting banget untuk menjaga kebersihan telapak tangan sebelum membersihkan area tubuh lainnya, seperti wajah. Tentu kamu nggak mau kan kalau ada sisa bakteri yang malah nempel di kulit wajah?

2 dari 5 halaman

2. Menggunakan air hangat

Hawa yang dingin atau kondisi tubuh yang kurang fit membuat kita sering memakai air hangat untuk mandi, bahkan sampai mencuci wajah. Tahu nggak sih, mencuci wajah dengan air hangat sebenarnya kurang tepat loh! Kalau kamu mencuci wajah pakai air hangat, lama-kelamaan kulit bakal jadi kering dan kehilangan kelembapan aslinya.

3 dari 5 halaman

3. Membersihkan terlalu cepat

Ilustrasi mencuci wajah.Ilustrasi mencuci wajah. © freepik/wayhomestudio

Pernah nggak sih, kamu diburu waktu sampai harus melakukan persiapan dengan super cepat termasuk saat mandi dan mencuci wajah? Ternyata, mencuci wajah itu sebenarnya nggak boleh dilakukan terlalu cepat. Untuk bisa membersihkan kotoran dengan maksimal, kamu bisa memijat ringan facial cleanser di wajah dan leher setidaknya selama 30-60 detik.

4 dari 5 halaman

4. Jeda terlalu lama hingga tahap skincare

Supaya kulit yang udah bersih nggak 'dicemari' kotoran lagi, sebaiknya jangan tunggu lama lagi untuk melakukan tahapan skincare. Jadi, usai mencuci wajah, tunggu sebentar sampai kering, kemudian segera aplikasikan skincare pada kulit wajah.

Beri Komentar