9 Manfaat Air Beras untuk Wajah Berjerawat

Reporter : Sheila Fathin N
Sabtu, 17 April 2021 12:58
9 Manfaat Air Beras untuk Wajah Berjerawat
Air beras sejak dulu dikenal memiliki khasiat yang bagus untuk kecantikan dan perawatan tubuh

Manfaat air beras telah diketahui selama 1000 tahun lalu di Jepang. Air beras adalah air sisahan saat setelah mencuci beras. Sudah lama air beras dianggap bisa membuat rambut lebih kuat dan indah.

Tidak hanya bagus untuk rambut saja, air berasa ternyata semakin populer digunakan sebagai perawatan kulit. Air beras dikatakan mampu menenangkan dan mengencangkan kulit kamu, dan bahkan membuat kulit kamu jauh lebih baik. Dan kamu juga bisa mendapatkan air berasa dengan cara yang mudah. Air beras mengandung zat- zat alami. Zat-zat ini dikenal dapat membantu melindungi dan memperbaiki kulit. Berikut ini beberapa manfaat dari air beras :

1 dari 3 halaman

Manfaat Air Cucian Beras

Manfaat Air BerasManfaat Air Beras © 2021 Jcomp on Freepik.com

Cucian air beras bisa dimanfaatkan untuk wajah, kulit hingga rambut. Nah untuk itu kenali, apa-apa saja hal yang bisa dilakukan dengan air cucian beras yang akan membuatmu merasakan manfaatnya.

Sebagai Pembersih Wajah

Manfaat air beras bisa digunakan sebagai pembersih wajah. Cara yang bisa kamu lakukan adalah gunakan air beras untuk membersihkan wajah agar kulit tampak lebih lembut dan bercahaya. Cukup tuangkan sedikit ke atas kapas dan pijat di wajah, lalu biarkan kulit  mengering. Gunakan setiap hari sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit kamu, atau beberapa kali seminggu untuk meningkatkan vitamin dan mineral pada kulit.

Sebagai Toner Wajah

Manfaat air beras bisa digunakan sebagai toner wajah, lho. Banyak produk skincare menggunakan air beras sebagai bahan untuk skincare mereka. Air cucian beras ini  membantu mengencangkan kulit dan meminimalkan pori-pori, menjaga kulit tetap halus dan cerah.

Sebagai Air Bilas Rambut

Cucian air beras juga bisa dimanfaatkan untuk membilas rambut. Dengan air beras dapat menambah kilau pada rambut serta membantunya tetap kuat dan sehat. Setelah keramas, siapkan kondisi rambutmu, tuangkan banyak air beras ke rambut kamu. Jangan lupa untuk piijat lembut ke kulit kepala dan rambut, lalu bilas sampai bersih dengan air.

Sebagai Kondisioner Rambut

Manfaat air beras bisa digunakan untuk melembabkan rambut, lho. Kamu bisa melakukannya dengan cara oleskan air beras bersamaan dengan beberapa tetes minyak rambut. Biarkan meresap selama 10 menit, kemudian bilas. Cara ini sama saja dengan menggunakan kondisioner pada umumnya. 

2 dari 3 halaman

Manfaat Air Beras untuk Wajah

Manfaat Air BerasManfaat Air Beras © 2021 Jcomp on Freepik.com

Menenangkan Kulit Iritasi

Eksim bukan satu-satunya kondisi kulit yang mendapat manfaat dari air beras. Eksim adalah kondisi kulit yang mengalami kemerahan. Ada penelitian yang menemukan bahwa orang dengan dermatitis atopik yang mandi dengan air beras dua kali sehari mengalami peningkatan penyembuhan kulit sebesar 20%.

Mengatasi Dampak dari Kulit Terbakar Sinar Matahari

Manfaat air beras bisa mengurangi dampak dari terbakarnya kulit, seperti peradangan dan kemerahan. Untuk membuatnya lebih menenangkan, keluarkan air beras dari lemari es dan segera oleskan pada kulit yang terbakar sinar matahari menggunakan kapas.

Membantu Mengurangi Flek Hitam

Manfaat air beras untuk wajah bisa membantu mengurangi flek hitam. Flek hitam bisa muncul akibat dari sering terpaparnya kulit wajah kita pada sinar matahari tanpa perlindungan dari sunscreen. Cara menggunakannya dengan mencampurkan 1 sendok teh air beras dengan beberapa tetes minyak kelapa yang difraksinasi dan pijatkan ke wajah dan leher.

3 dari 3 halaman

Manfaat Air Beras untuk Jerawat

Manfaat Air BerasManfaat Air Beras © 2021 Jcomp on Freepik.com

Manfaat air beras ternyata juga bisa untuk mengatasi dan mengobati jerawat. Apa saja sih emang yang bisa air beras lakukan?

Berfungsi Merawat Jerawat

Manfaat air beras untuk menenangkan jerawat. Air beras ini berguna untuk menenangkan jerawat yang meradang. Air beras ini juga membantu untuk mengurangi kemerahan karena mengandung astringent dan membantu untuk mencegah munculnya jerawat di kemudian hari.

Berfungsi untuk Mengobati Eksim

Manfaat air beras yang memiliki kandungan tepung mampu meredakan ketidaknyamanan yang menyertai eksim. Cara melakukannya adalah dengan mencelupkan ke dalam air beras dan tepuk-tepuk kain basah tersebut ke area yang terkena.

Nah, itulah manfaat air beras yang sangat bermanfaat untuk kamu. Ingin rambutmu sehat dan kulit tampak sehat terawat kamu bisa gunakan air beras untuk merawatnya.

Beri Komentar