Berbagai Perawatan untuk Menghilangkan Flek Hitam Bagi Wanita Umur 40 Tahun ke Atas

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Sabtu, 13 April 2024 21:04
Berbagai Perawatan untuk Menghilangkan Flek Hitam Bagi Wanita Umur 40 Tahun ke Atas
Memasuki umur 40 tahun, banyak perubahan fisik yang akan dialami, termasuk munculnya flek hitam pada kulit wajah. Bagaimana perawatannya?

Menghilangkan flek hitam menjadi salah satu prioritas dalam perawatan kulit bagi banyak orang yang memasuki usia 40 tahun. Dengan paparan sinar matahari, perubahan hormonal, dan faktor-faktor lainnya, kulit menjadi lebih rentan terhadap munculnya flek hitam yang dapat memengaruhi penampilan. 

Flek hitam atau hiperpigmentasi terjadi karena kondisi kulit di mana terjadi penumpukan melanin atau pigmen gelap pada beberapa bagian kulit. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk paparan sinar matahari berlebihan, penuaan, perubahan hormonal dan peradangan kulit. 

Tidak perlu khawatir karena flek hitam tersebut tidak berbahaya. Ada berbagai perawatan untuk menghilangkan flek hitam untuk umur 40 tahun. Dengan menjalani perawatan alami, skincare, atau secara medis.

1 dari 4 halaman

Perawatan untuk Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Bahan Alami

perawatan untuk menghilangkan flek hitam untuk umur 40 tahun © Diadona

Usaha untuk menghilangkan flek hitam ternyata bisa dilakukan dengan berbagai bahan alami. Berikut sejumlah bahan alami yang bisa dicoba.

1. Lidah Buaya

Perawatan untuk menghilangkan flek hitam untuk umur 40 tahun yakni dengan menggunakan lidah buaya. Kandungan aloin di dalamnya, bermanfaat untuk mencerahkan kulit akibat hiperpigmentasi sekaligus memudarkan flek hitam pada wajah. Selain itu, lidah buaya dapat memberikan efek menenangkan kulit dan meratakan warna kulit.

Cara penggunaan perawatan untuk menghilangkan flek hitam ini adalah dengan pisahkan gel dengan buahnya. Lalu oleskan gel lidah buaya pada area flek hitam atau boleh juga seluruh wajah, biarkan hingga meresap lalu bilas hingga bersih.

2. Teh Hijau

Menurut sebuah penelitian yang berjudul Cosmeceuticals for Hyperpigmentation: What is Available? dari Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery, teh hijau memiliki kandungan yang bersifat depigmentasi yang membuat kulit menjadi lebih cerah. Sehingga, penggunaan ekstrak teh hijau secara rutin dapat menjadi salah satu perawatan untuk menghilangkan flek hitam untuk umur 40 tahun. 

3. Masker Madu

Memakai masker madu secara rutin mampu menjadi salah satu perawatan untuk menghilangkan flek hitam untuk umur 40 tahun. Tahukah Diazens, bahwa madu memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, lho. Sifat tersebut dapat meredakan peradangan dan mencerahkan kulit. 

Untuk membuat masker madu sebagai perawatan untuk menghilangkan flek hitam, kamu bisa campur madu dengan bahan alami seperti yogurt. Oleskan pada wajah dan tunggu beberapa menit, lalu bilas wajah hingga bersih.

4. Sari Tomat

Perawatan untuk menghilangkan flek hitam untuk umur 40 tahun dengan bahan alami berikutnya bisa menggunakan sari tomat. Tomat memiliki likopen yang dapat mencerahkan kulit. Tingginya likopen pada tomat dapat membantu melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari dan menghilangkan flek hitam.

2 dari 4 halaman

Perawatan untuk Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Skincare 

perawatan untuk menghilangkan flek hitam untuk umur 40 tahun © Diadona

Ada beberapa ingredients dalam skincare yang dapat membantu perawatan untuk menghilangkan flek hitam untuk umur 40 tahun, antara lain:

1. Vitamin C

Kandungan skincare sebagai perawatan untuk menghilangkan flek hitam pertama adalah vitamin C. Vitamin C memiliki antioksidan yang mampu menetralisir radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan hiperpigmentasi. Vitamin C juga dapat berfungsi sebagai eksfoliasi sel kulit mati, sehingga kulit akan tampak lebih cerah.

2. Azelaic Acid

Salah satu bahan yang digunakan untuk perawatan untuk menghilangkan flek hitam ada azelaic acid. Azelaic acid merupakan zat eksfolian yang lembut dan bermanfaat bagi kulit yang cenderung mengalami hipermingasi. Kandungan asam ini dapat memberikan hasil yang signifikan ketika digunakan dalam konsentrasi antara 10-20%. 

Selain itu, azelaic acid relatif aman untuk digunakan bagi yang memiliki masalah kulit seperti jerawat. Sifat antibakteri dan antiinflamasi dari azelaic acid membuatnya cocok untuk berbagai jenis kulit. Kandungan ini bisa kamu temukan pada produk serum.

3. Ekstrak Pomegranate

Pomegranate kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat. Selain itu, ekstrak pomegranate juga mengandung proanthocyanidins dan flavonoid yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Salah satu bahan perawatan untuk menghilangkan flek hitam untuk umur 40 tahun ini memiliki sifat antiinflamasi yang aman untuk kulit sensitif.

4. Niacinamide 

Kandungan niacinamide dalam skincare bisa jadi andalan dalam perawatan untuk menghilangkan flek hitam untuk umur 40 tahun. Memiliki kemampuan untuk meningkatkan tekstur kulit pada semua lapisan dengan merangsang proses regenerasi kulit, kandungan ini dapat membantu mengatasi flek hitam yang ada pada kulit wajah.

3 dari 4 halaman

Perawatan untuk Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Treatment Klinik Kecantikan 

perawatan untuk menghilangkan flek hitam untuk umur 40 tahun © Diadona

Jika kamu ingin mengatasi permasalahan flek hitam dengan cara yang lebih instan dan praktis, treatment di klinik kecantikan adalah jawabannya. Sejumlah treatment yang bisa kamu coba adalah sebagai berikut:

1. Chemical Peeling

Perawatan chemical peeling umumnya menggunakan berbagai jenis asam ringan seperti AHA dan BHA untuk mengikis lapisan sel-sel kulit mati. Proses pengangkatan lapisan ini bertujuan untuk membuat kulit menjadi lebih sehat dan warna yang merata. Meskipun banyak produk chemical peeling yang dianggap aman sebagai perawatan untuk menghilangkan flek hitam untuk umur 40 tahun, ada juga risiko iritasi kulit terkait dengan penggunaannya. 

2. Mesoterapi

Perawatan untuk menghilangkan flek hitam untuk umur 40 tahun berikutnya bisa dengan menggunakan mesoterapi. Prosedur mesoterapi melibatkan penyuntikan campuran cairan yang terdiri dari berbagai zat tertentu menggunakan jarum tipis ke dalam lapisan lemak subkutan di area yang ditargetkan. 

3. Laser

Salah satu opsi dalam perawatan untuk menghilangkan flek hitam yang sulit dihapus dari wajah adalah melalui terapi laser. Treatment ini beroperasi dengan memusatkan energi cahaya yang terkonsentrasi untuk menargetkan bintik-bintik gelap pada kulit, dengan tujuan menghilangkan lapisan demi lapisannya. 

Namun, keberhasilan terapi laser tidak selalu dijamin. Prosedur ini umumnya disarankan untuk orang yang memiliki warna kulit yang terang, karena energi laser dapat membedakan dengan jelas antara kulit normal dan bintik hitam, sehingga perawatan untuk menghilangkan flek hitam berjalan lebih efektif.

4 dari 4 halaman
Beri Komentar