Pakai Retinol Kulit Malah Kusam, Kok Bisa?

Reporter : Kurnia
Kamis, 3 November 2022 12:37
Pakai Retinol Kulit Malah Kusam, Kok Bisa?
perhatikan cara mengaplikasikannya biar makin glowing dan mulus

Skincare berbahan dasar retinol belakangan ini memang lagi hits banget ya, Diazens. Terlepas dari segala manfaat yang ditawarkan, rupanya retinol juga bisa menyebabkan beberapa masalah pada kulit seperti kusam dan kering.

Sebenarnya gak heran ya jika skincare yang mengandung retinol belakangan ini banyak diburu oleh para pejuang cantik. Gimana enggak?

1 dari 6 halaman

Pasalnya, retinol diklaim bisa mengatasi berbagai masalah pada kulit. Mulai dari peremajaan kulit, mencegah tanda-tanda penuaan, membuat kulit menjadi lebih kenyal, cerah, glowing, menyembuhkan jerawat, dan masih banyak lagi.

Namun, lagi-lagi masih ada beberapa hal yang perlu Daizens garis bawahi saat menggunakan retinol agar terhindar dari kulit kusam atau bahkan kering. Alih-alih mendapatkan kulit glowing dan cerah, penggunaan retinol yang salah malah bisa membuat wajah menjadi lebih kusam dan breakout.

Kok bisa?

2 dari 6 halaman

Kulit Kering dan kusam karena skincare mengandung retinolKulit Kering dan kusam karena skincare mengandung retinol © Shutterstock.com

Seiring populernya kandungan retinol yang dirilis oleh berbagai brand skincare, maka semakin banyak pula produk mengandung retinol yang ditawarkan di pasaran dengan prosentase yang berbeda-beda. Mulai dari yang sedang sampai yang paling tinggi.

Pada umumnya, prosentasi retinol yang sering ditemukan dalam kandungan skincare itu adalah 1%, 0,5%, 0,3%, dan yang tertinggi ada kandungan 0,25%.

Karena semakin populernya produk turunan dari retinol, banyak pejuang cantik yang kemudian asal-asalan menggunakan jenis skincare ini. Tentu saja dengan tujuan mendapatkan banyak manfaat yang ditawarkan oleh retinol.

3 dari 6 halaman

Sayangnya, penggunaan retinol yang asal-asalan ini justru membuat kulit semakin bermasalah. Mulai dari kulit kering sampai kusam, dan kemerahan. Untuk menghindarinya, pemilihan dan penggunaan kandungan skincare berbahan dasar retinol sangat diperlukan.

Sebagaimana dilansir dari laman Modern Dermatology, untuk pejuang cantik yang baru mencoba untuk menggunakan retinol, sebaiknya memilih skincare dengan persentase yang rendah terlebih dahulu. Dan menaikannya secara bertahap.

Untuk menghindari kulit kusam, semakin kering, dan kemerahan, berikut cara yang tepat menggunakan skincare berbahan dasar retinol:

4 dari 6 halaman

  • Pilih produk retinol yang tepat
  • Gunakan retinol secukupnya
  • Selalu gunakan suncreen saat siang hari
  • Gunakan retinol pada kulit yang sudah kering dan tidak terkena air
  • Gunakan retinol hanya pada malam hari
  • Hindari produk yang tidak boleh digunakan bersamaan dengan kandungan retinol
  • Tidak menggunakan retinol selama masa kehamilan

Itulah beberapa tips cantik dari Diadona.id, agar kulit semakin cerah, glowing, dan kenyal dengan retinol.

5 dari 6 halaman

Siap cantik dengan berbagai tips dan trik mernarik bersama Diadona.id.

Beri Komentar