Yuk Cobain Jamsu Technique, Korean Beauty Hacks untuk Hasil Makeup Paripurna dan Tahan Lama!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 28 Oktober 2022 16:15
Yuk Cobain Jamsu Technique, Korean Beauty Hacks untuk Hasil Makeup Paripurna dan Tahan Lama!
Ini dia tips dan trik makeup yang perlu kamu coba~

Tren kecantikan dan makeup asal Korea Selatan memang selalu menarik untuk disimak dan diikuti. Salah satu Korean Beauty Hack yang ramai diperbincangkan adalah Jamsu Technique.

Kamu pasti pernah menemukan teknik Jamsu ini berseliweran di sosial media. Teknik ini ditandai dengan seseorang yang mencelupkan wajahnya ke dalam mangkuk berisi air dingin.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Korean Beauty HacksIlustrasi Korean Beauty Hacks © shutterstock.com

Teknik ini sempat dianggap sia-sia karena akan membuat makeup luntur atau berantakan. Namun, teknik Jamsu ini sebenarnya punya tujuan tertentu loh~

Jika diartikan, Jamsu sama halnya dengan merendam. Secara umum, Jamsu Technique adalah trik mencelupkan wajah yang sudah dipoles dengan base makeup (foundation, concelaer, dan powder) ke dalam semangkuk air dingin.

2 dari 5 halaman

Cara ini bertujuan untuk 'menyegel' base makeup yang sudah diaplikasikan. Trik ini dianggap bisa memberikan tampilan kulit yang sempurna, karena riasan akan tampak matte sepanjang hari tanpa kesan yang kering.

Trik ini punya cara kerja yang berbeda pada masing-masing jenis kulit. Untuk pemilik kulit kering hanya disarankan merendam selama 15 detik, sedangkan untuk kulit berminyak bisa bertahan hingga 30 detik.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Korean Beauty HacksIlustrasi Korean Beauty Hacks © shutterstock.com

Untuk melakukan Jamsu Technique, pastikan kulit berada dalam kondisi lembap sebelum memakai complexion dan concealer. Pastikan semua base makeup diaplikasikan dan di-blend dengan baik, lalu aplikasikan pwder menggunakan brush lembut.

Jika sudah, kamu bisa melakukan Jamsu Technique dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan mangkuk besar dan isi dengan air es atau mungkin ditambahkan es batu
  2. Celup atau rendam wajah ke dalamnya. Pastikan rambut sudah diikat agar tidak ikut terendam dan menjadi basah
  3. Setelah 15-30 detik didiamkan dalam air dingin, angkat wajah dan tepuk-tepuk ringan dan lembut
  4. Jika wajah sudah kering, kamu bisa melanjutkan step-step makeup seperti biasa

4 dari 5 halaman

Teknik yang satu ini memang terasa aneh bagi sebagian orang. Namun, ada pula alternatif yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil makeup paripurna. Alih-alih merendam wajah di air dingin, kamu bisa menyemprotkan setting spray hingga wajah terasa basah.

Selama menunggu wajah kering, kamu nggak perlu menepuk-nepuk ringan atau menggunakan beauty tools. Biarkan wajah kering dengan sendirinya atau gunakan bantuan kipas, kemudian lanjutkan makeup seperti biasa.

Beri Komentar