Solusi Rambut Anti Lepek, Penggunaan Dry Shampoo Berlebih Sebabkan Beragam Masalah Loh

Reporter : Kurnia
Kamis, 27 Oktober 2022 12:53
Solusi Rambut Anti Lepek, Penggunaan Dry Shampoo Berlebih Sebabkan Beragam Masalah Loh
apa saja?

Mulai dari ketombe hingga hilangnya kilau alami rambut menjadi sebagian efek buruk dari penggunaan dry shampoo.

Beberapa waktu terakhir penggunaan dry shampoo sedang banyak disoroti lantaran ditarikanya salah satu merk dagang shampoo kering. Di balik itu, dry shampoo sebenarnya sudah lama dipilih sebagai solusi bagi banyak orang yang menginginkan rambut anti lepek tanpa kemaras.

1 dari 5 halaman

Punya beragam manfaat, dry shampoo tentu saja sangat digandrungi oleh banyak wanita karena kepraktisannya. Dry shampoo bisa menjadi solusi bagi rambut mereka yang sedang lepek dan berminyak. Kenapa?

Karena hanya dengan dry shampoo tanpa perlu ribet dan keramas, rambut lepek bisa terlihat lebih bervolume dan membuat tekstur rambut lebih berisi. Mudah bukan?

Sayangnya, kemudahan itu perlu digaris bawahi dan diwaspadai karena ada beragam efek samping yang menyebabkan berbagai masalah rambut di kemudian hari. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beragam masalah dan efek samping yang banyak dialami oleh pengguna dry shampoo.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Penggunaan Dry ShampooIlustrasi Penggunaan Dry Shampoo © shutterstock.com/g/SergioMonti

Menyebabkan rambut rontok dan berketombe

Ya, seperti Diazens ketahui, dry shampoo memang sangat praktis dan jadi solusi yang tepat untuk mengatur rambut. Sayangnya, penggunaan dry shampoo secara berlebih bisa menyebabkan rambut rontok loh.

Penggunaan dry shampoo bisanya akan meninggalkan sisa yang menempel di kulit kepala. Penumpukan sisa-sisa ini bisa menyebabkan folikel rambut tersumbat yang kemudian memicu munculnya ketombe dan membuat rambut rontok.

Memudarkan warna kilau alami rambut

Penggunaan dry shampoan memudarkan warna kilau rambut alami. Dry shampoo akan meningkatkan tekstur rambut dengan cara mengurangi minyak alami rambut yang menyebabkan kilau alami rambut berkurang dan terkesan kusam.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Penggunaan Dry ShampooIlustrasi Penggunaan Dry Shampoo © shutterstock.com/g/SergioMonti

Menghambat pertumbuhan rambut

Sisa dry shampoo dapat menghambat pertumbuhan rambut dan menyebabkan kerontokan rambut alami.

Tak hanya membuat rambut rontok, sisa dry shampoo yang setiap hari kamu pakai juga bisa menghambat pertumbuhan rambut yang mulai tumbuh. Jika hal semacam ini dibiarkan secara terus-menerus, hal ini bisa memicu timbulnya kebotakan rambut secara berkala.

Jerawat di Kulit Kepala

Dry shampoo bisa menyumbat pori-pori yang kemudian bisa memicu timbulnya jerawat di kulit kepala. Penggunaan dry shampoo secara berkala bisa membuat minyak dan sebum terus menumpuk di kulit kepala. Hal inilah yang kemudian membuat jerawat semakin betah berlama-lama di kulit kepala.

4 dari 5 halaman

Membuat Rambut Kering

Dibalik banyaknya manfaat yang ditawarkan, penggunaa dry shampoo justru tidak bisa membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran loh.

Komponen dalam dry shampoo hanya mengikat minyak di rambut agar terlihat tidak lepek dan lebih bervolume. Dampak buruknya, hal semacam ini justru membuat minyak alami pada rambut terus berkurang membuat rambut menjadi kering.

Nah, itulah beberapa efek dan berbagai masalah yang ditimbulkan akibat penggunaan dry shampoo secara berlebih.

Beri Komentar