Mengenal Bakuchiol, Skincare Alternatif Retinol yang Bikin Wajah Glowing dan Awet Muda

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 17 Maret 2021 16:15
Mengenal Bakuchiol, Skincare Alternatif Retinol yang Bikin Wajah Glowing dan Awet Muda
Wajah makin cantik dan tetap aman dengan kandungan Bakuchiol.

Retinol adalah salah satu bahan aktif yang dipercaya bisa melembapkan kulit sekaligus membuatnya lebih kenyal. Sayangnya Retinol dianggap terlalu keras sehingga masih banyak yang ragu untuk menggunakannya. Jika kamu salah satu yang sempat meragu, kayaknya kamu perlu kenalan sama bakuchiol sebagai alternatif retinol.

Paula Begoun sebagai pendiri Paula's Choice Skincare mengungkap jika bakuchiol hampir punya fungsi yang mirip dengan retinol. Namun karena merupakan bahan alami, bakuchiol dianggap lebih aman dan cocok untuk kulit yang cenderung sensitif.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Tanaman psoralea corylifolia © Diadona

Melansir dari Womantalk, bakuchiol adalah bahan anti penuaan yang ditemukan dalam biji dan daun tanaman psoralea corylifolia atau babchi, yang juga dikenal sebagai tanaman batch. Tanaman ini seringkali dimanfaatkan dalam obat-obatan Ayurvedic karena memiliki efek menenangkan dan bersifat anti-inflamasi.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam The British Journal of Dermatology mengungkap bahwa bakuchiol memang sering dianggap sebagai alternatif retinol. Meski ada kesamaan di antara keduanya, namun bakuchiol dan retinol tidak memiliki kandungan yang identik.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Bakuchiol © Diadona

Secara umum, bakuchiol diketahui memiliki sifat anti penuaan, anti inflamasi, dan anti jerawat. Namun rupanya masih ada beragam manfaat yang tersembunyi di dalamnya.

Bakuchiol bisa membantu meratakan warna kulit. Dengan cara menembus ke dalam dermis dan hipodermis, bakuchiol bekerja dengan mengurangi bintik gelap dan hiperpigmentasi.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Bakuchiol © Diadona

Sebagaimana retinol, bakuchiol juga bisa mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan. Kandungan di dalam bakuchiol bisa merangsang produksi kolagen yang memungkinkan kulit jadi lebih kenyal dan awet muda.

Terakhir, bakuchiol terbilang cukup lembut di kulit dan bisa mempercepat penyembuhan dan meredakan iritasi. Sehingga cukup aman digunakan dua kali sehari bahkan cocok untuk beragam jenis kulit.

Beri Komentar