Kehabisan Shampoo? 5 Bahan Dapur Ini Bisa Dipakai Untuk Keramas Lho, Cobain Yuk!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Minggu, 11 Oktober 2020 10:25
Kehabisan Shampoo? 5 Bahan Dapur Ini Bisa Dipakai Untuk Keramas Lho, Cobain Yuk!
Nggak perlu takut kehabisan shampoo, cobain bahan dapur ini deh untuk keramas.

Menjaga kebersihan rambut merupakan hal penting bagi rambut. Karena kita perlu membersihkannya dengan keramas setiap beberapa hari sekali tergantung dengan jenis rambut masing-masing.

Hal utama yang kita butuhkan untuk membersihkan rambut adalah shampoo. Namun ternyata tak hanya shampoo lho yang dapat digunakan untuk menjaga kebersihan rambut. Kamu juga dapat menggunakan beberapa bahan alami yang kerap ada di dapur.

Dilansir dari berbagai sumber, kira-kira apa saja ya bahan dapur yang digunakan untuk keramas? Simak berikut ini deh!

1 dari 5 halaman

Air Jeruk Nipis

ilustrasi jeruk nipis © Diadona

Jeruk nipis memang dikenal memiliki berbagai manfaat, terlebih untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun tak banyak yang mengetahui jika jeruk nipis juga bisa digunakan untuk membersihkan rambut.

Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis bersifat anti mikroba yang dapat jadi pembersih rambut, khususnya yang berketombe.

Untuk menggunakannya, kamu dapat menyiapkan 1 buah jeruk nipis. Pertama-tama, peras 1 buah air jeruk nipis, lalu tambahkan 2 gelas air. Aduk rata, tuang air campuran perasan jeruk nipis ke rambut. Diamkan selama 1-3 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

2 dari 5 halaman

Baking Soda

Ilustrasi Baking Soda © Diadona

Tak hanya bermanfaat sebagai tambahan dalam bahan makanan, baking soda juga dapat membantu membersihkan rambut.

Hal ini karna baking soda dapat berperan sebagai exfoliant alami sehingga dapat menghilangkan kotoran rambut dan mengurangi minyak rambut berlebih.

3 dari 5 halaman

Kemiri

Ilustrasi Kemiri © Diadona

Ternyata bahan dapur satu ini juga dapat membantumu membersihkan rambut lho. Untuk menggunakannya, kamu perlu menggoreng kemiri dengan teknik sangrai hingga kemiri halus.

Setelahnya usapkan kemiri pada rambut hingga merata, dan biarkan kurang lebih selama 3 menit.

4 dari 5 halaman

Kuning Telur

Ilustrasi kuning telur © Diadona

Mungkin sebagian dari kita ragu menggunakan telur sebagai bahan untuk membersihkan rambut. Namun kandungan protein dan vitamin dalam kuning telur ternyata sangat dibutuhkan untuk rambut.

Kuning telur dapat mengeluarkan kotoran yang ada pada rambut.

Jika bingung menggunakannya, kamu dapat mengocok kuning telur hingga tercampur rata. Tuangkan telur ke rambut yang sudah basah, lalu diamkan selama 1 hingga 3 menit. Setelah itu bilas sampai bersih.

5 dari 5 halaman

Teh

ilustrasi teh © Diadona

Tak hanya sebagai bahan minuman, teh memiliki kandungan kafein yang dapat membantu melancarkan peredaran darah, hidrasi kulit dan mengalirkan oksigen dalam tubuh.

Untuk menggunakannya kamu dapat menuangkan 6 sendok teh panas ke dalam air panas. Setelah tak terlalu panas, oleskan pada rambut hingga merata selama 20-30 menit.

Nah itu dia kelima bahan dapur yang ternyata dapat digunakan untuk keramas. Tertarik mencoba yang mana nih, guys?

 

Beri Komentar