Menjadi MUA di Era Berkembangnya Makeup Industry, Menjanjikan Nggak Sih?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 8 Oktober 2020 10:24
Menjadi MUA di Era Berkembangnya Makeup Industry, Menjanjikan Nggak Sih?
Makeup jadi hal yang dapat dipelajari setiap orang, Ikawati Fitria anggap ini sebagai peluang baru bagi para MUA.

Makeup merupakan industri yang kini sedang berkembang pesat. Hal ini membuat profesi sebagai makeup artis memiliki banyak peminat. Seiring dengan mudahnya mengakses informasi seputar makeup, baik itu melalui para beauty vlogger, selebgram atau lainnya. Hal ini juga membuat setiap orang dapat mempelajari makeup sesuai dengan keinginannya. 

Dengan berbagai tuntutan dan persaingan dalam dunia makeup artis, hal ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi pemula yang merambah dunia makeup artis.

Namun, MUA Ikawati Fitria dari Ikea Makeover justru beranggapan jika berkembangnya industri kecantikan dan makeup membuka peluang-peluang baru dan menjadikan profesi sebagai makeup artis tak akan terancam. 

1 dari 3 halaman

MUA Di Tengah Pesatnya Perkembangan Beauty Industry

 

MUA Ikawati Fitria © Diadona

Meski di era ini makeup adalah sesuatu yang dapat dipelajari setiap orang melalui internet, namun hal ini tak membuat Ika sebagai MUA merasa terancam. Ika meyakini jika kini makeup bukan lagi kebutuhan tersier saja, bagi banyak orang ini adalah kebutuhan sekunder atau bahkan primer.

" Aku percaya rezeki itu selalu ada. Kalau dulu mungkin kebutuhan tersier ya. Tapi kalau sekarang glowing itu jadi suatu keharusan." ungkapnya.

Selain itu, era ini justru dirasanya membuka banyak peluang baru bagi dirinya yang seorang MUA. Dengan banyaknya minat pada dunia makeup, hal ini dapat membuatnya membuka kelas-kelas makeup.

" Ini malah membuka peluang, pintu-pintu yang baru. Aku bisa buka makeup class, atau lainnya. Beauty industry mengalami peningkatan dan diprediksi akan terus meningkat." tambah Ika.

2 dari 3 halaman

Pentingnya Dedikasi Sebagai MUA

Ikawati Fitria bersama Hamida Rachmayanti dan Nesa Aqila © Diadona


Ika meyakini jika dedikasinya sebagai seorang makeup artis tak akan mengkhianati hasil yang didapat, hal ini menurutnya tak hanya berlaku untuk MUA, namun juga apapun pekerjaan yang dilakukan perlu membutuhkan dedikasi.

" Kalau menurut aku menjanjikan kalau kita mendedikasikan diri dimana pun itu nggak cuma MUA aja. Money will follow." jelas Ika.

Menurutnya, ketika seorang MUA tak berdedikasi dalam pekerjaannya, tentu ia akan cenderung menggampangkan klien atau hanya mencari keuntungan. Hal ini lah yang membuat profesi sebagai MUA bisa jadi tak menjanjikan.

" Sama halnya MUA, kalau dia nggak berdedikasi, nggak bertanggung jawab sama profesianya, nggak menganggap client itu orang yang memberikan nilai, cuma money oriented dan nggak memberikan nilai, ya itu nggak menjanjikan." ujar Ika.

" Kalau seseorang berdedikasi untuk sesuatu, aku percaya itu akan menghasilkan." tambahnya.

3 dari 3 halaman

MUA Menghadapi Pandemi

      View this post on Instagram

Siapa disini fans Secret Number??? . Aku juga ngefans banget sama mereka.. Makanya bikin cover Who Dis versi muslimah ini. . Ide muncul pas pulang bareng @sylvara.makeup terus iseng2, gimana kalo kita bikin tutorial make up lipsync Who Dis. . Akhirnya kt syuting sederhana aja di galeri @ikeaweddingdream dengan alat dan bahan yang ala kadarnya (Qiana maap ya nak stiker mainan kamu mama pinjem dulu ????????) . Dan jadilaah video ala kita yang diedit sama bumil dan aku, maaap kalo banyak kurang maklum masih amatir . Semoga sahabat ga blenek liat kelakuan emak2 dan calon emak ini, maksud kami hanyalah menghibur ???????????? . Selamat menikmati muka aku yang jadi segede gaban di kamera Ya Allah.. ???????? . BTW, kira2 cover lipsync lagu apa lagi enaknya? Komen yaaah... . Cast : @ikeamakeover @sylvara.makeup Art Director : @ikeamakeover Videographer : @jiewavisual Editor : @sylvara.makeup @ikeamakeover . secretnumber.official @ditajuseyo @secretnumber_global @wowfakta.secretnumber @secretnumberfashion @secretnumberfacts @indovidgram @viralno.1 @serba.viral @tiktokofficialindonesia @tiktok @viral_lite @thanteutic @viral.terkini @awteutic @thanteutic @berandavidgram @dagelanmusik @musik.lite @allaboutkorea_

A post shared by INDONESIAN MAKE UP ARTIST (@ikeamakeover) on

 

Selama masa pandemi tentu saja hal ini berpengaruh bagi para makeup artis. Bagaimana tidak, berbagai acara event terpaksa tak bisa dilaksanakan atau ditunda. Menghadapi hal ini, ternyata MUA Ikawati Safitri tak menganggapnya sebagai sebuah ancaman.

"Orang yang mungkin makeupnya cuma event atau party mungkin berdampak ya. Tapi untuk yang wedding itu pasti butuh makeup yang beda kan. Aku nggak menganggap itu sebagai sebuah ancaman." ucap Ika.

Nah jadi apapun kondisi yang dihadapi, menurut Ika yang terpenting adalah dedikasi terhadap pekerjaan yang ada. Selain itu penting juga bagi kita dapat melihat peluang-peluang baru. Nampaknya profesi sebagai makeup artis akan terus bertahan dan berkembang ya.

Beri Komentar