7 Ciri-ciri Sunscreen Tidak Cocok di Kulit Kamu, Segera Ganti Produk deh!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Sabtu, 4 November 2023 07:47
7 Ciri-ciri Sunscreen Tidak Cocok di Kulit Kamu, Segera Ganti Produk deh!
Di antara ciri-ciri sunscreen tidak cocok yakni kulit wajah jadi berminyak, muncul jerawat, hingga rasa tersengat.

Sama seperti beauty product lainnya, kamu mungkin saja nggak cocok dengan sunscreen yang kamu pakai. Ada beberapa ciri-ciri yang ditampilkan dan bila sudah muncul, kamu harus menghentikan penggunaan produknya.

Dengan menggunakan sunscreen, tandanya udah protect kulit kita dari paparan sinar UV matahari. Bagian yang bisa kamu beri sunscreen nggak cuma wajah, tetapi seluruh bagian kulit yang terpapar sinar matahari. Ketika beli sunscreen, kamu juga nggak bisa asal-asalan memilih produk sunscreen, kamu perlu memperhatikan SPF yang dimiliki oleh produk sunscreen yang akan kamu beli. 

SPF atau sun protector factor adalah jumlah perlindungan matahari yang akan kamu dapatkan. Bagi penggunaan sehari-hari SPF 30 sebenarnya udah cukup kok, tetapi kalau aktivitasmu berada di luar ruangan, baiknya kamu pilih sunscreen dengan SPF 50. 

FYI, nih, Diazens, SPF pada sunscreen tuh cuma melindungi kamau dari sinar UVB sedangkan pada matahari terdapat sinar UVA dan UVB. Oleh karena itu, dilansir dari Sephora, kita perlu mencari produk sunscreen dengan label broad spectrum agar bisa terlindungi dari UVA juga.

Tabir surya sendiri baru bereaksi setelah 15 menit penggunaan. Oleh karena itu, setelah kamu menggunaan sunscreen, jangan buru–buru buat langsung pergi kelur rumah, ya! Keluarlah setelah 15 menit berlalu. Penggunaan sunscreen juga punya efek samping, yaitu munculnya komedo.. Efek samping ini juga merupakan salah satu ciri-ciri sunscreen tidak cocok di kulit kamu.

1 dari 3 halaman

Ciri-ciri Sunscreen Tidak Cocok © Diadona

Manfaat Sunscreen

Bisa dibilang nih percuma seluruh step pemakaian skincare yang kamu lakukan kalau kamu nggak menggunakan sunscreen. Emangnya sepenting apa sih sunscreen dan apa aja manfaatnya?

Mencegah terjadinya sunburn

Sunscreen menghalangi sinar UVB yang bisa bikin kulit kita terbakar atau sunburn. Nah, intensitas UVB ini juga nggak selalu sama setiap harinya, jadi, penting banget buat pakai sunscreen. Sinar UVB juga bisa menembus awan, lho, Diazens. Dapat disimpulkan, apapun cuacanya, sinar UVB pasti ada! 

Mengurangi risiko kanker kulit

Sinar UV bisa merusak DNA pada sel kulit. Kalau kerusakan ini bersifat permanen, seiring berjalannya waktu, kamu bisa terkena kanker kulit. Serem banget, ‘kan? Oleh karena itu, penting banget buat pakai sunscreen untuk mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Membatasi munculnya kulit berjerawat

Paparan sinar UV bisa membuat pembuluh darah kecil di wajahmu membesar dan menonjol. Hal ini menyebabkan bercak merah dan ungu serta noda kulit yang gak hilang-hilang. Menggunakan sunscreen membantu mencegah kerusakan ini dan mencegah terbentuknya pembuluh darah yang membesar.

Melindungi kulit dari penuaan dini

Sinar UV juga merupakan pelaku dari munculnya penuaan dini, termasuk kerutan, bintik matahari, dan kulit kendur. Saat sinar UV menembus kulit, mereka bakal merusak kolagen dan elastin. Nah, protein pada kulit ini yang memiliki jobdesk untuk menjaga kulitmu biar tetap kencang dan kenyal, tetapi karena paparan sinar UV, protein ini akan rusak dan menyebabkan terjadinya penuaan diri.

Mengurangi risiko hiperpegmentasi dan melasma

Paparan sinar UV kronis juga bisa menimbulkan bercak hitam pada kulit, seperti melasma dan hiperpigmentasi. Bintik-bintik ini dapat mengganggumu dan sangat sulit diobati. Setiap orang wajib banget memakai tabir surya setiap hari untuk membantu mencegah terbentuk atau bertambah buruknya bintik-bintik ini.

 

2 dari 3 halaman

Ciri-ciri Sunscreen Tidak Cocok © Diadona

Seperti produk skincare lainnya, nggak semua sunscreen bisa cocok di kulit kamu. Kamu perlu mengenali ciri-ciri sunscreen tidak cocok biar kamu nggak perlu repurchaase dan menyesal membeli produk tersebut.

Terlihat Berminyak

Salah satu ciri-ciri sunscreen tidak cocok adalah kulitmu lebih berminyak daripada sebelumnya. Kalau kamu merasa hal ini terjadi pada cuaca apapun, cepat-cepat ganti produk tabir suryamu karena minyak berlebih merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat.

Produk Sulit Diserap Kulit

Kamu harus lebih cermat pada hal ini, kalau sunscreen milikmu meninggalkan rasa lengket dan tidak nyaman pada kulitmu, bisa saja formulasi pada sunscreen tersebut yang tidak pas untuk kulitmu. Kamu perlu memilih produk lain yang tidak menunjukkan ciri-ciri sunscreen tidak cocok pada kulitmu.

Iritasi Kulit

Ciri-ciri sunscreen tidak cocok yang paling mudah ditemui adalah iritasi. Kalau kamu merasa kulitmu muncul kemerahan, gatal, perih, bahkan mengelupas, kamu wajib buru-buru kembali melakukan riset dan mencari produk lain yang lebih cocok untuk kulitmu.

Iritasi di kulitmu ini bisa aja disebabkan oleh bahan-bahan yang ada pada produk sunscreen tersebut

Kulit Terasa Seperti Tersengat

Penggunaan sunscreen bertujuan untuk menghindari sengatan matahari, tapi bila sunscreen milikmu malah bikin kulit terasa seperti tersengat, wah, mungkin kamu harus berganti produk sunscreen nih.

Dikutip dari Be Beautiful, rasa tersengat ini bisa saja muncul karena kandungan bahan avobenzone dan octinoxate dan kulit kamu sensitif dengan keduanya.

3 dari 3 halaman

Ciri-ciri Sunscreen Tidak Cocok © Diadona

Jerawat

Diazens, pasti kamu sangat amat menghindari timbulnya jerawat pada wajahmu? Kalau kamu baru aja ganti produk sunscreen, kemudian timbul jerawat, hati-hati, itu mungkin aja ciri-ciri sunscreen tidak cocok pada kulitmu! 

Nggak semua produk sunscreen, tetapi beberapa di antaranya memiliki kandungan bahan yang menyumbat pori-pori dan akhirnya menimbulkan jerawat. Timbulnya jerawat merupakan pertanda nyata kalau kamu nggak cocok sama produknya. Selain jerawat, bruntusan juga bisa dijadikan patokan ciri-ciri sunscreen tersebut nggak cocok di kulitmu.

Dikutip dari Female Daily, jerawat dan bruntusan akibat pemakaian sunscreen yang tidak cocok ini juga bisa terjadi karena kandungan ocopherol (vitamin E), alkohol, dan dimetichone. Bila sunscreen kamu mengandung salah satu dari tiga bahan tersebut, wah mungkin itu penyebab jerawat dan bruntusan yang tiba-tiba muncul nih!

Terasa Berat

Ciri-ciri sunscreen tidak cocok saat kamu ngerasa kulitmu terasa berat. Keadaan ini biasanya terjadi karena tipe kulitmu nggak cocok dengan sunscreen yang sedang kamu pakai.

Bila terus dipakai, maka sunscreen tersebut bisa bikin make up kamu cepet luntur atau nggak menempel di kulit.

Timbul Reaksi Alergi

Cermati baik-baik ingridients yang ada pada sunscreenmu. Satu kandungan yang menunjukkan ciri-ciri sunscreen tidak cocok bisa saja berakibat munculnya reaksi alergi pada kulitmu. Beberapa gejala reaksi alergi, antara lain bengkak dan gatal-gatal.

Jika kamu mengalami hal ini, hal yang penting banget buat kamu lakukan adalah ganti produk sunscreen punyamu dan berkonsultasi dengan dokter.

Kamu perlu mengingat ciri-ciri sunscreen tidak cocok tadi agar kamu nggak salah dalam memilih produk! Bila ternyata memang benar tidak cocok, sunscreen jangan buru-buru dibuang ya! Kamu bisa menggunakannya di bagian tubuh lain.

Penulis : Alvita Maharani

Beri Komentar