DIY Masker Rambut ala Rumahan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 2 Januari 2020 08:04
DIY Masker Rambut ala Rumahan
Daripada membeli, yuk buat sendiri masker rambut dengan bahan alami.

Beraktivitas di luar ruangan seringkali bisa merusak kesehatan rambut. Untuk itu, kamu harus rutin melakukan perawatan rambut agar tetap sehat dan indah. Perawatan rambut tidak melulu dilakukan di salon dengan harga yang mahal.

Kamu bisa merawat rambut sendiri di rumah, dengan mengenakan masker rambut. Tak perlu buang-buang uang untuk membelinya, bahkan kamu bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Ingin tau masker apa saja? Simak ulasan berikut, seperti yang dirangkum dari Womanitely (25/12).

1 dari 10 halaman

Avokad

Avokad © Diadona

Jika kamu memiliki rambut yang kering dan kusam, sebaiknya manfaatkan avokad untuk membuat rambutmu kembali lembut, halus dan terhidrasi. Cukup dengan memblender avokad kecil yang sudah matang, tambahkan 1/2 cangkir susu dan satu sendok makan minyak zaitun atau minyak almond. Kemudian oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas.

2 dari 10 halaman

Kuning Telur

Ilustrasi Kuning Telur © Diadona

Untuk membuat rambut kembali sehat dan lembap, kamu bisa menggunakan kuning telur. Cukup kocok kuning telur, 2 sendok makan minyak zaitun, secangkir susu dan perasan jus lemon. Oleskan pada kulit kepala dan seluruh rambut, diamkan 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

3 dari 10 halaman

Yogurt

Yogurt © Diadona

Ingin membuat rambut tampak berkilau? Gunakan masker yogurt. Aplikasikan 1/2 cangkir yogurt pada rambut yang lembap, kemudian pijat ringan. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4 dari 10 halaman

Pisang

Ilustrasi pisang © Diadona

Untuk menjaga kesehatan kulit kepala sekaligus mengatur produksi minyak, sebaiknya kamu menggunakan pisang. Campurkan 2 pisang matang, dengan satu sendok makan minyak kelapa, minyak zaitun dan madu. Oleskan campuran tersebut ke seluruh rambut, diamkan 5 menit, lalu bilas dengan air hangat.

5 dari 10 halaman

Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak Kelapa © Diadona

Rambut rusak, kering dan bercabang bisa diatasi dengan minyak kelapa. Cukup dengan menyimpakan minyak kelapa dan minyak zaitun, campurkan dengan perbandingan 2:1. Oleskan minyak tersebut pada bagian rambut, lalu bungkus dengan shower cap. Jika dirasa cukup, bilas dengan air. Cara ini bisa kamu lakukan dua kali dalam sebulan.

6 dari 10 halaman

Strawberry

Ilustrasi Strawberry © Diadona

Jika kamu memiliki masalah ketombe dan rambut berminyak, tak ada salahnya mencoba strawberry. Campurkan segenggam strawberry dengan satu sendok makan madu dan satu sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kepala dan diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

7 dari 10 halaman

Oatmeal

Yoghurt © Diadona

Oatmeal ternyata berguna dalam mengatasi masalah kulit kepala, seperti gatal dan munculnya ketombe. Cukup dengan mencampurkan satu sendok makan oat, satu sendok makan susu segar, dan satu sendok makan minyak almond atau minyak zaitun. Oleskan pada rambut kering, diamkan 25 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

8 dari 10 halaman

Madu dan Minyak Zaitun

Ilustrasi Madu © Diadona

Kombinasi madu dan minyak zaitun sangat cocok digunakan untuk rambut yang rusak. Campurkan 1/2 cangkir madu dan 1-2 sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran ini pada rambut lembap, biarkan kira-kira 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan cara ini seminggu sekali untuk mendapat rambut berkilau.

9 dari 10 halaman

Baking Soda

Ilustrasi Baking Soda © Diadona

Baking soda dipercaya mampu membuat rambut menjadi sehat, halus dan berkilau. Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan air, sampai membentuk pasta yang kental. Oleskan pada rambut yang basah, diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Jangan menggunakan cara ini terlalu sering, karena justru akan merusak rambut.

10 dari 10 halaman

Lemon Juice dan Minyak Zaitun

Ilustrasi buah lemon © Diadona

Campuran jus lemon dan minyak zaitun bisa memberikan manfaat yang ajaib, bahkan bagi rambut sekalipun. Campurkan 2 sendok makan jus lemon segar, 2 sendok makan air dan 2 sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan pada rambut yang basah, lalu pijat ringan. Diamkan kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Gunakan setiap sebulan sekali.


Nah, perawatan rambut bisa dilakukan sendiri di rumah kan? Bahkan dengan cara yang mudah dan harga yang relatif murah, kamu sudah bisa membuatnya. Tertarik mencobanya?

Beri Komentar