5 Tips Penting Rawat Rambut Keriting agar Tidak Mudah Rusak

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 16 November 2021 10:15
5 Tips Penting Rawat Rambut Keriting agar Tidak Mudah Rusak
Rambut keriting butuh perawatan ekstra loh..

Tak banyak yang tahu, rambut keriting ternyata memerlukan perawatan ekstra. Baik itu model rambut keriting kecil, keriting besar mengembang, hingga afro, semuanya butuh perhatian khusus.

Banyak yang menyebut jika rambut keriting lebih mudah rusak dibanding rambut lurus. Itulah sebabnya, perlu perawatan khusus agar rambut tetap sehat dan tidak mudah rusak.

Melansir dari Allure, berikut ada 5 tips penting yang perlu kamu lakukan untuk merawat rambut keriting. Kira-kira seperti apa caranya, simak selengkapnya ya!

1 dari 6 halaman

1. Pakai produk khusus sebelum keramas

Ilustrasi Produk Perawatan RambutIlustrasi Produk Perawatan Rambut © shutterstock.com/g/White bear studio

Perawatan khusus ini dimulai sejak sebelum keramas. Seorang blogger bernama Courtney Danielle menyatakan ada langkah pre-shampoo bagi pemiliki rambut keriting.

Langkah ini melibatkan pemakaian produk seperti minyak rambut, deep conditioner, serta hair serum. Deretan produk ini bisa diaplikasikan selama 20-30 menit sebelum keramas, untuk membuat rambut jadi lebih lembut, halus, mudah diatur, dan ternutrisi.

2 dari 6 halaman

2. Sisir rambut saat akan keramas

Usai melakukan langkah pre-shampoo, kamu perlu menyisir rambut sebelum keramas. Menyisirnya pun ada tahapannya nih, karena nggak bisa asal-asalan.

Pertama sisir rambut pakai jari-jari tangan, kemudian ulangi lagi menggunakan sisir yang bergigi renggang. Hal ini membantu rambut keriting agar tidak mudah kusut dan terhindar dari kerontokan.

3 dari 6 halaman

3. Gunakan sampo kombinasi

Ilustrasi KeramasIlustrasi Keramas © shutterstock.com/g/rido

Untuk rambut keriting, kamu bisa mengandalkan sampo kombinasi atau yang memiliki kemampuan ganda. Misalnya sampo yang diformulasikan untuk merawat kulit kepala, sekaligus melembapkan rambut agar tidak kusut.

Tips lain yang bisa dipraktikkan yakni dengan membasahi rambut dengan air hangat untuk mengangkat debu, kotoran, dan bakteri pada rambut. Kemudian aplikasikan sampo mulai dari akar hingga kulit kepala, lalu bilas dengan air dengan air biasa/dingin.

4 dari 6 halaman

4. Selalu aplikasikan kondisioner

Langkah selanjutnya yakni dengan menggunakan kondisioner. Selalu aplikasikan secara merata, namun hindari area kulit kepala.

Diamkan selama 5-10 menit, kemudian bungkus rambut dengan shower cap. Selanjutnya, bilas kondisioner pakai air dingin agar nutrisinya lebih mudah terserap ke dalam helai rambut.

5 dari 6 halaman

5. Pakai handuk khusus untuk keringkan rambut

Ilustrasi Handuk MikrofiberIlustrasi Handuk Mikrofiber © shutterstock.com/g/Kondoruk

Terakhir, keringkan handuk berbahan khusus, seperti microfiber. Handuk dengan bahan tersebut biasanya mempunyai serat yang lebih tipis.

Untuk handuk berbahan katun, biasanya memiliki lubang serat yang membuat rambut keriting mudah tersangkut di handuk. Hal ini bisa membuat rambut tidak kering secara maksimal, bahkan membuat rambut jadi lebih mudah rontok.

Beri Komentar