3 Cara Ampuh Menghilangkan Noda Tinta di Baju, Auto Bersih deh

Reporter : Yoyok
Kamis, 21 Maret 2024 23:40
3 Cara Ampuh Menghilangkan Noda Tinta di Baju, Auto Bersih deh
Tidak semua noda tinta memiliki metode yang sama dalam pembersihannya.

Ketika pakaian karena tercoret pulpen, pasti kamu auto ingin tahu bagaimana cara menghilangkan noda tinta di baju. Tinta memang sangat membantu dalam menulis di buku ataupun papan. Namun, tinta juga bisa sangat merugikan ketika sudah menempel di pakaian seperti baju atau celana.

Pada dasarnya, tinta bersifat permanen, jadi tidak bisa dihapus. Itulah mengapa kalau ada kata yang salah saat menulis di pulpen, kita mencoretnya atau menggunakan stipo. Maka dari itu, sebaiknya sebaiknya hati-hati menggunakan tinta karena akan sangat susah dihilangkan jika terkena pakaian.

Noda tinta yang menempel di baju tentu akan membuat penampilannya jadi buruk. Bahkan, kebanyakan kamu tidak akan menggunakan lagi pakaian tersebut.

Tim Diadona telah merangkum beberapa metode atau cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan noda tinta di baju. Cara berikut dibagi ke dalam jenis tinta yang menempel di baju.

1 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Noda Tinta Pulpen di Baju

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju © Diadona© shutterstock.com

Tinta yang pertama yaitu tinta pulpen. Tinta satu ini terbilang sulit untuk dihilangkan. Nah, berikut ini adalah cara menghilngkan noda tinta pulpen yang menempel di baju:

1. Segera letakkan handuk di bawah noda dan teteskan alkohol dengan pipet.

2. Gunakan tisu bersih untuk menyerap tinta yang terangkat.

3. Bilas dengan air dingin dan aplikasikan pembersih noda sebelum mencuci.

4. Cuci pakaian seperti biasa setelah memastikan noda telah hilang.

2 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Noda Tinta Spidol di Baju

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju © Diadona© shutterstock.com

Berikutnya yaitu tinta spidol yang juga terbilang sulit untuk dihilangkan. Biasanya yang sering kena noda tinta spidol para guru nih. Buat para guru, berikut ini adalah cara menghilangkan noda tinta spidol di baju:

1. Bilas noda dengan air dingin untuk menghilangkan sebanyak mungkin tinta.

2. Rendam pakaian dalam campuran air panas, deterjen cair tanpa pemutih, dan amonia.

3. Gosok lembut noda dan rendam selama 30 menit hingga satu jam.

4. Cuci pakaian menggunakan deterjen yang sama dan pastikan noda hilang sebelum mengeringkannya.

3 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Noda Tinta Spidol Permanen di Baju

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju © Diadona© shutterstock.com

Selanjutnya yaitu noda tinta dari spidol permanen. Untuk cara yang satu ini dibutuhkan usaha yang ekstra daripada sebelumnya. Berikut ini adalah cara menghilangkan noda tinta spidol permanen di baju:

1. Tempatkan handuk di bawah noda dan gunakan pipet untuk mengoleskan alkohol.

2. Ganti handuk jika terlalu kotor dan terus oleskan alkohol hingga tinta terangkat.

3. Bilas pakaian dan cek apakah noda hilang. Ulangi langkah jika perlu.

4. Cuci pakaian setelah memastikan noda benar-benar hilang.

4 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju Warna Putih

Baju putih kerap kali jadi korban noda tinta. Karena warnya yang terang benderang, jika terkena tinta, maka akan mudah terlihat. Berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan noda tinta di baju warna putih.

Cuka

Selain digunakan untuk menjaga kesehatan gigi, ternyata cuka dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan noda tinta di baju warna putih yang efektif, lho! Caranya, campurkan cuka dengan air, kemudian rendam baju yang terkena noda tinta selama beberapa saat sebelum dibilas menggunakan mesin cuci.

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju © Diadona© shutterstock.com

Soda Kue

Soda kue juga merupakan cara menghilangkan noda tinta di baju warna putih yang mudah didapat dan efektif. Caranya, campurkan soda kue dengan air, kemudian oleskan pada noda dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas. Selain itu, cara menghilangkan noda tinta di baju bisa menggunakan adonan campuran cuka dan baking soda, kemudian oleskan pada noda sekitar 20 menit sebelum dicuci dengan mesin cuci.

5 dari 7 halaman

Pasta Gigi

Cara menghilangkan noda tinta di baju warna putih selanjutnya adalah dengan menggunakan pasta gigi. aranya sangat mudah, yakni kamu tinggal mengoleskan pasta gigi pada noda tinta di baju lau gosok dengan lembut dan perlahan hingga noda tinta menghilang, setelah dibilas dengan air bersih, kamu sudah bisa mencucinya seperti biasa lagi.

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju © Diadona© shutterstock.com

Aseton

Selain menggunakan pasta gigi, kamu juga bisa memanfaatkan aseton sebagai cara menghilangkan noda tinda di baju dengan mudah dan efektif.

Caranya, tuangkan 1 atau 2 tetes cairan aseton pada bagian yang terkena noda tinta lalu tekan-tekan dengan kain bersih untuk menyerap noda tinta pada baju tersebut. Selanjutnya, rendam baju putih tersebut dengan air hangat dengan mencampurkan 1/2 sendok deterjen bubuk. Diamkan selama 10-30 menit kemudian kamu bisa mencuci baju putih seperti biasa.

6 dari 7 halaman

Garam

Langkah kelima dari cara menghilangkan noda tinda di baju adalah menggunakan garam. Selain lebih hemat, cara yang satu ini juga sangat mudah untuk diterapkan. Kamu cukup meneteskan cairan cuka pada area bernoda di baju lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian tuangkan 2 tetes sabun cuci cair di atas nodanya dan gosok perlahan hingga nodanya hilang.

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju © Diadona© shutterstock.com

Sabun Cuci Piring

Kalau soda kue dan cuka bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan noda tinta di baju berwarna putih, ternyata sabun cuci piring juga bisa membantumu dalam menghilangkan noda tinta di baju berwarna.

Caranya, oleskan cairan pada noda dan biarkan selama beberapa menit, lalu bilas lalu cuci dengan mesin cuci seperti biasa. Cara menghilangkan noda tinta di baju menggunakan sabun cuci piring bisa membuat warna baju tetap awet dan bebas kusam.

7 dari 7 halaman

Alkohol

Cara menghilangkan noda tinta di baju warna putih berikutnya ialah dengan memanfaatkan cairan beralkohol seperti hairspray non-aerosol ataupun hand sanitizer gel. Caranya cukup mudah, kamu bisa menyemprotkannya cairan alkohol hingga permukaan noda mulai memudar karena basah, kemudian gosok secara perlahan supaya kain tidak rusak, lalu bilas dengan air dingin.

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju © Diadona© shutterstock.com

Susu

Kamu juga bisa memanfaatkan susu sebagai cara menghilangkan noda tinta di baju berwarna. Sebab, zat laktosa pada susu terbukti ampuh untuk membantu meluruhkan tinta tanpa merusak pakaian. Caranya, rendam baju selama beberapa menit lau gosok noda tinta secara perlahan, kemudian bilas dan bersihkan baju dengan air dingin. Mudah, kan?

Itulah beberapa cara menghilangkan noda tinta di baju yang bisa kamu coba. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar