Cara Memakai Rok Lilit Batik Saat Kondangan yang Praktis dan Sesuai dengan Bentuk Tubuhmu

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 19 Agustus 2020 07:59
Cara Memakai Rok Lilit Batik Saat Kondangan yang Praktis dan Sesuai dengan Bentuk Tubuhmu
Begini cara memakai rok lilit yang praktis saat kondangan.

Rok lilit merupakan salah satu outfit yang cukup populer untuk digunakan saat kondangan atau acara-acara resmi. Selain itu, penggunaan rok lilit yang identik dengan batik nggak pernah salah kalau digunakan dalam kondisi apapun.

Namun sayangnya masih banyak orang yang kesulitan saat cara memakai rok lilit, sehingga tidak sedikit dari kalian yang lebih memilih pakai rok saat menghadiri kondangan.

Nah, kalau kamu masih penasaran bagaimana cara memakai rok lilit yang baik dan terlihat menarik, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Memakai Rok Lilit Batik

Cara Memakai Rok Lilit © Diadona

Seperti yang diketahui, rok lilit merupakan sebuah rok yang dibuat tanpa dipola dan dijahit. Jadi, bentuk dasar dari rok lilit hanya berupa lembaran kain biasa, bisa dari kain batik, atau kain songket.

Tapi beberapa dari kamu mungkin malas memakai kain lilit karena tidak mau repot memasangnya dan takut mudah lepas. Tenang, berikut cara memakai rok lilit batik yang mudah dan sesuai dengan bentuk tubuhmu.

1. Kain Lilit Bentuk Kulot untuk Kamu yang Bertubuh Tinggi

Kalau kamu memiliki ukuran tubuh yang tinggi, maka kamu bisa mencoba cara memakai rok lilit dengan bentuk kulot. Caranya bagaimana?

- Langkah pertama memakai rok lilit ialah ambil satu lembaran kain yang akan kamu gunakan, lalu lilitkan ke belakang pinggang dan ikat sampai kuat.

- Letakkan sisi sebaliknya dan masukkan dari bawah kaki, lalu bawa ke belakang pinggang dan ikatkan di depan pinggang.

- Terakhir, ikat kain lilit denga kencang. Taraa! jadi deh kulot panjang. Ohya, model ini sangat cocok buat bentuk tubuh apapun dan cocok dipadukan dengan atasan kebaya potongan modern.

2 dari 4 halaman

2. Kain Lilit dengan Motif Tumpal untuk Kamu yang Ingin Terlihat Lebih Berisi

Cara Memakai Rok Lilit © Diadona

Buat kamu yang punya kain dengan detail motif tumpal, maka wajib coba cara memakai rok lilit batik berikut ini.

- Pertama, lilitkan kain di pimggan dengan posisi motif tumpal di depan dan pertemukan ujungnya. Lalum ambil dua ujung kain pada pinggang kiri dan kanan.

- Selanjutnya, ikatkan kedua pucuk kiri dan kanan sampai mengikat kencang di pinggang kemudian ambil kedua ujungnya dan bikin lipitan drapery kira-kira sepanjang 20 cm.

- Cara memakai rok lilit batik berikutnya adalah hadapkan lipatan ke depan, rapikan dan hadapkan lagi lipatannya ke arah dalam.

- Jangan lupa sematkan peniti supaya kuat di sisi kiri dan kanan, lalu rapikan kembali tumpalnya serta pastikan posisinya tepat di tengah. Selesai.

Mengingat cara memakai rok lilit batik ini menambahkan detail di depan, maka buat kamu yang memiliki bentuk tubuh kurang proporsional sebaiknya dihindari ya, guys.

3 dari 4 halaman

3. Kain Lilit dengan Aksesoris Ring Buat Kamu yang Bertubuh Mungil

Cara Memakai Rok Lilit © Diadona

Selain dua cara diatas, adapula cara memakai rok lilit lainnya dengan menggunakan ring. Penggunaan ring pada rok lilit tentu akan membuatmu terlihat lebih menarik saat menghadiri kondangan, untuk itu simak ulasan berikut ini.

- Langkah pertama saat memakai rok lilit batik menggunakan ring ialah posisikan tubuhmu di tengah kain yang direntangkan.

- Kemudian tarik ujung-ujungnya ke depan pinggang, lalu masukkan ujung kiri kain ke ring, tarik kencang dan lanjutkan dengan ujung kanan kain.

- Terakhir, rapikan lilitan belakang agar tidak mengganggu penampilanmu. Ohya, supaya penampilanmu makin elegan, pilih ring dari bahan tembaga dan motif unik ya.

4 dari 4 halaman

Cara Memakai Rok Lilit Pendek

Cara Memakai Rok Lilit © Diadona

Untuk menunjang penampilan supaya makin stylish saat menghadiri kondangan, biasanya para perempuan memamupadakan dengan mengenakan salah satu model rok yang cukup populer yakni rok lilit.

Rok lilit sendiri sebenarnya sebuah rok yang dibuat tanpa pola dan jahitan, sehingga cara memakai rok lilit pun terbilang sangat mudah. Selain itu, menggunakan rok lilit juga membuat penampilanmu sangat simple lantaran bisa divariasikan ke dalam berbagai macam gaya.

Untuk itu, berikut cara memakai rok lilit pendek dengan ikat pita yang sangat mudah dan praktis.

1. Langkah pertama memakai rok lilit pendek adalah bentangkan kain secara memanjang pada belakang tubuh kamu dan pastikan bagian dalam kain menghadap tubuh.

2. Kemudian tarik kedua ujung kain ke arah depan, lalu kencangkan lilitan kain pada tubuh dan ikan di bagian depannya.

3. Cara memakai rok lilit pendek selanjutnya adalah rapikan sisi ujung kain menjadi bentuk pita supaya penampilanmu terlihat semakin sempurna. Selesai.

Itulah cara memakai rok lilit yang praktis dan sesuai dengan bentuk tubuhmu. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar