Berapa Banyak sih Takaran Skincare yang Perlu Dipakai untuk Rutinitas Perawatan Kulit?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 9 Januari 2023 16:15
Berapa Banyak sih Takaran Skincare yang Perlu Dipakai untuk Rutinitas Perawatan Kulit?
Mulai dari oil, cream, lotion hingga serum, udah pas belum takarannya?

Layering skincare pasti udah nggak asing bagi sebagian orang. Umumnya, layering skincare akan dimulai dari produk yang paling ringan dan diakhiri dengan yang paling padat. Namun, ada pertimbangan lain yang justru sering terlupakan, yakni soal jumlah atau takaran setiap produk yang digunakan.

Melansir dari Asia One, menggunakan skincare dalam jumlah yang nggak tepat bisa menyebabkan iritasi, peradangan, kemerahan, kulit kering, pengelupasan, serta residu pada kulit karena produk tidak terserap dengan benar. Itulah sebabnya, penting banget untuk mengetahui berapa banyak takaran skincare yang perlu diaplikasikan agar bisa menunjukkan hasil optimal.

Menurut Dr Marisa Garshick, seorang dokter kulit bersertifikat, ada dua faktor penting yang menentukan berapa banyak produk yang akan diaplikasikan ke kulit. Pertama adalah mengenai tekstur, sedangkan faktor lain adalah mengenai konsentrasi bahan aktif dalam formula.

Jadi berapa banyak takaran dari setiap produk yang perlu diterapkan? Yuk, simak rekomendasi dari para ahli berikut ini.

1 dari 5 halaman

1. Cleanser

Ilustrasi Pakai Cleanser © Diadona

Konsistensi cleanser akan menentukan seberapa banyak jumlah yang perlu kamu aplikasikan. Sebagai aturan umum, kamu bisa menggunakan clenaser seukuran kemiri untuk cleanser bertipe gel, lotion, dan cream.

Jika kamu menggunakan produk yang dikeluarkan dari pompa dan berbentuk busa, kamu bisa menggunakan kira-kira seukuran bola pingpong. Perlu diingat, takaran ini hanya cukup untuk area wajah. Jika kamu ingin membersihkan bagian leher juga, maka gandakan ukurannya.

2. Toner dan essence

Toner dan essence diformulasikan untuk melembapkan kulit, kebanyakan orang lebih suka mengaplikasikannya menggunakan kapas. Sebaliknya, para ahli justru merekomendasikan untuk menuang langsung ke telapak tangan dan diaplikasikan dengan memberi tepukan lembut pada kulit. Cara ini meminimalisir hilangnya produk karena menempel pada aplikator.

Untuk toner, aplikasikan kira-kira seukuran ceri untuk seluruh wajah. Kamu bisa mengaplikasikan beberapa lapis jika memang ingin membuat kulit tampak dewy dan plump.

2 dari 5 halaman

3. Serum

Ilustrasi Pakai Serum © Diadona

Serum biasanya dilengkapi formula dengan bahan-bahan tertentu yang mengandung konsentrasi tinggi. Dari segi kuantitas, serum bisa diaplikasikan sedikit atau seukuran almond untuk memaksimalkan penyerapan.

Corey Hartman, dokter kulit bersertifikat, merekomendasikan untuk penggunaan memakai teknik 'titik'. Ambil titik di dahi, hidung, dagu, dan pipi, kemudian gosok serum dengan lembut sampai merata ke seluruh kulit dan terserap sepenuhnya.

4. Krim mata

Area yang diolesi krim mata relatif kecil, sehingga jumlah yang dibutuhkan pun nggak terlalu banyak. Penggunaan krim mata secara berlebihan bisa menyebabkan efek samping seperti iritasi, hipersensitivitas, kista milia, atau memicu bengkak dan kantung mata yang menebal.

3 dari 5 halaman

5. Moisturizer

Ilustrasi Pakai Moisturizer © Diadona

Pengaplikasian moisturizer ditentukan oleh jenis kulit setiap orang. Namun yang pasti, moisturizer harus dioleskan secara tipis dan rata hingga melapisi seluruh bagian wajah.

" Untuk kulit seimbang hingga kombinasi, moisturizer berdiameter sekitar 2 cm akan bekerja dengan baik. Jika kamu memiliki kulit yang terlalu kering, menggunakan sedikit lebih banyak akan lebih baik untuk memenuhi kebutuhan kelembapan kulit," ujar Corey Hartman.

6. Sunscreen

Wajah setidaknya memerlukan 1/4 sendok teh sunscreen dan 1/2 sendok teh lagi untuk bagian leher dan dada. Cara termudah untuk menentukan takarannya adalah menggunakan dua jari, yakni garis sepanjang jari telunjuk dan jari tengah. Untuk sunscreen, kamu perlu melakukan re-touch setiap 2-3 jam sekali.

4 dari 5 halaman

7. Face oil

Ilustrasi Pakai Face Oil © Diadona

Face oil memiliki ukuran molekul terbesar dari semua produk perawatan kulit, itulah sebabnya prdouk ini seringkali diaplikasikan pada akhir rutinitas atau sesusah pelembap. Untuk mengcover seluruh wajah, setidaknya kamu butuh 2-3 tetes face oil agar bisa menciptakan penghalang sehingga kelembapan bisa terkunci.

Untuk face oil, sebaiknya jangan diaplikasikan dengan cara mengoleskannya pada kulit. Akan lebih baik jika face oil dituang pada telapak tangan, ratakan, kemudian tepukkan di kulit wajah dengan lembut.

8. Teknik aplikasi

Setelah mengetahui takaran yang tepat untuk digunakan, maka kamu juga perlu mengetahui metode aplikasi yang benar loh~

Toner, essence, serum, krim mata akan terserap lebih baik saat dioleskan ke kulit. Tidak hanya memberikan perawaan yang lembut, tapi juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan membuat produk menyebar lebih merata.

Beri Komentar