9 Cara Bikin Bedak Menempel di Wajah Tanpa Perlu Pakai Foundation

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 20 Februari 2024 08:19
9 Cara Bikin Bedak Menempel di Wajah Tanpa Perlu Pakai Foundation
Ini loh tips yang bisa kamu ikuti.

Bedak jadi salah satu rangkaian makeup yang nggak bisa dilewatkan. Biasanya, penggunaan bedak dilakukan setelah pengaplikasian foundation.

Meski terlihat sebagai paduan sempurna, nyatanya penggunaan foundation setiap hari dalam jangka waktu yang lama justru kurang baik. Pasalnya bisa membuat kulit sulit bernapas hingga mudah mengalami masalah jerawat.

1 dari 6 halaman

Lantas, apakah bisa bedak diaplikasikan tanpa foundation? Melansir dari Refinery29, ternyata ada 4 tips untuk membuat bedak tetap menempel sempurna tanpa perlu pakai foundation loh!

Penasaran seperti apa caranya, simak selengkapnya yaa..

2 dari 6 halaman

Ilustrasi Cuci Muka © Diadona

1. Pastikan Wajah dalam Kondisi Benar-benar Bersih

Hal pertama yang perlu diperhatikan yakni pastikan wajah berada dalam kondisi yang bersih dan kering. Jangan sampai ada kotoran yang masih menempel atau bekas makeup yang masih tersisa.

Kamu bisa menggunakan micellar water, face wash, milk cleanser, hingga toner sebagai rangkaian pembersih wajah. Pastikan wajah benar-benar kering sebelum diaplikasikan bedak.

Ilustrasi Kompres Es Batu © Diadona

2. Gunakan Air Es atau Es Batu

Cara yang satu ini juga bisa jadi alternatif yang patut kamu pertimbangkan. Usai membersihkan wajah, kamu bisa mengompres wajah dengan air es atau es batu selama 10-15 menit.

Air dingin dan es batu dipercaya bisa membantu mengontrol produksi minyak dan menjaga pori-pori tetap rapat. Usai mengompres, diamkan wajah sampai benar-benar kering dari air ya.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Moisturizer © Diadona

3. Pakai Moisturizer dan Sunscreen

Tak banyak tahu, moisturizer justru bisa membuat bedak tampak fresh meski tidak dibarengi dengan pemakaian foundation. Termasuk pada kulit berminyak, moisturizer dipercaya bisa menjafa keseimbangan kulit.

Selain itu, penggunaan sunscreen pun disarankan oleh Dr. Howard Murad, pendiri Murad Skincare. Sebagai pengganti foundation, kamu bisa menggunakan tinted sunscreen yang memiliki shade warna untuk menutupi bekas jerawat dan noda hitam.

Ilustrasi Bedak Tabur © Diadona

4. Gunakan Bedak Tabur

Yang paling penting yakni gunakan jenis bedak tabur. Bedak tabur bisa dijadikan pengganti foundation. Sebagai tips, gunakan powder brush agar makeup tidak terlalu tebal dan tetap merata.

Jika sudah, kamu bisa mengaplikasikan maskara, blush on, serta eyeshadow di area wajah.

 

4 dari 6 halaman

Tips Agar Bedak Menempel Tahan Lama © Diadona

5. Aplikasikan Secukupnya

Salah banget kalau kamu mengira dengan mengaplikasikan bedak sebanyak-banyaknya bisa bikin bedak kamu makin nempel. Nyatanya, menggunakan bedak dengan jumlah yang banyak malah bikin kamu terlihat dempul.

Gunakan bedak secukupnya dan fokus pada area T-zone kamu. Biasanya, T-zone merupakan area yang sering berminyak.

6. Gunakan Teknik Baking

Baking merupakan salah satu teknik yang populer buat bikin bedak kamu menempel. Caranya juga mudah, setelah kamu udah beres menggunakan foundation dan concealer, gunakan brush untuk mengaplikasikan loose powder.

Kemudian aplikasikan pada dahi, dagu, dan area di bawah mata. Hasil akhir dari teknik ini flawless banget dan bikin bedak kamu semakin awet pada wajah!

5 dari 6 halaman

Tips Agar Bedak Menempel Tahan Lama © Diadona

7. Menggunakan Primer sebagai Base Make Up

Selain skin prep kamu juga perlu menggunakan primer jika ingin bedak kamu menempel dan tahan lama. Primer memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan fungsi base makeup kamu.

Selain itu, primer bisa membantu melembapkan wajah kamu juga, lho. Oleh karena itu, penggunaan primer sebagai salah satu dasar makeup juga penting.

8. Sesuaikan dengan Tipe Kulit

Jika kamu ingin bedak kamu long lasting, jangan melakukan random pick pada produk yang akan kamu gunakan. Pilih produk dengan formulasi yang pas untuk jenis kulit kamu.

Mengingat produk yang cocok buat oily skin nggak selalu menjadi pilihan yang pas buat dry skin, kamu harus pilih yang pas, ya!

9. Gunakan Setting Spray

Penggunaan setting spray pada akhir rangkaian makeup menjadi hal yang paling penting! Selain bikin awet, setting spray juga bikin makeup kamu nggak kelihatan cakey.

Setting spray bisa kamu pakai setelah rangkaian makeup kamu selesai. Jangan lupa untuk menunggunya hingga kering baru deh kamu bisa cus berangkat.

6 dari 6 halaman

Penyebab Bedak Tidak Menempel © Diadona

Penyebab Bedak Tidak Menempel

Padahal udah mencoba berbagai cara, eh, bedak tetap nggak menempel. Kira-kira penyebabnya apa ya? Coba deh kamu ingat-ingat lagi, urutan penggunaan makeup kamu udah benar atau belum. Jangan-jangan kamu masih melewatkan step-step penting yang mempengaruhi awetnya bedakmu.

Melewatkan Step Skin Preparation

Step yang satu ini penting banget karena bisa membantu bedak kamu makin nempel. Skin preparation hukumnya wajib bagi jenis kulit apapun tanpa terkecuali.

Nah, kalau kamu mager banget buat melakukan skin preparation, ingat beberapa skincare yang menjadi kunci utama dalam step ini aja. Ada tiga skincare penting yang nggak boleh kamu lewatkan, yaitu pembersih wajah, pelembap, dan sunscreen.

Pemakaian Foundation Berlebih

Sesuatu yang digunakan secara berlebihan nggak bakal memberikan hasil yang bagus. Begitu pula dengan penggunaan foundation. Jika kamu menggunakan foundation terlalu banyak, bedak akan semakin sulit untuk menempel pada kulit kamu.

Selain itu, penggunaan bedak yang terlalu cepat tanpa menunggu foundation mengering juga menjadi salah satu penyebab bedak kamu nggak awet.

Terlalu Banyak Menyentuh Wajah

Salah satu penyebab bedak nggak awet yang banyak orang nggak sadar adalah terlalu sering menyentuh wajah. Memang terkadang aktivitas tangan kita nggak terkontrol dan sering banget secara nggak sadar kita pegang-pegang wajah.

Namun, aktivitas tersebut harus kamu hindari karena selain bikin bedak nggak menempel, menyentuh wajah juga bisa memberikan dampak buruk karena tangan merupakan sumber kuman.

Nggak Memakai Loose Powder

Selain menerapkan skin prep dan menggunakan setting spray, mengeset makeup dengan loose powder juga wajib! Mau jenis apapun foundation yang kamu gunakan, penting untuk mengakhirinya dengan loose powder. Hanya dengan satu produk makeup ini, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat.

Loose powder sendiri memiliki fungsi untuk menahan minyak sehingga makeup kamu nggak bakal bergeser. Terlebih lagi pada area T-zone yang lebih banyak mengeluarkan minyak, kamu bisa memfokuskan penggunaan loose powder pada area tersebut.

Gimana, gampang banget kan? Dengan trik ini, makeup bisa lebih tahan lama dan nggak memberi efek berat di wajah. Selamat mencoba!

Penulis : Olivia Elsa, Alvita Maharani

Beri Komentar