Sering Duduk Terlalu Lama saat Hamil? Ini Lho Bahayanya, Moms

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 9 Juli 2020 10:30
Sering Duduk Terlalu Lama saat Hamil? Ini Lho Bahayanya, Moms
Apa sih bahayanya?

Saat hamil, ada berbagai hal yang kadang membuat kita jadi malas bergerak. Apalagi, adanya perubahan pada tubuh seperti perut yang semakin membesar seiring kehamilan membuat kita secara nggak sadar lebih memilih duduk dalam waktu yang lama.

Meski terlihat sepele, siapa sangka duduk terlalu lama saat hamil ternyata bisa berbahaya lho Moms. Apa aja sih bahayanya?

1 dari 4 halaman

Risiko Diabetes Gestasional

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Melansir dari futurity.org, sebuah studi menunjukkan adanya peningkatan risiko kenaikan berat badan dan diabetes gestasional pada ibu hamil yang terlalu banyak duduk.

" Diabetes gestasional bisa meningkatkan risiko komplikasi kelahiran untuk ibu dan bayi. Karena itu, penting bagi kita untuk meminimalkan risiko ini dengan mengurangi waktu yang dihabiskan ibu hamil untuk duduk," kata Nithya Sukumar, seorang peneliti di Warwick Medical School.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Depresi

Penelitian ini melibatkan 1.263 wanita hamil yang diminta untuk melaporkan tingkat aktivitas fisik dan kesejahteraan emosional mereka pada trimester pertama kehamilan dan pada tahap akhir trisemester kedua.

Selain mengalami risiko kenaikan berat badan dan diabetes gestasional, duduk dalam waktu lama saat hamil juga bisa meningkatkan terjadinya depresi pada ibu hamil lho Moms.

Dalam penelitian ini, Tim peneliti dari University of Warwick dan Rumah Sakit George Eliot NHS Trust, Nuneaton menemukan bahwa wanita yang memiliki gejala depresi cenderung duduk dalam periode yang lebih lama.

3 dari 4 halaman

Kenaikan Berat Badan

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Selain itu, ibu hamil yang menghabiskan lebih banyak waktu duduk di trimester kedua juga kurang berolahraga. Nah, ibu yang tak banyak bergerak bisa mengalami peningkatan berat badan yang signifikan antara trimester pertama dan kedua.

Nggak hanya itu Moms, para peneliti juga menemukan bahwa wanita hamil yang duduk dalam waktu lama punya kadar glukosa darah lebih tinggi sekitar pada minggu ke 28 kehamilan. Hal ini bisa menyebabkan risiko lebih tinggi terkena diabetes gestasional.

Beri Komentar