5 Jenis Makeup ini Ternyata Perlu Dihindari saat Wajah Berjerawat, Udah Tau Belum?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 10 Agustus 2021 09:15
5 Jenis Makeup ini Ternyata Perlu Dihindari saat Wajah Berjerawat, Udah Tau Belum?
Wajah berjerawat harus ekstra hati-hati saat makeup.

Perempuan dan makeup kini sudah jadi satu bagian yang susah dipisahkan. Apalagi jika dituntut berpenampilan menarik dalam aktivitas sehar-hari, maka makeup adalah penolong sekaligus penyempurna penampilan.

Meski makeup berjasa banget untuk membuat penampilan seseorang tampak paripurna, namun tentu makeup nggak bisa diaplikasikan secara sembarangan. Terutama bagi kamu yang memiliki jenis kulit mudah berjerawat, ada beberapa jenis makeup yang perlu dihindari.

Melansir dari The Carousel, berikut ada 5 jenis makeup yang sebaiknya nggak digunakan saat wajah sedang berjerawat. Check this out!

1 dari 6 halaman

1. Foundation Dewy Finished

Ilustrasi Foundation © Diadona

Jika kamu memiliki tipe kulit yang rentan berminyak dan berjerawat, sebaiknya hindari pemakaian foundation dengan dewy finished. Untuk mendapatkan hasil makeup yang glowing tanpa adanya produksi minyak berlebih, kamu bisa memilih liquid foundation atau CC cream yang memiliki formulasi lebih ringan.

2 dari 6 halaman

2. Bedak padat

Ilustrasi Bedak Padat © Diadona

Saat wajah berjerawat, sebisa mungkin hindari penggunaan bedak padat, ya Girls. Bedak padat membuat makeup pada wajah jadi mudah cracking, pori-pori pun jadi tersumbat dan susah dibersihkan, sehingga berpotensi menimbulkan jerawat baru. Sebagai gantinya, lebih baik kamu pakai bedak tabur supaya penampilanmu terlihat lebih natural dan makeup mu nggak terkesan berat.

3 dari 6 halaman

3. Makeup yang mengandung alkohol

Ilustrasi Makeup © Diadona

Dr. James E. Fulton, seorang dermatologis, mengungkap bahwa makeup yang mengandung alkohol bisa memicu dan memperparah jerawat di wajah. Secara umum, makeup dengan kandungan alkohol memang bisa menghilangkan sebum/minyak, namun di sisi lain hal itu justru merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak guna menghidrasi kulit. So, sebaiknya hindari dulu penggunaan makeup yang mengandung alkohol yaa..

4 dari 6 halaman

4. Pigmen merah dalam makeup

Ilustrasi Lip Tint © Diadona

Menggunakan lip tint sebagai blush on mungkin sudah nggak asing lagi, namun hal tersebut ternyata bisa memicu timbulnya jerawat. Pasalnya, lip tint memiliki pigmen merah dengan kandungan coal tar. Kandungan ini diketahui bersifat comedogenic, yang berarti bisa memicu timbulnya komedo dan jerawat. Sebaiknya, gunakan blush on seperti biasa agar kulit di area pipi tetap aman dari jerawat.

5 dari 6 halaman

5. Produk oil-based

Ilustrasi Makeup © Diadona

Sejumlah produk oil-based yang memiliki kandungan cocoa butter dan mineral oil sebaiknya dihindari jika kulit sedang berjerawat. Penggunaan makeup dengan kandungan tersebut diketahui bisa membuat wajah jadi semakin berminyak. Hal ini membuat bakteri lebih mudah menempel di kulit dan membuat jerawat lebih mudah muncul.

6 dari 6 halaman

Itu dia sejumlah makeup yang perlu dihindari saat wajah berjerawat. Kamu bisa menggunakannya kembali saat wajah sudah dalam kondisi sehat, tanpa adanya produksi minyak berlebih dan jerawat membandel. Semoga bermanfat ya!

Beri Komentar