10 Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Cara Menghilangkannya Ini Perlu Kamu Ketahui, Girls!

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 7 Juli 2020 11:39
10 Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Cara Menghilangkannya Ini Perlu Kamu Ketahui, Girls!
Biar bisa mengatasinya sesegera mungkin, kenali dulu penyebab flek hitam ini.

Penyebab flek hitam di wajah itu karena adanya peningkatan produksi melanin di kulit girls. Nah, pemicunya ada banyak banget. Bisa jadi karena terlalu lama terpapar sinar matahari. Flek hitam merupakan bintik-bintik kecil di kulit yang warnanya lebih gelap daripada area di sekitarnya.

Flek hitam atau ephelis ini sering dibilang freckles yang ada juga jenis lainnya, yaitu lentigo. Salah satu jenis lentigo adalah solar lentigo. Biasanya ia sering muncul saat usia sudah tua atau dialami para lansia.

Memang sih, keadaan flek hitam di wajah itu wajar dialami semua orang. Apalagi kalau musim panas dan dialami yang berkulit putih. Tapi tentu saja agak mengganggu penampilanmu ya? Untuk itu, kenali penyebab flek hitam dan cara menghilangkannya.

1 dari 7 halaman

Penyebab Flek Hitam di Wajah

Sinar Matahari Penyebab Flek Hitam © Diadona
Penyebab Flek hitam muncul di kulit karena adanya penyerapan sinar ultraviolet yang menyebabkan peningkatan produksi melanin. Melanin sendiri merupakan pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Semakin banyak melanin yang ada di kulit, maka semakin gelap pula warna kulit orang tersebut.

Itu kenapa sinar ultraviolet dari matahari berpengaruh menjadi penyebab flek hitam. Kalau melanin sudah menumpuk karena sinar matahari ini maka warna kulitnya lebih gelap daripada area sekitarnya. Sehingga tampak muncul seperti bintik-bintik.

Inilah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab flek hitam di wajah:

Sinar Matahari


Seperti yang sudah sempat dibahas, sinar matahari adalah penyebab flek hitam di wajah yang paling umum. Itu kenapa buat kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan berisiko mengalami flek hitam di wajah. Penting banget nih buat melindungi wajah sebelum keluar rumah sebagai pencegahan.

2 dari 7 halaman

Kosmetik

Kosmetik Penyebab Flek Hitam © Diadona
Krim pelindung wajah memang penting, namun juga harus memperhatikan bahan kimia dalam kosmetik ya girls! Ada beberapa pbahan kimia yang bisa memicu melanocyte atau produksi melanin yang berlebih.

Selain itu beberapa bahan di dalam kosmetik juga bisa memicu munculnya fotosensitivitas. Kondisi ini membuat kulit wajah lebih sensitif sama sinar matahari meskipun kamu sudah berada dalam ruangan seharian.

Hormon


Pengaruh hormon yang nggak seimbang bisa menjadi penyebab flek hitam di wajah. Misalnya seperti hormon esterogen, progesteron dan melanin stimulating yang nggak seimbang. Biasanya kondisi ini sering dialami perempuan hamil di trimester ketiga.

 

3 dari 7 halaman

Kekurangan Vitamin

Ilustrasi Makanan Vitamin B12 © Diadona
Nutrisi juga penting girls. Nggak hanya buat kesehatan organ dalam, tapi juga buat penampilan luarmu. Kalau kekurangan vitamin yang merupakan asupan penting ini bisa mengganggu kesehatan kulit wahah.

Kamu bisa menghindari munculnya flek hitam dengan mengonsumsi vitamin B12, vitamin K dan vitamin E dari makanan atau pil.

Genetik


Munculnya flek hitam pada wajah juga bisa karena faktor genetik loh! Pigmentasi kulit ini kan menjadi penyebab flek hitam, nah persentase terjadinya sekitar 20-70 persen.

Flek hitam akan dialami oleh orang yang memiliki keturunan hispanik dan berkulit gelap. Meskipun, flek hitam lebih sering dialami orang yang berkulit putih.

4 dari 7 halaman

Usia

Penyebab Flek Hitam © Diadona
Nah, usia juga salah satu penyebab flek hitam di wajah. Seseorang yang sudah tua cenderung lebih berisiko mengalami flek hitam ini. Sebab elastisitas di wajah akan menghilang. Sehingga kulit lebih rentan dengan sel-sel kulit yang rusak dan bintik-bintik.

Jenis flek hitam yang muncul pada usia tua disebut lentigine. Pencegahannya bisa dengan menggunakan krim anti-enuaan sejak berusia 30 tahun.

Peradangan


Mengalami peradangan karena jerawat atau alergi yang meninggalkan bintik hitam di wajah juga bisa menjadi penyebab flek hitam loh! Saat peradangan atau alergi sudah sembuh, kulit secara alami akan menghasilkan melanin yang berlebih dan menggelapkan kulit jadi muncul flek hitam.

5 dari 7 halaman

Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Cara Menghilangkannya

Penyebab Flek Hitam dan Cara Menghilangkannya © Diadona
Selain hal-hal yang di atas, berikut ini faktor yang meningkatkan penyebab flek hitam di wajah dan cara menghilangkannya.

1. Berkulit putih atau cerah.

2. Terlalu lama terpapar sinar matahari langsung.

3. Memiliki keluarga yang juga mengalami flek hitam di wajah atau faktor genetik.

6 dari 7 halaman

Cara menghilangkan flek hitam bisa dengan beberapa cara girls, yaitu:

1. Menggunakan tabir surya atau sunblock untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Bisa dengan memilih sunblock yang SPF-nya 30 atau lebih saat berada di luar ruangan.

2. Memakai krim retinoid yang mengandung senyawa vitamin A, seperti tretinoin topikal. Gunanya untuk mencerahkan sekaligus emngatasi kulit yang ada flek hitamnya.

3. Kamu juga bisa menggunakan krim pemutih yang ada kandungan hydroquinone yang fungsinya menekan produksi melanin dan mencerahkan kulit.

7 dari 7 halaman

4. Kamu juga bisa melakukan chemical peeling untuk menghilangkan flek hitam yang digunakan dengan cairan kimia, seperti asam alfahidroksi atau asam trikoloasetat. Ia berperang mengangkat sel kulit mata dan mendorong regenerasi kulit.

5. Melakukan prosedur yang menggunakan cairan nitrogen bersuhu rendah atau disebut cryosurgery juga bisa menjadi pilihan. Cairan ini nantinya membekukan dan menghancurkan sel kulit yang bermasalah.

6. Terapi laser juga bisa mengatasi flek hitam di wajah. Metode ini dilakukan dengan memancarkan sinar yang memiliki gelombang dan intensitas tertentu pada flek di kulit. Dampak yang muncul dari penggunaan terapi laser juga cenderung rendah.

Jadi itu tadi girls, faktor penyebab flek hitam di wajah dan cara menghilangkannya yang bisa kamu lakukan.

Beri Komentar