15 Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat di Wajah secara Alami dan Cepat dengan Air Beras

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 18 Januari 2020 16:21
15 Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat di Wajah secara Alami dan Cepat dengan Air Beras
Ikuti 15 tips berikut untuk berperang dengan bekas jerawat yang membandel.

Nggak jarang kehadiran jerawat di wajah akan diikuti dengan munculnya flek hitam pada bekas setelah jerawat menghilang. Flek inilah yang biasanya justru bertahan lebih lama di wajah, membuat warna kulit jadi tidak merata. Walaupun ini adalah hal yang normal, bukan berarti kamu nggak bisa terlepas dari flek hitam ini.

Ini terjadi karena saat jerawat muncul di kulit maka artinya sedang terjadi peradangan. Jerawat kemudian akan hilang dan sel-sel kulit baru akan terbentuk. Namun nggak menutup kemungkinan sel baru tersebut mengandung terlalu banyak melanin, yakni pigmen warna gelap di kulit.

Melanin yang muncul dalam jumlah berlebih akan membuat kulit jadi berwarna lebih gelap, dan disebut dengan hiperpigmentasi. Ini lho yang terlihat seperti flek-flek hitam di wajah.

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat secara Alami

Ilustrasi susu kedelaiIlustrasi susu kedelai © palsgaard.com

Untuk kamu yang berkulit sensitif atau ingin perawatan rumahan, cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat di bawah ini bisa kamu jadikan rujukan. Namun ingat, tetap perhatikan respon kulit kamu saat perawatan, dan hentikan saat mulai muncul tanda ketidak nyamanan kulit.

Kedelai

Ekstrak kedelai yang terbuat dari tanaman kedelai telah terbukti mampu mencerahkan kulit, kata Joshusa Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis dalam dermatologi di RS Mount Sinai, NY. Bahan ini sudah umum ditemukan dalam banyak produk pencerah kulit. Kedelai bekerja sebagai pengobatan bintik hitam dengan mencegah melanin memasuki lapisan atas kulit sehingga bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat secara efektif.

Jeruk Nipis

Kandungan senyawa Alpha Hidroxy Acid (AHA) yang ada di dalam jeruk nipis diklaim mampu menjadi cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat, mengikis sel kulit mati dan membuat kulit jadi lebih halus. Bahan ini dapat mengatasi berbagai masalah kulit dengan mudah.

Lidah Buaya

Aloesin di dalam gel lidah buaya dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi pada kulit. Aloesin bisa menjadi cara mengilangkan flek hitam bekas jerawat di wajah karena bisa mengurangi kelebihan produksi melanin.

Kunyit

Nggak cuman untuk jamu, cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat bisa dilakukan bisa didapat dari senyawa kurkumin pada kunyit. Senyawa ini efektif dalam mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti noda dan bintik-bintik sekaligus mencerahkan wajah kamu.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat dengan Air Beras

Ilustrasi Air BerasIlustrasi Air Beras © seventeen.com

Air cucian beras telah dikenal sejak lama akan khasiatnya sebagai salah satu metode kecantikan wanita Asia. Asam ferulic di dalam air beras berfungsi untuk mencerahkan kulit, yang lebih lanjut juga akan menjadi cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

Untuk cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan air beras, caranya cukup mudah kok. Jangan baung air cucian beras yang pertama, lalu gunakan untuk membasuh muka. Kalau merasa kurang nampol, kamu bisa menyisihkan air beras tersebut di wadah khusus dan tunggu hingga muncul endapan di bagian bawah. Oleskan endapan tersebut di area flek, diamkan sampai kering, lalu bilas hingga bersih.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat dengan Cepat

Ilustrasi Perawatan Wajah WanitaIlustrasi Perawatan Wajah Wanita © 2020 https://www.diadona.id

Flek hitam di wajah memang bisa kamu tutup dengan make up, tapi tetap saja nggak kece saat kamu harus tampil tanpa polesan. Karena berkaitan dengan proses regenerasi, cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat nggak selalu bisa memberikan hasil cepat tapi nggak ada salahnya berusaha, kan?

Vitamin C

Dalam cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat, vitamin C telah terbukti dapat menurunkan pembentukan melanin yang jadi pemicu flek hitam. biar nggak ribet mengambil esktrak vitamin C dari bahan alami, kamu juga bisa langsung menggunakan produk kosmetik dengan kandungan vitamin C di dalamnya.

Chemical Peeling

Saat melakukan peeling sebagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat, kamu akan mengangkat sel-sel kulit lapisan luar yang sudah mati atau rusak dan menggantinya dengan lapisan kulit baru yang sehat dan bersih. Metode ini dianggap lebih baik daripada peeling fisik karena tidak lebih rentan terjadi iritasi.

Laser

Mau cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan cepat? Kamu bisa menggunakan metode laser wajah. Dengan perawatan laser, flek hitam di wajah akan langsung 'dibakar' tepat di titik, tanpa harus merusak kulit sehat di sekelilingnya. Dalam cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat, laser tidak direkomendasikan untuk mereka yang berkulit sensitif.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat di Wajah

TomatTomat © rawpixel.com

Bahan alami lain yang bisa digunakana untuk cara mengatasi flek hitam bekas jerawat diantaranya:

Tomat

Selain vitamin C dengan sifat antioksidannya, tomat punya kandungan vitamin A sebaga cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat, sementara kandungan vitamin B nya dapat mengurangi hadirnya garis kerutan.

Jus Lemon

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat bisa dilakukan dengan vitamin C pada jus lemon. Saat diaplikasikan ke wajah, jus lemon akan mencegah hiperpigmentasi dan menstimulasi kolagen.

Madu

Di dalam madu terdapat cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat karena kandungan alfa hidroksi dan senyawa bioaktifnya. Senyawa tersebut bisa menurunkan tingkat pigmentasi berlebihan di kulit kamu.

Mentimun

Nggak cuman segar dimakan, timun bisa digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Mentiumn mengandung cucurbitacin D dan 23, 24-dihydro cucurbitacin D. yang dapat mengurangi produksi melanin dan mungkin membalikkan efek pigmentasi.

Pepaya

Telah dikenal sebagai bahan pemutih badan, pepaya juga bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat, meningkatkan kecerahan sekaligus menghilangkan bekas luka.

Kentang

Di dalam kentang terdapat kandungan seperti potasium, belerang, dan klorida yang dapat membantu meringankan bekas luka dan noda jerawat. Secara lebih lanjut, bahan ini bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

Jahe

Selam ribuan tahun di China, jahe dikenal sebagai salah satu bahan untuk menangkal hiperpigmentasi pada kulit sehingga secara lebih lanjut bisa msebagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Antioksidan yang terkandung dalam jahe meningkatkan produksi kolagen, mengurangi kerusakan kulit, dan peradangan.

 

Beri Komentar